Tidak Harus Melulu Pakai AC, Ini Cara Agar Kamar Tidak Panas!

Artikel ini terakhir di perbaharui February 15, 2024 by David Ashari
Tidak Harus Melulu Pakai AC, Ini Cara Agar Kamar Tidak Panas!

Cara agar kamar tidak panas ternyata tidak harus selalu menggunakan AC. Ada banyak alternatif yang dapat Anda coba. Sehingga memungkin Anda tetap merasa sejuk di dalam ruangan. Terlebih cuaca panas dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Seperti halnya kelelahan dan lain sebagainya. Bahkan bisa jadi, Anda pun merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas di dalam rumah.

Cara Agar Kamar Tidak Panas Tanpa AC

Menggunakan AC memang menjadi salah satu alternatif untuk Anda gunakan. Sehingga tidak merasa kepanasan di dalam ruangan. Akan tetapi, penggunaan AC secara terus menerus pun dapat membuat pemakaian listrik menjadi bengkak. Sehingga  membuat pembayaran listrik yang perlu kamu bayarkan pun menjadi membengkak. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara supaya kamar tetap adem tanpa AC. Untuk cara agar hawa kamar tidak panas yaitu sebagai berikut!

Menutup Tirai

Cahaya yang masuk ke dalam rumah memang memiliki dampak baik untuk tubuh karena memproduksi vitamin D. Sehingga membantu menjaga kesehatan bahkan dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Akan tetapi, membiarkan matahari langsung masuk ke dalam ruangan atau kamar tidur, ternyata dapat membuat ruangan menjadi panas.

 Tidak hanya itu saja, hal itu pun memungkinkan untuk menimbulkan perasaan tidak nyaman saat hendak tidur. Sehingga Anda mengalami kesulitan tidur. Tentu jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan kesehatan Anda terganggu. Dengan begitu, usahakan untuk menutup tirai jendela, terutama ketika matahari saat terik-teriknya. Berkisar pukul 11.00 hingga pukul 15.00.

Menutup Jendela

Tidak hanya menutup tirai saja, tetapi Anda juga harus menutup jendela. Supaya dapat meminimalisir  rasa panas yang masuk ke dalam kamar tidur. Menurut sebuah halaman “Good Housekeeping”, menutup jendela dapat mencegah masuknya udara yang memiliki suhu panas masuk ke dalam ruangan.

Kemudian, nanti setelah suhu udara sejuk atau pada saat malam hari, Anda dapat kembali membuka jendela. Untuk dapat membiarkan udara yang sejuk masuk ke dalam ruangan atau untuk mendapatkan ventilasi udara. Namun, untuk mencegah serangga masuk, Anda dapat melakukannya setelah mematikan lampu kamar. 

Menghilangkan Sumber Tambahan Panas

Hawa panas tidak hanya bersumber dari sinar matahari saja. Namun, juga berasal dari barang-barang yang menghasilkan panas. Seperti halnya komputer, bohlam, atau peralatan lainnya yang dibiarkan menyala. 

Maka cara agar kamar tidak pengap dan panas yaitu dengan mengusahakan untuk mematikannya saat menjelang tidur. Tidak hanya itu saja, jika kamu memiliki ruangan yang minim ventilasi, daripada sering memasak menggunakan kompor atau oven, maka kamu dapat menyelinginya dengan makanan sehat. Seperti halnya salad dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Kipas Angin

Selain AC, kipas angin pun sering digunakan untuk meminimalisir hawa panas di dalam kamar. Hal ini karena alat tersebut dapat membantu untuk mengalirkan udara ke sekeliling ruangan. Akan tetapi, jika Anda merasa kinerjanya kurang maksimal, maka dapat menggunakan beberapa tips. 

Sehingga udara yang dihasilkan itu menjadi dingin. Untuk caranya sendiri yaitu dengan  meletakan es batu dengan jarak yang cukup aman di depan kipas. Nantinya, udara dingin yang berasal dari es batu akan mengalir ke ruangan tersebut. Anda pun dapat tidur dengan lebih nyaman bahkan nyenyak.

Menutup Ruangan yang Sudah Tidak Digunakan

Pertanyaan bagaimana cara agar kamar tidak panas sering kali ditanyakan. Maka, untuk dapat mencegah hawa panas menyebar di ruangan atau kamar, maka Anda dapat menghambatnya  dengan melakukan pendinginan ruangan. Tentunya hal ini dilakukan tanpa menggunakan AC. Sehingga bagi Anda yang tidak memilikinya, dapat mengikuti cara ini. 

Adapun caranya yaitu dengan menutup kamar atau kamar mandi yang sudah tidak digunakan. Dengan begitu, cahaya panas dapat ditangkap dengan baik dan ruangan pun terbebas dari hawa panas.

Mengganti Seprai

Kegiatan ini terkesan sepele, tetapi ternyata dapat membuat tidur Anda menjadi lebih sejuk. Selain itu, aroma sprei yang baru dicuci pun dapat memberikan rasa nyaman tersendiri bagi Anda. Namun, usahakan untu memilih kain yang lebih ringan dan  dapat menyerap keringat saat dalam keadaan panas. 

Adapun bahan yang dapat Anda gunakan yang seperti halnya katun, linen, dan kain sebagai sebagainya. Adapun bahan sprei yang perlu Anda hindari yaitu berbahan kain flanel. Anda dapat mengganti sprei seminggu sekali. Namun, jika cuaca sedang panas-panasnya, bisa dua atau tiga hari sekali.

Menggantungkan Sprei Basah

Apabila Anda merasa hawa di dalam kamar sudah tidak tertolong bahkan cenderung tidak nyaman untuk ditinggali lagi. Maka Anda dapat menggantungkan kain basah di atas jendela kamar tidur yang terbuka. Hal ini dapat membantu Anda untuk menurunkan sedikit suhu panas yang ada dalam ruangan. 

Dengan begitu, hawa di dalam kamar tidur pun menjadi lebih nyaman dan sejuk. Untuk melakukan cara membuat kamar agar tidak panas ini, Anda hanya perlu membasahi kain, tetapi tidak sampai basah kuyup. Basahilah dengan air dingin supaya nanti nya saat tertiup oleh angin dapat mengalirkan udara sejuk pada berbagai sudut ruangan kamar tersebut.

Mematikan Lampu

Lampu yang menyala pada sebuah ruangan dapat menghasilkan panas yang banyak. Maka untuk meminimalisir hawa panas, usahakan untuk mematikan lampu jika sudah tidak digunakan lagi. Selain dapat membantu menghilangkan panas.

Hal ini pun membantu Anda untuk dapat menghemat biaya listrik. Tidak hanya itu saja, tidur dalam keadaan lampu mati, dapat membuat istirahat Anda akan jauh lebih nyenyak. Sehingga paginya Anda dapat beraktivitas dengan segar dan bertenaga.

Menggunakan Kaca Film 

Alat satu ini telah dinilai dapat meminimalisir cuaca panas dengan efektif. Sehingga dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk, meskipun sedang panas. Hal ini karena kaca film dapat menjauhkannya dari sinar matahari. Dengan begitu, tidak mengherankan apabila cara agar ruangan kamar tidak panas satu ini  dapat membantu ruangan menjadi sejuk dan menghindari silau.

Memelihara Tanaman

Seperti yang telah diketahui, bahwa tanaman dapat menghasilkan oksigen. Bahkan beberapa diantaranya dapat menangkal radikal bebas. Adapun tanaman yang direkomendasikan untuk Anda pelihara yaitu lidah buaya, pakis, lidah mertua, dan sebagainya.

Ada beberapa cara agar kamar tidak panas dan pengap yaitu dengan memelihara tanaman, menutupnya dengan jendela, memanfaatkan kipas angin, mematikan lampu, dan lain sebagainya.