7 Ide Desain Dinding Bata yang Estetik untuk Hunian Anda

Artikel ini terakhir di perbaharui July 27, 2023 by Daisy Andalia
7 Ide Desain Dinding Bata yang Estetik untuk Hunian Anda

Dengan desain yang eye catchy, pemasangan dinding bata ini juga disebut-sebut akan membuat tampilan rumah Anda lain daripada yang lain. Meski begitu, bukan berarti pengaplikasian dinding batu bata tidak memiliki kekurangan. Nyatanya, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakan batu bata pada dinding ruangan. Simak desain dinding bata berikut!

Ide Desain Dinding Bata

Dengan menggunakan dinding bata sebagai latar belakang, Anda memiliki fleksibilitas untuk menciptakan berbagai kesan ruangan. Desain bata memiliki sifat yang sangat serbaguna sehingga cocok dengan berbagai tema dekorasi yang Anda sukai. Berikut ide desain dinding bata yang dapat menginspirasi Anda!

1. Desain Dinding Bata Gaya Industrial

Jika rumah Anda memiliki tema industrial, dinding bata cocok untuk menghiasinya. Tampilkan batu bata berwarna natural dan padukan dengan perabotan rumah bergaya industrial yang memiliki warna-warna gelap tetapi netral. Kesan hangat dan modern dapat tetap terpancar dari desain ini. Ditambah lagi, look yang alami dari dinding bata ini akan membuat siapapun yang berada di dalamnya merasa nyaman. Tak hanya hangat, kini rumah desain dinding bata bergaya industrial ini juga terlihat terang dan menyenangkan!

2. Desain Dinding Bata Bergaya Scandinavian

Gaya Skandinavia ini terlihat sungguh cocok dengan desain dinding bata yang membuat kamar Anda jadi terlihat fresh, natural, tenang, dan teratur. Sama seperti sebelumnya, desain dinding bata sebaiknya disertai dengan pencahayaan yang maksimal.  Sebaiknya sertakan juga warna lantai dan perabotan yang netral. Sehingga kesan natural dan menenangkan dapat Anda temukan dari desain dinding bata gaya Skandinavian ini.

3. Desain Dinding Bata Gaya Rustic

Menggunakan desain dinding bata dengan gaya rustic adalah pilihan menarik untuk menciptakan suasana yang hangat, alami, dan klasik di dalam ruangan. Desain ini bisa memberikan nuansa klasik atau suasana pedesaan yang autentik ke dalam ruang. Gaya seperti “industrial chic” juga memanfaatkan bata bata, termasuk dalam dapur yang mengadopsi gaya rustic chic. Selain tren besar tersebut, ada pula cara-cara halus dan bergaya untuk mengaplikasikan dinding bata.

4. Desain Dinding Bata Bergaya Greenery

Desain dinding batu bata sangat sesuai untuk digunakan dalam kamar mandi dengan konsep greenery. Selain menambah sentuhan alami dengan adanya tanaman hijau di kamar mandi Anda, kehadiran tanaman juga akan meningkatkan sirkulasi udara di dalamnya, menciptakan suasana yang lebih segar. Anda juga dapat menggantungkan pot tanaman hijau dan menghias kamar mandi dengan berbagai pot tanaman. Dengan dinding batu bata yang menciptakan kesan alami dan hangat, mandi Anda akan menjadi pengalaman yang lebih menenangkan.

5. Desain Dinding Bata Bergaya Ethnic Minimalist

Desain dinding bata bergaya ethnic minimalist adalah kombinasi yang menarik untuk menciptakan suasana yang khas dan sederhana pada ruangan. Dalam gaya ini, elemen etnik dipadukan dengan pendekatan minimalis, menciptakan tampilan yang unik namun tetap simpel. Dinding bata memberikan sentuhan alami dan kasar yang menjadi latar belakang ideal untuk gaya etnik. Anda dapat menambahkan hiasan dinding berinspirasi etnik, seperti kain-kain etnik, lukisan-lukisan tradisional, atau anyaman tangan.

6. Dinding Bata Bergaya Boho

Desain dinding bata bergaya boho adalah pilihan yang menarik untuk menciptakan suasana yang kreatif, bebas, dan penuh warna dalam ruangan. Gaya boho, atau bohemian, menonjolkan keberagaman dan kebebasan ekspresi, dan saat digabungkan dengan dinding bata, menciptakan tampilan yang menarik dan unik. Dinding bata memberikan nuansa alami dan kasar, yang menjadi latar belakang ideal untuk gaya boho yang penuh warna dan aksesori kreatif. Anda dapat menambahkan hiasan dinding berwarna-warni, seperti kain-kain etnik, macrame, atau tapestri, untuk menciptakan kesan boho yang khas.

7. Dinding Bata Bergaya Abad Pertengahan Modern

 

Desain dinding bata bergaya abad pertengahan modern adalah perpaduan menarik antara sentuhan klasik dari abad pertengahan dengan elemen modern yang segar. Dalam gaya ini, dinding bata memberikan kesan klasik dan bersejarah, sementara elemen modern menambahkan sentuhan segar dan kontemporer.  Bata-bata yang dipilih cenderung memiliki warna alami dan tampilan kasar, mencerminkan suasana dari era abad pertengahan. Namun, dalam gaya modern, bata-bata ini biasanya dipadukan dengan sentuhan aksen atau lapisan yang lebih halus untuk memberikan tampilan yang lebih bersih dan rapi.

Fungsi Dinding Bata

Batu bata merupakan salah satu bahan bangunan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai warnanya kemerah-merahan. Inilah dua jenis batu bata beserta fungsinya. Batu bata tanah liat dibagi lagi menjadi 3 kategori, yaitu:

  • Bata biasa – Bata biasa memiliki permukaan dan warna yang tidak menentu. Bata ini juga biasanya digunakan untuk dinding dengan menggunakan mortar (campuran semen) sebagai perekat. Bata jenis ini sering disebut sebagai bata merah.
  • Bata muka atau ekspos – Bata ini memiliki permukaan yang lebih rapih dan mempunyai warna dan corak yang seragam sehingga harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan bata biasa. Selain digunakan sebagai dinding, bata ekspos juga digunakan sebagai penutup dinding dan dekorasi.
  • Batu Bata Campuran Pasir Dan Kapur – Sesuai namanya batu bata ini dibuat dari campuran pasir dan kapur dengan perbandingan 1:8. Dalam proses pembuatannya air ditekan ke dalam bahan sehingga terbentuklah bata yang kokoh.  Bata ini digunakan pada dinding yang terendam air, seperti kolam atau  yang membutuhkan jenis bata yang sangat kuat dan tidak mudah keropos.

Saat ini, masih banyak orang yang lebih memilih batu bata dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Batu bata ternyata terbukti lebih awet, kuat, murah, dan lebih mudah didapatkan. Selain itu, dinding bata juga berfungsi membuat ruangan di dalam rumah lebih sejuk, tembok tidak mudah retak, dan tahan api. Dinding batu bata merah memiliki warna yang eksotis dan terkesan natural sehingga sering digunakan sebagai bata tempel untuk membuat dinding yang terkesan ‘industrial’.

Kelebihan dan Kekurangan Dinding Bata

Dari penjelasan mengenai dinding bata dalam hunian Anda, tentu Anda juga harus tahu kelebihan dan kekurangan dari aplikasi desain tersebut. Seperti apa detailnya? Yuk, kita lihat kekurangan dan kelebihan pemasangan dinding bata:

  • Kelebihan Dinding Bata

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan dari dinding bata:

  • Dari segi struktur mempunyai kekuatan yang tahan lama dibanding dengan batako
  • Mudah memasangnya karena tukang tidak harus memiliki keahlian khusus
  • Pengangkutan lebih mudah karena ukuran yang lebih kecil
  • Pada pekerjaan yang sempit, lebih cocok menggunakan material ini
  • Mudah didapatkan di mana saja
  • Lebih nyaman dari segi suhu ruangan karena bisa menyesuaikan dengan suhu luar
  • Tahan terhadap api
  • Jarang terjadi retak-retak pada dinding
  • Tidak membutuhkan perekat yang khusus.
  • Kekurangan Dinding Bata

Perlu beberapa pertimbangan untuk Anda memutuskan sebelum memasang dinding batu bata. Berikut  kekurangan dari dinding batu bata yang sebaiknya Anda cermati:

  • Bentuknya yang tidak seragam menimbulkan kesulitan dalam membangun dinding yang rapi
  • Boros dalam penggunaan bahan perekat sebab memiliki siar yang besar
  • Gampang menyerap suhu sehingga terasa panas saat musim kemarau dan dingin ketika musim penghujan
  • Tingkat kualitas tidak bisa diketahui dengan pasti karena dibuat secara tradisional
  • Pemasangan yang tidak rapi mengharuskan penerapan bahan plesteran yang tebal
  • Memiliki bobot yang lebih berat daripada bata ringan sehingga harus ditopang struktur yang rumit
  • Waktu pengeringannya cenderung lebih lama ketimbang material-material yang lain

Itulah berbagai ide desain dinding bata yang cocok untuk rumah Anda. Dinding bata  menawarkan banyak fungsi dan menjadi daya tarik karena nilai estetikanya yang serbaguna dan kemampuannya untuk menyatu dengan berbagai tema rumah. Namun, penting untuk mempertimbangkan dengan matang desain dinding bata ini karena terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan secara hati-hati. Hubungi kami untuk rekomendasi rumah idaman Anda. Semoga artikel kali ini bisa menginspirasi bagi Anda.