Bagaimana Cara Membuat Iklan Jual Rumah Yang Menarik?

Artikel ini terakhir di perbaharui November 13, 2023 by David Ashari
Bagaimana Cara Membuat Iklan Jual Rumah Yang Menarik?

Bagi seorang agen properti mempelajari iklan jual rumah merupakan salah-satu aspek penting yang harus mereka pahami. Hal ini karena, iklan termasuk unsur yang berkaitan dengan strategi pemasaran dalam menentukan keberhasilan penjualan. Sebagai komponen krusial yang menunjang keefektifan aktivasi marketing terlebih di era digital sekarang.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa membuat sebuah iklan pemasaran jual rumah yang efektif tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya ada banyak yang mesti dipelajari terkait bagaimana cara iklan jual rumah efektif sehingga mampu menarik perhatian calon pembeli. Salah-satu cara sederhananya yaitu dengan melihat dan mempelajari sejumlah contoh iklan serupa untuk menjadi bahan referensi.

Cara Membuat Iklan Jual Rumah Yang Menarik

Adapun cara membuat iklan jual rumah yang menarik diantaranya harus memenuhi beberapa syarat ketentuan. Seperti informasi yang bersifat fakta dan persuasif sehingga isi iklan jual rumah dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan langkah-langkah yang tepat terkait cara membuat iklan tersebut antara lain :

Pilih Platform Pemasangan Iklan yang Tepat

Ketepatan memilih sebuah platform atau media pemasangan iklan akan mempengaruhi tingkat efektivitas keberlangsungan penjualan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih platform pemasangan iklan yang tepat saat pertama kali hendak mempromosikan atau memasarkan suatu rumah. Ada banyak media yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan pemasangan iklan secara digital.

Contohnya aplikasi khusus retail yang menghubungkan antara pengembang konstruksi/residensial dengan calon pembeli. Namun, jika Anda merasa kesulitan untuk mengunduh aplikasi, maka dapat memilih situs jual-beli properti terpercaya. Situs khusus yang bahkan menawarkan fitur layanan kepada agen untuk mengelola iklan dan meningkatkan penjualan properti seperti rumah.

Membuat Headline yang Menarik

Headline merupakan struktur bagian (anatomi) dari suatu iklan yang memiliki pesan paling menonjol dan ditulis dengan font besar. Bagian headline yang menarik dapat menjadi power atau aspek pendukung untuk memantik perhatian calon pembeli. Pastikan penulisan headline menggunakan kalimat efektif yang tidak bertele-tele.

Ada baiknya headline kata-kata promosi jual rumah menampilkan deskripsi singkat terkait properti yang dijual. Contohnya : Rumah Mewah Siap Huni Dago Alam Kanayakan di Bandung Jawa Barat atau Rumah Hook Bebas Banjir.

Menampilkan Foto yang Sesuai dan Berkualitas

Cara membuat iklan menjual rumah selanjutnya yaitu harus menampilkan foto yang sesuai dan berkualitas. Dimana foto ini menjadi elemen bagian paling penting dalam iklan digital yang akan menarik perhatian calon pembeli. Pasalnya foto merupakan objek pertama yang akan dilihat calon pembeli ketika mencari listing properti seperti rumah.

Anda sendiri dapat mengetahui bagaimana cara membuat foto berkualitas untuk iklan jual beli rumah secara baik di internet. Menggunakan platform bantuan edit foto yang mungkin sudah sangat familiar Anda gunakan.

Membuat Deskripsi yang Sesuai

Poin keempat yang perlu Anda perhatikan ketika membuat sebuah iklan adalah menulis deskripsi produk sesuai fakta. Anda harus membuat deskripsi yang mampu menerangkan kondisi rumah secara lengkap dan sesuai kenyataan. Artinya, penjelasan jangan dilebih-lebihkan apalagi dikurang-kurangi. Meliputi keunggulan dan kekurangan spesifikasi rumah.

Pasalnya contoh iklan jual rumah yang menarik selalu memuat deskripsi bersifat informatif. Contohnya, rumah ini berada di lokasi strategis yang dekat dengan berbagai fasilitas umum. Hanya saja, desain interior dan eksterior rumah memerlukan perbaikan.

Detail Menerangkan Keunggulan

Iklan jual rumah termasuk iklan komersial, sehingga harus memuat detail keunggulan properti yang ingin ditawarkan. Agar iklan yang ditampilkan memiliki nilai bonafit sesuai spesifikasi rumah secara lengkap. Mencakup harga dan detail keadaan spesifikasi rumah yang harus diketahui calon pembeli. Mulai dari keterangan luas tanah, bangunan, jumlah kamar, dan jumlah kamar mandi.

Hal-Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Beriklan Online

Dalam beriklan secara digital Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Terkait aspek yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat beriklan online, khususnya ketika memasarkan properti rumah. Hal-hal yang boleh dilakukan tersebut meliputi beberapa poin berikut ini :

  • Isi konten iklan berfokus pada kepentingan konsumen dengan menggunakan bahasa yang membuat pembaca merasa memiliki keterkaitan terhadap penawaran
  • Membuat tampilan isi konten iklan secara jelas pada website agar pembaca mudah mengikuti contoh
  • Menggunakan judul iklan yang fokus dan sama terhadap isi kepentingan konten
  • Menulis iklan yang membahas keuntungan, kelebihan, dan fungsi produk atau jasa yang bisa berguna dan bermanfaat pada calon pembeli
  • Menggunakan photoshoot dari produk yang ditawarkan dengan tampilan estetika berkualitas baik

Adapun aspek-aspek yang tidak boleh dilakukan saat pemasaran antara lain :

  • Isi iklan terlalu banyak membicarakan pengalaman pribadi sehingga fokus konten terbiaskan
  • Membuat tampilan website yang lebih rumit tanpa ada arah jelas untuk tata letak dari masing-masing konten iklan
  • Tidak adanya keterkaitan antara struktur iklan satu sama lain seperti headline, sub-headline, serta isi keseluruhan konten
  • Pembahasan terlalu banyak menulis mengenai spesifikasi dan teknik yang dibutuhkan atau ditawarkan oleh produk dan jasa tidak begitu jelas
  • Menggunakan foto berkualitas rendah atau mengunduh dari photo stock yang diambil dengan tampilan gambar tidak profesional

Contoh Iklan Jual Rumah yang Perlu Ditiru

Ada beberapa contoh iklan jual rumah yang perlu ditiru diantaranya yang memiliki struktur lengkap. Mulai dari adanya headline, lokasi, spesifikasi, deskripsi dan keunggulan rumah.

Misalnya contoh tulisan iklan rumah dijual berikut yang dipasang secara online di website khusus.

  • Headline : Japanese House Hunian Eksklusif Bergaya Jepang Di di Linktown
  • Lokasi Rumah : Jl. Bakti Karya Raya, BSD City-Tangerang, Indonesia
  • Spesifikasi Unit : Luas Tanah 115m² – 179m², Luas Bangunan 130m², Tipe 2 Lantai, Carport 2, Kamar Tidur 3 + 1, Ruang Mandi 2 + 1, Ruang Utama (Powder Room)
  • Fasilitas Unit (Keunggulan) : Adanya Pet Park, Outdoor Gym, Jogging Track, Yoga Park, Children Playground, and Clubhouse sekitar Area
  • Deskripsi Penawaran : Japanese House merupakan hunian terbaru di kawasan perumahan Bintaro yang ingin menawarkan rumah dengan lingkungan asri. Perumahan yang dirancang menjadi tempatnya hunian modern ada dengan beragam fasilitas terlengkap dekat akses jalan toll. Belum lagi desain rumah yang sangat berkelas serta layout bagus, sehingga kehadirannya akan menjadi alternatif menarik buat Anda. Untuk memiliki rumah impian berkualitas di BSD City.

Sementara untuk contoh iklan jual rumah gratis yang dapat Anda simak antara lain :

  • Headline :  Tanakayu Hunian Ekslusif dan Modern Harga Mulai dari 1.9 M dengan cicilan 9 Juta dengan DP GRATIS 0%
  • Lokasi : BSD City-Tangerang, Indonesia
  • Spesifikasi Unit : Luas Tanah 86m², Luas Bangunan 66m², Kamar Tidur 3, Bathroom 3, Carport 1 dan Tipe 2 Lantai
  • Deskripsi Penawaran : Rumah yang berada di kawasan strategis Kota BSD dengan design tropical modern. Sangat cocok untuk kondisi cuaca idaman Anda yang menyukai kesejukan dan asri. Tanakayu ini sudah dilengkapi dengan teknologi tingkat tinggi menggunakan fitur Smart Home (Smart Living) untuk meningkat kenyamanan dan keamanan Anda.
  • Keunggulan : Tersedia fasilitas unit dengan main gate, club house, swimming pool, dan layout bertipe L6.

Kedua contoh tersebut dapat menjadi bentuk Iklan jual rumah terlaris yang mungkin dapat Anda temukan di beberapa situs resmi retail property. Dengan demikian, itulah ulasan dari bagaimana cara membuat iklan jual rumah yang menarik. Semoga bermanfaat!