Cara Menentukan Harga Jual Rumah yang Perlu Anda Tahu

Artikel ini terakhir di perbaharui January 11, 2024 by David Ashari
Cara Menentukan Harga Jual Rumah yang Perlu Anda Tahu

Cara menentukan harga jual rumah dengan tepat memang perlu Anda ketahui supaya perhitungan biaya nya dapat bersaing dengan yang lainnya. Sehingga tidak terlalu tinggi atau rendah yang malah akan membuat Anda rugi.

Cara Menentukan Harga Rumah

Cara menentukan harga jual rumah second maupun  baru perlu Anda perhitungkan dengan baik, supaya menarik perhatian calon pembeli. Selain itu, hal tersebut pun dapat memberikan keuntungan bagi penjual rumah.  Untuk metode nya sendiri ternyata ada beberapa cara.


  •     Tentukan Harga Berdasarkan NJOP

Anda dapat menentukan biaya jual rumah berdasarkan NJOP atau dikenal dengan nilai jual objek pajak. Dimana NJOP adalah harga rata-rata dari jual beli rumah yang menjadi acuan dalam menentukan PBB yang pemerintah setempat tetapkan.

 Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa nilai NJOP memiliki nilai yang berbeda-beda pada setiap daerahnya.  Dimana hal ini ditentukan berdasarkan perbandingan nilai perolehan baru dan harga objek. Untuk lebih jelasnya, simak . rumus cara menentukan harga jual!

(Luas Bangunan x NJOP per meter bangunan) + (Luas tanah x NJOP per meter tanah).

Dalam penentuannya, Anda dapat menggunakan kalkulator harga jual rumah di atas. Selain itu, perlu Anda ingat juga biasanya jika harga pasaran rumah memiliki rating yang tinggi, aka NJOP nya pun ikut tinggi. Untuk lebih mengetahui mengenai NJOP di daerah tersebut, Anda perlu mendatangi kantor BPN secara langsung maupun online.


  •     Bandingkan Harga Rumah Berdasarkan Kawasan yang Sama

Anda pun dapat menentukan harga untuk menjual rumah dengan cara membandingkan rumah dengan rumah yang lainnya di kawasan tersebut. Dimana nantinya, tidak hanya satu atau dua rumah saja, tetapi bisa lebih banyak daripada itu.

 Hal ini pun menjadi salah satu cara bank menaksir harga rumah. Selain itu,  cara inipun memungkinkan untuk Anda dapat menentukan harga yang cukup bersaing dengan pasar.

  •     Menambahkan Biaya Renovasi

Cara menghitung jual beli rumah selanjutnya yaitu berlaku, apabila rumah yang hendak Anda jual sempat melakukan renovasi.  Maka hal ini pun dapat ditambahkan atau diperhitungkan ketika akan menjual rumah.

Dimana jumlah renovasi ini dihitung sesuai dengan jumlah yang dihabiskan. Misalnya, jika renovasi menghabiskan biaya sekitar Rp 30 Juta dan harga rumahnya daya jual sekitar Rp 400 juta. Maka, harga jualnya yaitu sekitar Rp 430 juta.  Pastikan perhitungan ini dilakukan secara mendetail.

  •     Mempertimbangkan Lokasi Rumah

Cara menghitung harga rumah bekas maupun baru dengan mempertimbangkan lokasi dari rumah yang akan dijual. Biasanya, semakin strategis lokasi rumah, maka harganya pun akan semakin tinggi. Namun, jika memang tidak berada di lokasi yang strategis, Anda dapat mempertimbangkan infrastruktur maupun fasilitas yang ada disekitar rumah tersebut.

 Misalnya, Anda menjual rumah yang berada di daerah perkotaan yang dekat dengan mall, tempat  bermain, layanan public, dan sebagainya. Tentu harganya akan berbeda jauh dengan rumah yang berada di lokasi dengan fasilitas terbatas. Dengan begitu, bagaimana cara menentukan harga rumah per unit untuk tipe kecil sedang dan besar? Maka cara ini dapat Anda coba.

  •     Cek Kondisi Rumah

Cara menghitung harga tanah dan bangunan selanjutnya yaitu dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh. Semakin baik kondisi suatu rumah, maka memiliki peluang dapat dijual dengan harga yang tinggi. Namun, jika memang butuh perbaikan, maka Anda tidak dapat menjual rumah dengan harga yang sama dengan rumah dalam kondisi baik.

 Dimana biasanya, biaya yang dibutuhkan pun jauh lebih rendah. Akan tetapi, jika Anda ingin menjualnya dengan harga yang lumayan, maka sebaiknya renovasi terlebih dahulu. Tentunya, hal ini membutuhkan biaya tambahan.


  •     Tetapkan Harga Rumah dengan Rasional

. Harga jual rumah subsidi 2023 tentu berbeda-beda tiap lokasi, fasilitas, dan lain sebagianya. Namun, Anda perlu menetapkan biaya yang cukup masuk akal. Jangan sampai Anda menjual rumah dengan biaya Rp 800 Juta dengan fasilitas terbatas dan tidak dekat pusat kota. Semenatar, di area tersebut rumah-rumah pada umumnya dijual sekitar Rp 300 juta saja.


  •     Bandingkan Rumah melalui Situs Jual Beli Rumah

Menentukan harga jual rumah dapat Anda tentukan dengan melihat situs jual beli rumah secara online. Baik melalui website maupun aplikasi. Cobalah cari rumah yang memiliki lokasi yang sama dengan Anda. bahkan jika perlu memiliki tipe yang hampir sama pula.

 Catatlah semua rumah yang memiliki kemiripan dengan hunian yang Anda akan jual. Sehingga nantinya, Anda dapat membandingkannya dengan yang lainnya.


  •     Menghubungi Agen Properti Terpercaya

Selain menggunakan cara menghitung harga jual rumah developer, Anda pun dapat menghubungi agen properti yang terpercaya. Dimana cara ini pun terbilang cukup memang terbilang simpel karena Anda tidak perlu cape-cape untuk menghitung. Pasalnya, perhitungan rumah yang dijual nantinya akan dibantu oleh agen properti.

Tips Menjual Rumah dengan Cepat

Menghitung harga jual rumah memang sangat penting untuk dapat Anda perhitungkan dengan baik, supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Namun, tidak hanya itu saja, Anda pun perlu beberapa tips dalam menjual rumah secara cepat. Untuk lebih jauh nya simak ulasan berikut ini!


  •     Bersihkan dan Rawat dengan Baik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat hendak menjual rumah yaitu membersihkan dengan rutin seluruh ruangan. Sehingga tidak menimbulkan aroma tidak sedap ataupun tidak enak dilihat. Pasalnya, hal ini hanya akan membuat calon pembeli merasa tidak nyaman dan kemungkinan untuk batal membeli rumah tersebut.

Selain itu, Anda pun perlu menjaga penampilan dari rumah sehingga terlihat lebih minimalis. Singkirkanlah peralatan atau barang-barang yang membuat ruangan menjadi berantakan. Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih rapi dan luas.


  •     Renovasi

Apabila Anda ingin menjual rumah dan ternyata ada beberapa yang perlu direnovasi, maka sebaiknya lakukanlah pembenahan terlebih dahulu. Sehingga harga jual yang dapat Anda berikan pun cukup pantas. Misalnya, Anda mengganti fasad, mengubah warna cat, kamar mandi, jendela, pintu , dan lain sebagainya. Sehingga tampilan rumah akan lebih bagus dan rapi.


  •    Mengambil Foto

Setelah mengetahui cara menentukan harga jual rumah baru maupun second, kini saatnya untuk menawarkan produk kepada khalayak ramai. Salah satu caranya yaitu dengan mengambil foto dari rumah tersebut. Pastikan Anda mengambil foto dengan baik dan setiap foto mewakili rumah tersebut. Selain itu, usahakan pencahayaannya pun cukup.


  •    Pemasaran

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menemukan konsumen atau calon pembeli yaitu dengan memasarkannya produk ke berbagai media sesuai dengan target market. Jika memang target marketnya adalah pasangan baru yang peduli terhadap lingkungan.

Maka Anda dapat memasarkannya melalui Instagram, tikotok, dan lain sebagainya. Memunculkan keunggulan yang dapat menjawab permasalahan dari target market.  Selain itu, rumah yang cocok untuk ditawarkan kepada target market seperti ini yaitu memiliki konsep green living.

Cara menentukan harga jual rumah second maupun baru dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Yaitu menentukan harga berdasarkan NJOP, menambahkan biaya renovasi, membandingkan harga rumah yang satu kawasan, dan lain sebagianya.