Mau Beli Rumah KPR Syariah? Simak 8 Bank Penyedia KPR Syariah Berikut Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui September 12, 2023 by David Ashari
Mau Beli Rumah KPR Syariah? Simak 8 Bank Penyedia KPR Syariah Berikut Ini!

Memiliki rumah adalah impian setiap orang, dan Anda pun bisa mewujudkannya dengan cara KPR Syariah. Seperti yang kita ketahui, KPR Syariah adalah sistem pinjaman yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Apabila Anda tertarik untuk mengambil KPR tanpa riba, KPR Syariah bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Simak 8 Bank Penyedia KPR syariah berikut ini!

1. Rumah KPR Syariah BSI

BSI atau Bank Syariah Indonesia adalah salah satu lembaga keuangan hasil merger dari BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah. Selain tabungan, Bank BSI memiliki berbagai layanan, termasuk juga dengan layanan KPR Bank Syariah Indonesia yang bernama BSI Griya. Ini adalah fasilitas layanan KPR Syariah dari BSI yang memungkinkan Anda untuk membeli rumah kondisi baru atau bekas dengan akad murabahah. Selain BSI Griya, juga terdapat pembiayaan lainnya seperti BSI Griya Take Over, BSI Griya Top Up, dan BSI Griya Refinancing. 

2. Rumah KPR Syariah BCA

Seperti yang kita ketahui, BCA atau Bank Central Asia adalah salah satu bank swasta terfavorit di Indonesia. Untuk Anda yang ingin mengambil KPR Syariah, BCA juga termasuk bank penyedia KPR syariah dengan layanan yang bernama KPR iB. Sama dengan BSI, pembiayaan KPR Syariah ini juga berdasarkan akad murabahah. Berdasarkan official website BCA, pembiayaan kepemilikan rumah bisa sampai 30 tahun dengan angsuran yang pasti. Kelebihannya adalah angsuran ringan, sehingga Anda sebagai nasabah dimudahkan dalam pembayaran KPR Syariah. 

Baca juga: Ketahui Syarat KPR Rumah Sebelum Membeli Rumah, Penting!

3. Rumah KPR Syariah BTN

Selanjutnya adalah KPR Syariah BTN, yang memungkinkan Anda untuk mewujudkan impian hunian Anda dengan angsuran yang tetap. KPR Syariah BTN memiliki salah satu layanan yaitu KPR BTN Platinum iB, yang sudah dilengkapi dengan asuransi jiwa dan kebakaran, proses yang mudah dan cepat, serta pembiayaan sampai dengan 20 tahun. Untuk bisa mengajukan KPR Syariah di bank BTN, Anda perlu berusia minimal 21 tahun dan bekerja atau memiliki usaha minimal 1 tahun. Selain itu, Anda harus menyiapkan berbagai biaya layanan seperti administrasi, appraisal, notaris dan juga APHT. 

4. Rumah KPR Syariah Muamalat

Bank Muamalat adalah salah satu bank di Indonesia yang pertama kali menggunakan prinsip Syariah. Fasilitas pembiayaan KPR Syariah di Bank Muamalat yaitu KPR iB Hijrah, yang angsurannya ringan dan pasti. Melansir dari official website Bank Muamalat, apabila Anda berminat untuk menggunakan KPR iB Hijrah, Anda bisa mendapatkan manfaat uang muka 0% dan maksimal pembiayaan adalah 15 tahun. KPR Syariah di Bank Muamalat tidak hanya untuk pembelian rumah, namun bisa juga untuk take over, renovasi, dan pembelian barang dengan agunan rumah. 

5. Rumah KPR Syariah CIMB

Untuk Anda yang ingin mengambil KPR Syariah, bank CIMB Niaga juga terdapat layanan KPR Syariah yang bernama KPR Xtra Manfaat iB. Tidak perlu repot-repot, Anda pun bisa apply KPR Syariah CIMB secara online. Terdapat berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu angsuran yang lebih ringan, dan KPR yang terhubung hingga 9 rekening tabungan. Selain untuk pembiayaan rumah, KPR Syariah CIMB bisa untuk pembelian ruko, apartemen, dan take over

6. Rumah KPR Syariah Danamon

KPR Syariah yang selanjutnya yaitu dari bank Danamon, yang bernama Rumah Syariah iB. Dengan memanfaatkan KPR Syariah ini, Anda akan mendapatkan pembiayaan rumah hingga maksimal 20 tahun. Jenis akad yang digunakan adalah Musyarakah Mutanaqisah (MMQ), yang merupakan kerja sama modal bertambah sehingga pada akhir waktu porsi nasabah akan menjadi milik Anda sepenuhnya. Minimum dari pendapatan Anda setiap bulannya adalah 5 juta untuk bisa mengajukan KPR Syariah di bank Danamon. 

7. Rumah KPR Syariah Bukopin

KPR Syariah dari bank Bukopin, yaitu iB Kepemilikan Rumah yang menggunakan akad murabahah. Pembayaran angsuran pun tetap hingga cicilan selesai, jadi Anda tidak perlu khawatir ya. Pembiayaan KPR Syariah dari bank Bukopin ini minimal 1 tahun dan maksimal 25 tahun. Untuk bisa mendapatkan KPR Syariah, Anda pertama-tama perlu memiliki rekening tabungan/Giro iB di bank. 

8. Rumah KPR Syariah Panin

KPR Syariah yang terakhir yaitu dari bank Panin, yang bernama KPR PaS iB. Dengan DP yang rendah, proses cepat dan jangka waktu yang panjang (20 tahun), Anda bisa mendapatkan hunian impian Anda. Tidak hanya untuk pembiayaan rumah, Anda juga dapat memanfaatkan KPR Syariah untuk ruko, rukan, apartemen, kondominium, vila serta kavling. Agar tidak memberatkan, untuk pembiayaan nantinya akan sesuai dengan kesepakatan bersama antara Anda dan bank Panin. 

Demikianlah ulasan mengenai 8 Bank penyedia KPR Syariah termurah dan mudah yang bisa menjadi inspirasi Anda memiliki hunian impian. Untuk Anda yang sedang mencari rumah untuk keluarga, Linktown bisa menjadi solusinya. Kami pun bekerja sama dengan bank terpercaya untuk menyediakan layanan pembiayaan KPR Syariah untuk Anda. Sudah siap untuk punya rumah dengan KPR Syariah? Hubungi kami untuk informasi selanjutnya mengenai pembiayaan KPR Syariah bersama Linktown.