Bagaimana Cara Beli Rumah Tanpa Riba? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 31, 2023 by David Ashari
Bagaimana Cara Beli Rumah Tanpa Riba? Simak Ini!

Beli rumah tanpa riba menjadi salah satu solusi untuk menjauhkan diri dari sistem jual beli yang dilarang oleh Islam. Sehingga banyak orang mencari rumah yang memiliki sistem tanpa riba. Dimana bunganya sendiri memang terbilang cukup besar. Sehingga dikhawatirkan di kemudian hari hanya akan merepotkan pembeli rumah.

Tips Beli Rumah Tanpa Riba

Dalam membeli rumah, Anda dapat bertanya pengalaman beli rumah tanpa riba terhadap orang terdekat Anda.  Dari mulai cara mencarinya sampai  proses jual beli yang dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat memiliki gambarannya. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan beberapa cara berikut ini untuk terhindar dari riba. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!


  1.     Cash

Menemukan kredit rumah tanpa riba tanpa dp menjadi salah satu hal yang melegakan, bukan? Nah, jika Anda ingin seperti ini, maka dapat memilih cara membeli rumah secara cash. Bahkan beberapa developer memberikan diskon untuk pembelian yang menggunakan cash. Namun, Anda perlu menyiapkan biaya yang cukup besar sesuai dengan harga jual rumah tersebut.

Selain itu, Anda pun perlu membayar biaya lainnya. Dengan begitu, usahakan untuk menabung dan melakukan investasi sejak dini.  Anda dapat menyisihkan 30% dari penghasilan yang Anda terima setiap bulannya. Dimana hal tersebut digunakan untuk membeli rumah.

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan THR maupun bonus untuk tambahan dalam membeli rumah. Bahkan jika memungkinkan, Anda pun dapat mencari pekerja sampingan seperti halnya menjadi freelance atau membangun usaha.


  1.     Mengajukan cicilan KPR  ke developer secara langsung

Anda dapat mengajukan pembelian langsung kepada developer kpr syariah tanpa riba. Sehingga nantinya, Anda akan langsung membayar cicilan kepada pihak developer secara langsung tanpa menggunakan perantara bang.

Selain itu, developer rumah syariah menawarkan tenor yang relatif singkat daripada KPR pada umumnya. Dimana pelunasannya harus dilakukan dengan periode 1 sampai dengan 5 tahun.  Namun, sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu legalitas dari developer tersebut.


  1.     Membeli rumah melalui KPR syariah

Apabila  merasa dua cara diatas masih berat  untuk Anda lakukan, maka cobalah untuk menggunakan opsi  beli rumah syariah melalui KPR yang memiliki sistem syiar dalam jual belinya.  Hal ini karena Anda dapat memiliki rumah meskipun dengan dana terbatas.

Selain itu, hal yang membedakan KPR konvensional dengan syariah yaitu akan yang digunakan sampai dengan angsuran akhirnya.  Selain itu, KPR syariah akan menggunakan dan disesuaikan dengan tujuan biaya yang Anda lakukan. Seperti Akad Istishna,  Akad Murabahah, dan lain sebagainya.  Anda dapat mengecek jenis rumah syariah tanpa dp dan ready stock


  1.     Beli rumah secara tunai bertahap

Cara beli rumah tanpa riba selanjutnya yaitu dengan cara membeli rumah dengan tanah, tetapi menggunakan sistem bertahap.  Sistem ini  memiliki jangka waktu angsuran dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan.  Misalnya, Anda membeli rumah dengan harga sekitar Rp 400 juta  dengan tenor selama 36 bulan. Maka, setiap bulannya Anda perlu membayar sekitar 11,1 juta.   Selain itu, skema inipun mirip dengan cicilan. Hanya saja, waktu pembayaran dengan sistem ini jauh lebih pendek dan tanpa adanya bunga.


  1.     Membangun rumah secara bertahap

Apabila Anda sudah memiliki tanah, maka tidak ada salahnya untuk  membangun rumah secara bertahap. Alih-alih membeli rumah yang siap huni.

Cara ini terbilang cukup aman karena Anda tidak perlu langsung menyediakan uang dalam jumlah yang besar. Selain itu, metode ini cukup efektif bagi Anda yang ingin beli rumah kpr tanpa riba, tetapi belum menemukan rumah yang cocok sesuai dengan kebutuhan.


  1.     Beli rumah bekas melalui negosiasi

Anda dapat menggunakan cara ini untuk beli rumah tanpa riba dan harga jual nya un tergolong lebih terjangkau daripada rumah baru. Cobalah untuk mencari orang yang menjual rumah di sekitar tempat tinggal Anda. Biasanya orang yang menjual rumah itu karena beberapa faktor.

Baik karena pekerjaan,  butuh uang, dan lain sebagainya. Setelah menemukan rumah bekas yang hendak Anda beli, pastikan surat-surat lengkap dan kondisi rumah masih dalam keadaan layak huni. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya renovasi yang terlalu tinggi.

 Adapun Metode pembayarannya tergantung kesepakatan kedua belah pihak apakah langsung dibayarkan semuanya ataukah dibayar secara bertahap dengan durasi waktu tertentu. Untuk proses jual beli ini, nantinya akan dilakukan di harapan notaris untuk mencegah yang tidak diinginkan.  Apabila semua aktivitas jual beli selesai dilakukan, segeralah mengurus sertifikat untuk balik nama.  


  1.     Meminjam kepada saudara atau teman

Cara ini sebenarnya cukup klasik, tetapi masih relevan jika Anda ingin mencobanya. Namun, pastikan Anda memiliki 50% sampai 70% budget untuk membeli sebuah rumah. Sehingga total pinjaman Anda tidak terlalu tinggi kepada saudara atau teman.

Misalnya, Anda ingin membeli rumah dengan harga Rp 250 Juta dan sudah memiliki dana sekitar 200 juta. Maka, 50 juta nya dapat Anda pinjam kepada orang-orang terdekat Anda. Selain itu, buatlah surat perjanjian pinjaman untuk lebih aman dan sebagai pengikat kedua belah pihak.

Beli rumah tanpa riba dapat Anda lakukan dengan beberapa cara, dari mulai cash, mengajukan cicilan KPR secara langsung kepada pihak developer, dan lain sebagianya. Selain itu, dalam menentukan rumah mana yang hendak dibeli, pastikan Anda mengecek secara keseluruhan kondisi rumah. Seperti halnya mengecek ventilasi, dinding, bahan pintu, dan lain sebagainya.