8 Cara Mengusir Lalat dengan Mudah

Artikel ini terakhir di perbaharui April 17, 2024 by David Ashari
8 Cara Mengusir Lalat dengan Mudah

Cara mengusir lalat di rumah dengan efisen dapat membantu Anda untuk melakukannya dengan cepat dan mudah. Sehingga tidak banyak waktu yang Anda butuhkan dalam melakukan hal tersebut. pasalnya, jika tidak lakukan dengan secepatnya, maka hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan Anda di rumah. Belum lagi, lalat dikenal sebagai hewan yang membawa penyakit, tentu hal ini perlu diatasi dengan cepat, bukan?

Cara Mengusir Lalat dengan Mudah

Untuk cara mengusir lalat di siang hari sendiri, sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Sehingga  dapat dipilih metode mana yang menang efektif dan mudah dilakukan. Adapun caranya sendiri adalah sebagai berikut ini!

1. Rutin Membersihkan Kulkas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan selain menggunakan cara mengusir lalat dengan garam yaitu sering-sering untuk membersihkan kulkas. Pasalnya, lalay dapat bekermbang biak apabila terdapat sisa makanan yang berada di tempat lembab. Terutama, jika kulkas dalam keadaan mati karena adanya pemadaman Listrik. Ini dapat meningkatkan perkmebang biakan lalat. Apabila lalat terus berkembang biak, maka hal ini dapat membuat makanan yang ada di dalam kulkas menjadi terinfeksi bakteri.

2. Bersihkan rumah secara menyeluruh 

Lalat senang sekali berada di tempat yang kotor dan lembab, tidak heran apabila Anda sering melihat banyak lalat di tempat pembuangan sampah perumahan maupun pasar. Dengan begitu, cara mengusir lalat di rumah makan yaitu dengan  membersihkannya secara berkala dan menyeluruh. Dengan begitu, hal tersebut dapat meminimalisir perkembangan lalat dan secara tidak langsung dapat membantu untuk mengusir lalat. Usahakan untuk tidak mendiamkan sampah sampai beberapa hari di dalam rumah, terutama jika sampah tersebut basah. Pasalnya, hal ini dapat membuat lalat tertarik untuk menjadikan tempat tersebut sebagai sarang untuk berkembang biak. Lakukan aktivitas membersihkan rumah seperti halnya menyapu, mengepel, buang sampah, dan sebagainya setiap hari.

3. Gunakan Madu

Cara mengusir lalat alami yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan madu. Sebenarnya, madu tidak memiliki kandungan yang dapat membuat lalat menghindar, justru sebaliknya. Aroma madu dapat membuat lalat menjadi tertarik untuk mendekati sumber wangi tersebut.  Sehingga bahan satu ini sering digunakan sebagai perangkap untuk dapat menangkap lalat dalam jumlah yang cukup banyak. Nantinya, kamu dapat meletakkan madu di wadah ataupun di kardus, sehingga saat lalat datang dan mendekati madu, ia akan susah untuk terbang kembali.

4. Aroma Peppermint

Tidak seperti halnya madu yang memiliki aroma manis, lalat tidak menyukai aroma yang segar dan kuat. Hal inilah yang membuat aroma dari peppermint tidak disukai oleh lalat. Sehingga selain cara mengusir lalat buah,  hal ini efektif untuk dapat mengusir lalat yang ada di dalam rumah. Apabila Anda kesulitan untuk menemukan peppermint, maka dapat menggunakan minyak esensial untuk mengusir lalat. Untuk cara mengusir lalat di dalam rumah yaitu dengan meneteskan minyak esensial peppermint pada diffuser yang telah disediakan. Namun, jika tidak ada alat tersebut, maka Anda dapat langsung untuk mengoleskan sedikit saja ke permukaan tempat yang memang biasa dihinggapi oleh lalat.

5. Menanam Serai

Tidak hanya peppermint, tetapi lalat juga tidak menyukai aroma serai. Dengan begitu, tanaman satu ini dapat membantu Anda untuk mengusir lalat. Hal ini karena serai memiliki aroma yang cukup kuat dan lalat tidak menyukai hal tersebut. Untuk cara mengusir lalat hijau sendiri, Anda dapat menanam serai di dalam pot di rumah atau mencari minyak esensial yang memiliki aroma serai. Selain dapat mengusir lalat, tanaman satu ini juga dapat membantu Anda untuk mengusir nyamuk.

6. Semprotan Alkohol

Anda juga dapat menggunakan  isopropil yang dicampur dengan secangkir air dan sabun cuci piring cair. Apabila semua sudah tercampur dengan baik, maka langkah selanjutnya untuk cara mengusir lalat dari rumah yaitu memasukkannya ke dalam botol semprot. Setelah itu, Anda dapat menyemprotkannya ke area-area yang memang sering dihinggapi oleh lalat. Bahkan jika terlihat ada lalat yang bertebrangan, maka Anda dapat langsng menyemportkannya.

7. Daun Pandan

Daun pandan menjadi salah satu bahan yang memiliki aroma khas dan sering digunakan untuk menambah cita rasa makanan supaya lebih memikat. Ternyata, Selain itu, daun pandan juga dapat digunakan untuk dapat mengusir lalat dengan cara yang efektif. Hal ini karena lalat tidak menyukai aroma daun pandan sehingga mereka akan menghindari norma tersebut. Untuk  menggunakan cara mengusir lalat dengan daun pandan yaitu dengan cara mengiris daun pandan dan meletakkannya ke dalam wadah. Setelah itu, tempelkan pada area yang memang sering dilalui oleh lalat.

8. Aroma Rosemary 

Seperti halnya daun pandan, Rosemary menjadi salh satu aroma yang dibenci oleh lalat. Sehingga wajar apabila Rosemary menjadi salah satu bahan yang dapat membantu Anda untuk mengusir lalat dengan cara yang efektif. Untuk caranya sendiri, cukup mudah dan jangan lupa untuk membaca doa mengusir lalat. Pasalnya, Anda hanya tinggal nama Rosemary di halaman rumah, ia juga tahan terhadap cuaca yang dingin maupun tempat kering.  Namun, jika Anda kesulitan untuk menamanya, maka dapat menggunakan ekstrak tumbuhan tersebut yang telah menjadi minyak esensial sebagai cara ampuh mengusir lalat di rumah. Kemudian, menjadikannya sebagai pengharum ruangan.