8 Inspirasi Desain Atap Rumah Minimalis dan Modern

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
8 Inspirasi Desain Atap Rumah Minimalis dan Modern

Model atap rumah minimalis yang Anda pilih dan gunakan tentunya bisa mempengaruhi penampilan dan keadaan rumah secara keseluruhan. Meskipun kemungkinan model atap rumah tidak terlalu berbeda atau bahkan cenderung sama namun tetap saja diperlukan pertimbangan untuk memilih modelnya. Apalagi atap memiliki fungsi yang sangat penting bagi bangunan yaitu untuk melindungi bangunan agar tidak terkena panas matahari maupun air hujan.

Inspirasi Atap Rumah Minimalis

Saat ini banyak sekali model untuk atap rumah, mulai dari atap datar, atap gergaji, atap perisai atau limasan, kubah hingga atap segitiga. Untuk rumah minimalis pun Anda tak perlu bingung mencari model mana yang cocok karena ada banyak model yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah desain atap rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda:

Atap Pelana

atap pelana

Atap ini terkenal dengan arsitekturnya yang cukup khas dan membuat tampilan rumah menjadi lebih elegan. Sesuai dengan namanya atap ini berbentuk seperti pelana kuda dengan dua sisi miring yang ditopang dengan dinding, baja ringan, besi ataupun material kayu sesuai dengan tema rumahnya. Desain atap ini mampu menangkal suara hujan yang berisik sehingga penghuninya tidak akan terganggu.

Atap Standar

atap standar skillion

Atap rumah minimalis modern model standar ini juga bisa disebut sebagai model skillion yang memiliki karakter atap tunggal dimana satu sisi dinding lebih tinggi daripada dinding satunya. Jika dilihat sekilas atap model ini lebih cocok untuk gudang atau ruangan yang tak berpenghuni. Namun model ini justru banyak dipilih karena keunggulannya yaitu bahan bangunan yang digunakan sedikit, mudah dibangun, modelnya terlihat estetik dan mudah untuk mengalirkan air.

Atap Mansard

atap mansard

Desain atap rumah minimalis terbaru ini beraya Eropa yang terlihat mewah. Bangunan dengan atap ini biasanya berbentuk persegi panjang sehingga atapnya memiliki empat sisi dengan dua lereng di masing-masing sisi atapnya. Bisa juga ditambahkan jendela untuk bagian loteng. Model atap ini akan menciptakan ruang tambahan untuk loteng dan sangat fleksibel.

Atap Jerkinhead

atap jerkinhead

Atap rumah minimalis 2 lantai ini merupakan perpaduan antara desain hip dan pelana dengan gaya lebih baru. Keunggulan atap ini yaitu lebih tahan dari terpaan angin, menyediakan banyak ruang dibawah atap dan desainnya cukup unik.

Atap Melengkung

atap melengkung

Contoh atap rumah minimalis melengkung ini bisa dikreasikan sesuka hati. Bentuknya bisa landai, tinggi, sebagian, terbalik dan lainnya. Kelebihan menggunakan model atap ini yaitu memberikan entuk halus dalam hunian, dapat menutupi beberapa bagan rumah dan air hujan yang turun dapat mudah mengalir.

Atap Kubah

atap kubah

Model atap rumah minimalis 2 lantai ini bentuknya seperti kubah dan akan membuat rumah menjadi tampak mewah. Anda bisa menambahkan model ini dengan kaca mozaik agar terlihat lebih klasik dan estetik. Keunggulan dari menggunakan atap ini yaitu desainnya modern dan tidak ketinggalan jaman serta mudah mengalirkan air saat hujan.

Atap Datar

atap datar

Gambar atap rumah minimalis 1 lantai ini seperti banguan kotak benar-benar datar. Namun sebenarnya tidak karena ada sedikit kemiringan untuk aliran air dan drainase. Kelebihan menggunakan atap ini yaitu lebih sedikit bahan bangunan, terlihat modern dan bagian atapnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Atap Perisai

atap perisai piramid

Model ini sering kali digunakan masyarakat Indonesia. Memiliki dua bidang trapesium dan dua bidang segitiga yang bertemu pada satu garis. Atap rumah minimalis sederhana ini mampu bertahan dari kondisi cuaca yang tidak menentu, tahan angin kencang dan juga mudah mengalirkan air.

Nah itu dia beberapa model desain atap rumah yang bisa Anda pakai dan terapkan pada eksterior hunian Anda. Manakah yang paling bagus menurut Anda?

Dan khusus bagi Anda yang ingin punya rumah murah tanpa DP, yuk silakan hubungi tim Linktown.