7 Tipe Jendela untuk Rumah Minimalis dan Modern

Artikel ini terakhir di perbaharui July 31, 2023 by Daisy Andalia
7 Tipe Jendela untuk Rumah Minimalis dan Modern

Dalam sebuah rumah, jendela adalah salah satu komponen rumah yang wajib ada. Fungsi jendela dalam rumah yaitu sebagai tempat masuknya pencahayaan agar rumah menjadi lebih terang saat siang hari. Saat ini banyak sekali  jenis jendela rumah yang bisa kita jumpai dalam berbagai macam jenis bangunan. Mulai dari jenis jendela kayu hingga model jendela klasik. Semuanya memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Banyak sekali tipe jendela rumah yang bisa Anda terapkan untuk rumah Anda. Simak informasinya bawah ini.

Tipe Jendela untuk Rumah Minimalis

Penasaran seperti apa tipe tipe jendela yang banyak digunakan untuk bangunan rumah? Simak ulasannya berikut ini!

Stationery Window

Stationery Window

Tipe jendela yang pertama yaitu stationery window. Jendela stationary merupakan jenis jendela yang tidak dapat dibuka. Bentuk jendela rumah ini dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan jenis jendela yang bisa dibuka. Jendela ini bisa digunakan untuk berbagai macam jenis bangunan dan biasanya akan dipasang pada bagian sudut rumah.

Stationary window cocok digunakan mulai dari rumah sederhana hingga model jendela rumah mewah. Tipe jendela ini sering digunakkan pada rumah minimalis modern atau kontemporer. Desain yang sederhana dapat  mencerminkan konsep rumah minimalis Anda.

2. Casement Windows

Casement Windows

Jendela ini pada dasarnya merupakan model jendela yang tunggal. Kemudian, pada bagian sisi jendela juga diberi engsel supaya dapat dibuka. Model jendela seperti ini bisa Anda gunakan sebagai jendela ruang tamu. Dari macam-macam jendela kamar yang ada, jenis jendela ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal. Untuk tambahan informasi,  jendela dengan engsel di bawah disebut hoppers sedangkan  jendela dengan engsel di atas disebut awning windows.

3. Picture Windows

Picture Windows

Picture window ini sebenarnya merupakan jendela kaca mati. Jendela kaca mati adalah tipe jendela rumah yang terdiri dari kaca yang pemasangannya mati pada kusen. Jadi kaca ini tidak bisa dibuka ataupun ditutup. Jenis jendela ini berfungsi untuk menyalurkan cahaya ke dalam ruangan. Pada umumnya, tipe jendela ini untuk pendamping jendela lain pada sebuah rumah. Jendela kaca mati juga cocok digunakan sebagai model jendela rumah bagian depan.

4. Awning Window

Awning Window

Model jendela ini menggunakan engsel diatas dan dapat dibuka keatas. Awning window juga bisa dijadikan sebagai model jendela rumah Eropa. Untuk kebutuhan ventilasi, Anda bisa membukanya sedikit saja daun jendelanya. Sebenarnya ini merupakan tipe jendela minimalis yang banyak digunakan pada ruang basement, yang tidak memiliki ruang luas untuk menempatkan jendela. Pada rumah minimalis,  jendela ini disatukan dengan tipe jendela stationary dan diletakkan di bagian atas atau bawah. Ketika ingin membukanya atau saat butuh ventilasi, Anda hanya perlu membuka awning window saja. 

5. Double-hung

Double-hung

Tipe double-hung window merupakan jendela yang terdiri atas dua buah daun jendela, yaitu pada bagian bagian bawah dan atas. Namun, dengan proporsi yang tidak selalu sama. Daun jendela atas dapat Anda buka dengan cara menggeser ke bawah. Kemudian, untuk daun jendela bagian bawah dapat Anda buka dengan cara menggeser ke atas.

6. Single-Hung

Single-Hung

Untuk tipe jendela single-hung sebenarnya mirip sekali dengan double-hung. Perbedaannya jendela ini hanya memiliki satu jendela yang bisa dibuka yaitu  bagian bawah ke atas atau bagian atas ke bawah. Diantaranya bagian atas dibuka ke bawah, dan bagian atas dibuka ke bawah. Ini menjadi bentuk jendela rumah seperti bangunan yang memiliki konsep minimalis.

 

7. Sliding

Sliding

Jenis jendela selanjutnya yaitu jendela sliding panel. jendela sliding juga termasuk macam macam jendela kamar yang banyak digunakan.Berbeda dengan jenis jendela lainnya, untuk membuka jendela ini bisa dilakukan dengan cara digeser. Lalu, supaya semakin maksimal, maka daun jendela bisa Anda buat menjadi dua atau lebih. Anda dapat  mengaplikasikan jendela ini pada dapur atau kamar tidur.

Demikian informasi tipe jendela yang bisa Anda terapkan untuk rumah minimalis maupun bangunan rumah tipe lainnya. Jendela juga penting sekali adanya untuk jalan keluar dan masuknya udara yang ada dalam sebuah rumah. Tanpa jendela, rumah akan terasa pengap dan pastinya menjadikan orang yang ada di dalamnya merasa tidak nyaman.