10 Rekomendasi Plafon Rumah Mewah, Dijamin tambah Elegan!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
10 Rekomendasi Plafon Rumah Mewah, Dijamin tambah Elegan!

Sejak zaman dulu, bagian atap memang nilai keindahannya selalu diperhatikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bangunan kuno yang memiliki arsitektur menawan, termasuk bagian atapnya. Pada dasarnya, fungsi plafon rumah adalah sebagai penutup atap sebuah bangunan. Selain itu, bagian dari konstruksi juga dapat menstabilkan suhu ruangan sehingga tidak akan terasa sangat panas atau sangat dingin. 

Baca Juga : Yuk, Intip Desain Kamar Minimalis yang Estetik dan Nyaman

Plafon memiliki banyak jenis seperti plafon gypsum, plafon triplek, plafon PVC, plafon kalsiboard, plafon kayu,dan plafon GRC. Nah, kita akan membahas salah satu plafon yaitu plafon PVC. Yuk, simak pembahasan plafon PVC  pada artikel di bawah ini!

Mengenal Plafon PVC

Plafon PVC merupakan material yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan memiliki berbagai desain menarik dan tahan panas. Bahkan, material ini tidak terbakar saat terkena api. Namun, plafon PVC juga memiliki kekurangan diantaranya adalah sering dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia dan sulit di daur ulang. Dengan kata lain, material ini tidak ramah lingkungan saat sudah menjadi limbah.

Selain PVC, masih ada beberapa material yang bisa Anda pilih seperti gypsum dan eternit. Plafon gypsum merupakan konstruksi atap yang terbuat dari gypsum. Kelebihannya adalah mencegah cuaca panas sehingga ruangan tetap sejuk meski sedang musim kemarau. 

Rekomendasi Model Plafon PVC Mewah 

Kini, masih banyak orang yang bingung memilih plafon rumah. Mulai dari memilih modelnya hingga material terbaiknya. Hal ini memang sangat wajar sebab plafon memiliki banyak variasi. Yuk, intip beberapa plafon rumah minimalis terbaru berikut ini!

1. Model Plafon Model Jam Tangan

The wooden ceiling structure of a pavilion or gazebo

Desain atap rumah ala jam tangan saat ini sangat populer dan menjadi salah satu model plafon pvc mewah. Selain memberikan desain yang tidak biasa, nuansanya juga jadi lebih unik dan fungsional.

2. Model Plafon Asimetris

Model asimetris atau bentuk mozaik ini adalah salah satu plafon ruang tamu mewah yang sering digunakan. Plafon ini bisa diterapkan untuk kamar atau ruangan lainnya karena keunikannya.

3. Model Plafon Aksen Kayu

Kombinasi PVC dengan kayu akan memberikan kesan mewah yang ‘cozy’. Ruangan juga memiliki nuansa hangat, sehingga tamu yang berkunjung akan merasa nyaman di rumah Anda.

4. Model Plafon Lubang Langit

Model ini sangat cocok digunakan pada bagian kamar mandi. Nuansa kamar mandi akan terkesan lebih mewah dan elegan. Jika tidak mau sepenuhnya terbuka, Anda bisa menutup lubang dengan kaca.

5. Model Plafon Floating Ceiling

Model plafon ini menonjolkan atap yang mengambang dengan ilusi optik. Plafon minimalis kamar tidur model floating ceiling adalah plafon jenis langit-langit yang membuat kamar tidur tidak membosankan.  Menarik bukan?

6. Model Plafon Lipat

Model atap plafon lipat unik ini bisa diaplikasikan pada kamar tidur dan ruang keluarga. Perlu trik khusus dalam proses pembuatannya hingga menciptakan tampilan seperti kain yang terlipat.

7. Model Plafon Coffered

Sebagian besar model plafon coffered menggunakan material gypsum. Plafon gypsum minimalis mewah ini berbentuk panel-panel yang nampak jelas. Pada panel lain terdapat lampu yang lebih kecil pencahayaanya yaitu sebagai lampu hias di tengah.

8.  Model Plafon dengan Lampu Drop

Inilah model plafon rumah sederhana yang memberikan kesan rumah yang luas. Jenis plafon ini cocok untuk diaplikasikan pada rumah minimalis atau ruangan yang memiliki dekorasi alami misalnya kayu. Lampu drop berfungsi untuk mempertegas ruangan 

9. Model Plafon yang Menyatu dengan dinding

Salah satu model plafon ruang tamu terbaru yaitu model plafon yang menyatu dengan dinding ini cukup artistik dengan desain yang simple. Gaya plafon ini sangat unik dengan model lengkungan yang dimasukkan lampu yang cerah. Anda juga perlu memperhatikan furniture dalam ruangan agar sesuai dengan gaya plafon yang menyatu dengan dinding. Kelebihannya yaitu Anda tidak perlu menambahkan hiasan.

10. Model Plafon Gaya Tak Beraturan

Plafon dengan motif yang tidak beraturan juga bisa Anda coba aplikasikan. Meskipun tidak beraturan, plafon yang tidak simetris ini tetap nampak cantik. Selain itu, plafon tidak beraturan ini tidak membosankan mata karena terdapat nilai seni.

Baca Juga : 5 Inspirasi Desain Rumah Mewah Minimalis dan Unik

Itulah beberapa ide untuk plafon rumah mewah yang bisa Anda aplikasikan. Bagi Anda yang memiliki rumah mewah, memilih model plafon menjadi hal penting karena selain untuk menyejukkan, rumah Anda juga akan tambah mewah dan elegan. Jadi, untuk memaksimalkan tampilan rumah, Anda bisa menengok inspirasi plafon rumah mewah di atas ya!