Mengenal Berbagai Jenis Lantai Rumah Modern, Berikut Pilihannya!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
Mengenal Berbagai Jenis Lantai Rumah Modern, Berikut Pilihannya!

Pemilihan dari lantai rumah ini juga tidak boleh sembarangan. Sebab, lantai juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama di rumah. Untuk itu, berikut ini beberapa tipe lantai rumah yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Mengenal Berbagai Jenis Lantai Rumah

Rumah merupakan tempat kita beristirahat. Itulah kenapa, kenyamanan rumah menjadi hal yang paling penting agar istirahat juga semakin optimal. Salah satu elemen yang tidak bisa terpisahkan dari rumah adalah lantainya. Lantai yang berfungsi sebagai tempat berpijak harus nyaman dan juga tentunya tahan lama. Bahkan, beda ruangan bisa jadi berbeda juga jenis pelapis lantai yang digunakan.

Anda bisa memilih jenis lantai yang akan Anda gunakan sesuai dengan tujuan dari suatu ruangan. Selain demi kenyamanan, fungsi pemilihan dari jenis lantai rumah adalah untuk memperindah ruangan. Sebab, lantai rumah kini sudah memiliki banyak motif. Tidak perlu bingung lagi, berikut ini jenis-jenis lantai yang bisa Anda pilih untuk di rumah.

1. Lantai Keramik

Pertama ada jenis lantai keramik. Jenis lantai satu ini memang paling banyak digunakan di rumah-rumah Indonesia. Hampir sebagian besar orang menggunakan keramik sebagai lantainya.

Motif dan ukuran dari keramik juga sangat beragam mulai dari polos, serat kayu, marmer, dan masih banyak lagi. Keramik yang memiliki tekstur mengkilap dan licin biasanya juga bisa digunakan untuk dinding. Sedangkan keramik doff cocok untuk rumah-rumah minimalis karena tahan goresan.

2. Lantai Kayu

Hingga kini lantai kayu masih cukup populer. Sebagai salah satu jenis-jenis lantai housekeeping, lantai kayu ini akan menghadirkan kesan alam dan menambah kehangatan di dalam ruangan.

Jenis lantai kayu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu parquet atau parket dan juga laminating. Parket adalah lantai yang ada untuk rumah panggung. Itulah kenapa lantai kayu menjadi jenis lantai rumah Malaysia atau Melayu yang paling banyak ditemukan.

3. Lantai Teraso

Jenis lantai rumah satu ini cocok untuk Anda yang ingin membuat setiap sudut rumah menawan dengan dekorasi. Teraso merupakan salah satu jenis lantai yang unik. Teraso merupakan salah satu jenis yang memiliki corak. Dalam penggunaannya, lantai teraso menjadi alternatif untuk lantai sekolah, rumah, kantor, dan bangunan lainnya.

4. Lantai Vinyl

Jika Anda tidak mau ribet dan mudah bosan, maka bisa menggunakan berbagai jenis lantai Vinyl ini. Lantai Vinyl lebih praktis karena merupakan salah satu jenis lantai plester. Artinya, lantai vinyl menggunakan lem untuk memasangnya.

Cara kerja dari lantai ini mirip dengan dengan wall sticker, Anda bisa dengan mudah melepas lantai Vinyl jika sudah bosan dan menggantinya dengan motif lain. Lantai ini juga cenderung lebih murah dari tipe lainnya.

5. Lantai Granit

Jika Anda memiliki biaya lebih, maka sebaiknya menggunakan lantai rumah granit. Granit sebenarnya mirip dengan marmer. Namun, secara kasat mata lantai granit ini memiliki warna yang cenderung lebih gelap. Ketersediaan dari batuan granit juga lebih langka, sehingga harganya lebih mahal. Namun, untuk hal kenyamanan tidak perlu diragukan lagi.

Anda bisa memilih jenis lantai rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan juga selera. Sebisa mungkin sesuaikan lantai di dalam rumah sesuai dengan fungsi dari setiap ruangannya. Hal itu tentu saja agar rumah menjadi lebih menarik dan nyaman.