5 Inspirasi Desain Taman Depan Rumah, Tambah Asri!

Artikel ini terakhir di perbaharui July 27, 2023 by Daisy Andalia
5 Inspirasi Desain Taman Depan Rumah, Tambah Asri!

Fungsi taman yang beragam menjadikannya tempat yang vital dalam wilayah rumah Anda. Selain sebagai oase hijau di rumah, taman yang dipenuhi tanaman berbunga akan meredam polusi udara, mencerahkan sirkulasi udara dan secara psikologis, dapat menghilangkan stress. Menata taman juga perlu memperhatikan beberapa aspek. Salah satunya pemilihan tanaman, pot, maupun lokasi taman yang tepat. Jika Anda mencari inspirasi desain taman depan rumah yang asri dan estetik, baca selengkapnya artikel ini!

Inspirasi Taman Depan Rumah

Sebagai referensi, kami sudah rangkum daftar desain taman depan rumah yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda: 

1. Taman Depan Rumah Sederhana Minimalis

Anda dapat mengadopsi desain pertama ini jika memiliki lahan yang terbatas. Selain memiliki tampilan yang cantik, model taman yang mengarahkan Anda menuju pintu masuk akan memberikan kesan sejuk pada area hunian, terutama di tengah musim kemarau yang panas. Pemilihan jenis tanaman yang tepat juga penting dalam taman depan bergaya minimalis ini. Pilihlah tanaman hijau yang rindang seperti pohon atau tanaman merambat, dan gunakan pot dengan desain yang minimalis. Dengan menerapkan desain taman depan rumah minimalis ini, Anda akan menciptakan kesan asri dan estetik yang otomatis akan meningkatkan daya tarik rumah Anda.

2. Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit

Dengan memiliki lahan yang sempit, Anda tetap dapat menciptakan taman yang indah dan asri. Coba padukan berbagai jenis bunga yang rapi dan elegan dalam pot atau media tanam dinding untuk memberikan tampilan warna yang beragam di taman rumah. Anda bisa memanfaatkan dua atau tiga tanaman bunga dengan warna kontras untuk mendominasi taman dengan lahan terbatas ini. Misalnya, Anda dapat menanam anggrek putih di media tanam dinding dan bunga mawar merah atau anyelir merah dalam pot-pot kecil. Anda juga dapat menambahkan aksen bebatuan di tengah taman mini Anda untuk memberikan variasi yang menarik. Selain terlihat estetis, Anda akan dengan mudah dapat merancang taman depan rumah dengan lahan sempit ini.

3. Taman Depan Rumah Dengan Kolam Ikan

Selanjutnya, taman depan rumah dengan tambahan kolam ikan kecil akan memberikan tampilan yang sangat menarik dan meningkatkan nuansa alami di rumah Anda. Susunlah tanaman hias berdaun lebar dan berwarna hijau di sekitar kolam ikan. Sebaiknya, pilihlah beberapa jenis tanaman saja agar tampilan tetap rapi. Hal ini dikarenakan kolam ikan itu sendiri sudah memberikan warna-warni dengan kehadiran ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Taman dengan desain seperti ini tidak hanya menyegarkan mata, tetapi juga cocok bagi Anda yang mencari ketenangan setelah hari yang melelahkan di tempat kerja atau menghadapi kepenatan di jalanan yang padat.

4. Taman Depan Rumah Tanpa Pagar

Jika Anda memiliki rumah tanpa pagar dan ingin membuat taman, jangan khawatir, karena ada banyak inspirasi desain taman yang cocok untuk halaman rumah Anda. Halaman rumah terbuka, seperti yang ada di perumahan bergaya cluster, memberikan kebebasan untuk menanam beragam jenis bunga cantik dan rumput yang rapi. Disarankan untuk menanam lahan Anda dengan bunga berwarna-warni yang menyenangkan mata, seperti mawar, aster, atau bougenville. Anda dapat menata tanaman-tanaman indah Anda dalam pot besar di halaman. Pot besar ini berfungsi sebagai pagar hidup yang memagari rumah Anda dengan tanaman cantik.

5. Desain Taman Depan Rumah Mewah

Anda dapat memberikan kesan mewah pada taman depan rumah, sama seperti yang Anda lakukan untuk desain interior rumah. Salah satu elemen yang dapat meningkatkan kesan ini adalah menggunakan lantai atau ubin yang dirancang seperti jalan setapak menuju pintu masuk rumah. Selain menciptakan suasana asri, ide desain taman ini juga menawarkan nilai estetika yang menarik, baik pada siang hari maupun malam hari. Tetapi, perlu diingat bahwa beberapa jenis ubin mungkin tidak cocok untuk digunakan di luar ruangan. Dengan desain taman yang demikian, Anda dapat yakin bahwa suasana rumah Anda akan jauh dari kesan membosankan!

Tips Menata Taman Depan Rumah

Menata taman diklaim membutuhkan skill khusus dan tata caranya tersendiri. Apakah itu benar? Simak jawabannya dalam tips menata taman depan rumah berikut ini:

  • Pemilihan Tanaman

Untuk menghijaukan taman depan rumah, penting untuk memilih dengan bijaksana tanaman yang cocok dan serasi dengan eksterior serta tema rumah Anda. Berikut beberapa jenis tanaman yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Bunga-bungaan: Jenis tanaman ini dapat memberikan warna dan keindahan pada taman di depan rumah. Beberapa jenis bunga yang cocok untuk taman depan adalah mawar, gerbera, petunia, dan marigold. Melansir laman Leafy Place, bunga-bunga jenis ini adalah pilihan ideal untuk disertakan dalam lanskap daya tarik taman Anda. Mereka memberikan semburat warna yang megah dan biasanya mekar sepanjang musim panas.
  • Pohon kecil: Pohon kecil yang menghasilkan buah seperti pohon jambu biji, pohon anggur, pohon jeruk, dan pohon apel dapat digunakan untuk menambah nilai estetika di taman depan rumah, serta memberikan oksigen yang kaya untuk lingkungan sekitar. Selain untuk menghias taman, pohon-pohon ini dapat dimanfaatkan sebagai apotek hidup juga, lho.
  • Rumput: Rumput hijau yang menghampar bagai karpet seperti rumput Bermuda (rumput golf) atau rumput gajah bisa digunakan sebagai penutup tanah yang menjadi dasar taman Anda. Kelebihan taman berumput juga sekaligus menjadi lahan untuk taman bermain anak di rumah.
  • Paku-pakuan: jenis tanaman berikutnya dapat digunakan sebagai tanaman pembatas di taman depan rumah. Beberapa jenis paku-pakuan yang cocok untuk taman depan rumah adalah paku purba, fern, dan bambu.
  • Tanaman hias: Sansevieria, bonsai, kaktus, dan succulents dapat digunakan untuk menambah keasrian dan nilai estetika taman. Selain kaya akan nikai keindahan, jenis tanaman ini tergolong mudah dirawat.

Penting diingat, setiap jenis tanaman memerlukan perawatan dan kondisi lingkungan yang berbeda. Jadi, pastikan untuk memilih tanaman yang cocok dengan iklim dan kondisi tanah yang ada di taman depan rumah Anda.

  • Pemilihan Lahan Taman

Tanaman maupun bunga membutuhkan sinar matahari dan air agar dapat tetap hidup. Tanaman setidaknya membutuhkan paparan sinar matahari penuh selama 6-8 jam setiap hari. Tentukan tempat yang sesuai agar tanaman bisa mendapatkan cukup sinar matahari dan dekat dengan sumber air. Dengan begitu, proses perawatannya pun akan jadi lebih mudah dan praktis.

Setiap halaman memiliki ‘tampilan’ dan jika Anda mengambil taman depan terlalu jauh dari sumber air maka tentunya Anda akan bolak-balik membawa seember besar air atau harus membeli selang super panjang hanya untuk menyirami tanaman dengan rutin. 

  • Gunakan Rak atau Pot Tanaman

Apabila Anda memiliki halaman rumah yang tidak luas, penggunaan rak atau pot tanaman akan menjadi solusi bagi terciptanya taman depan rumah atau taman mini di teras rumah. Meski berada di lahan yang terbatas, penggunaan rak ini akan membuat tanaman terlihat tertata dan membuat ilusi taman terlihat luas karena mampu menampung berbagai jenis tanaman. Selain itu, kelebihan dari penggunaan pot tanaman akan membuat perhatian akan terfokus ke tanaman atau area fokus taman. Adanya warna-warna yang mencolok dari pot membuat seseorang lebih memperhatikan taman di rumah. 

Inilah ide desain taman depan rumah dan panduan menata taman untuk menciptakan suasana asri dan keindahan yang maksimal di rumah impian Anda. Tidak perlu memiliki lahan yang luas atau mewah, Anda tetap bisa menciptakan desain taman sesuai impian Anda dengan mengikuti panduan yang telah kami sediakan. Apakah Anda siap untuk mencobanya? Hubungi kami untuk rekomendasi rumah idaman Anda. Semoga artikel kali ini bisa menginspirasi bagi Anda.