Rekomendasi Ruko 3 Lantai yang Bagus

Artikel ini terakhir di perbaharui April 1, 2024 by David Ashari
Rekomendasi Ruko 3 Lantai yang Bagus

Ruko 3 lantai merupakan salah satu type bangunan yang cocok dipilih sebagai ruang usaha sekaligus tempat tinggal. Sebagaimana kepanjangan nama dari ruko sendiri yang berarti rumah toko. Artinya, ruko memang bangunan yang didesain khusus oleh developer maupun kontraktor agar mempunyai fungsi kedua tempat tersebut.

Di Indonesia sendiri ruko masih cukup diminati masyarakat sebagai pilihan ruang usaha dan tempat tinggal. Hal ini karena, ruko dapat disewa dengan harga relatif terjangkau dan sifatnya yang multifungsi. Selain itu, tersedia beragam tipe ruko yang bisa dipilih sesuai fungsi dan kebutuhan. Seperti rekomendasi type dari ruko lantai 3 yang bagus berikut!

Rekomendasi Desain Ruko 3 Lantai

Rekomendasi ruko 3 lanfai ini memiliki desain pilihan yang fungsional. Semua tata letak ruang dimaksimalkan agar dapat digunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari desain interior yang mewah hingga tipe minimalis dengan kesan klasik.

Desain Bernuansa Mewah

Rekomendasi pertama adalah desain ruko 3 lantai mewah yang terlihat dari penggunaan fasadnya. Fasad dirancang dengan perpaduan elemen modern dan klasik yang dapat menciptakan kesan mewah timeless. Selain itu, ditambah penggunaan material berkualitas tinggi seperti batu alam, kaca dan aksen logam.

Adapun tata-letak ruang dapat Anda lihat melalui contoh denah ruko 3 lantai dengan lebar 5 meter ini. Dimana di lantai 1 terdapat area yang langsung bisa menuju koridor lantai 2 dan lanjut naik lagi ke lantai 3. Kemudian ada ruangan yang bisa dipakai untuk ruang kerja berukuran 3.5×2 meter dengan menggunakan dinding partisi kaca.

Dinding partisi kaca yang bukan permanen sehingga memudahkan jika ingin dimodifikasi. Sementara untuk area utamanya berukuran 5×12 meter yang dirancang plong tanpa sekat dinding agar cukup luas dijadikan tempat usaha. Usaha apapun itu, misalnya cafe indoor yang mana di area belakang terdapat ruangan kecil untuk pantry dan kamar mandi.

Desain Ruko Modern

Desain ruko 3 lantai modern secara umum dapat Anda perhatikan dari paduan gaya arsitektur yang stylish dengan konsep fungsional. Fasadnya pun modern dirancang dengan gaya minimalis modern menggunakan bahan seperti kaca, beton dan logam. Bahan-bahan ini mampu menciptakan tampilan elegan dan futuristik.

Sementara untuk tampilan ruko 3 lantai tampak depan dari desain ini dapat menampilkan kesan luas. Secara di lantai pertama dibuat dengan terbuka agar mampu menarik perhatian pengunjung. Melalui penggunaan kaca transparan pada dinding yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam dan memberi kesan interior terang dan luas pada ruangan.

Selain itu, terdapat tangga dari lantai 2 yang langsung menuju area pantry atau dapur dan kamar mandi berukuran total 5×4 meter. Lalu dilantai 3 ini dapat difungsikan sebagai rooftop yang bisa digunakan untuk area cafe outdoor. Namun, tidak semua area rooftop dibiarkan secara terbuka karena ada sedikit space untuk cafe yang beratap ukuran 2×6 meter menggunakan atap dag.

Desain Ruko Minimalis Modern

Rekomendasi selanjutnya yaitu desain ruko 3 lantai minimalis modern yang berkonsep simple tapi elegan. Ciri khas yang menonjol dari desain minimalis modern terdapat pada penggunaan material berbahan futuristik. Contohnya beton, kaca, dan logam yang dimana bahan ini dapat memberi sentuhan modern.

Desain ruko dari konsep minimalis modern ini selain dijadikan ruang usaha, juga bisa digunakan tempat tinggal untuk keluarga. Dimana perbandingan tinggi dari lantai 1 sampai lantai 2 dan 3 kurang lebih berukuran 3.6 meter menyesuaikan standar peraturan bangunan pinggir jalan. Namun, untuk menampakkan kesan luas biasanya ruko tipe minimalis modern biasa menggunakan material yang mendukung 

Contohnya penggunaan pintu jendela dengan kaca besar sebagai akses utama yang memantulkan kesan modern dan mewah. Sementara untuk keamanan ruko menggunakan pintu folding besi antara batas teras di depan pintu kaca. Kemudian di lantai 2 ada jendela kaca besar untuk pencahayaan dan menambah keindahan bangunan.

Desain Ruko 2 Lantai

Desain ruko 2 lantai minimalis modern hampir sama seperti yang tipe 3 lantai. Hanya saja desain 2 lantai ini memiliki area parkiran setiap unit ruko bagi parkir kendaraan berukuran 5×5 meter atau cukup lebar untuk 2 mobil. Dari lahan parkir tersebut naik 20 cm ke selasar/teras berukuran 5×1 meter dengan ruang utama 5×14 meter.

Ruang plong tanpa sekat dinding yang membuat area interior tampak luas untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan usaha. Selain itu, ada space tangga menuju lantai 2 dengan ukuran 5×2 meter yang cukup lebar dan dibawah anak tangga bisa dipakai untuk kamar mandi. Sementara disamping kamar mandi ada ruangan kecil ukuran 3.5×1.5 meter yang bisa dipakai untuk gudang atau janitor.

Desain Modern Klasik

Pada akhir pembahasan kali ini dapat memilih gaya modern klasik. Perpaduan antara material modern dan bahan klasik dengan ciri khas kayu maupun alam. Untuk denahnya sendiri dapat menyesuaikan kebutuhan atau sama dengan penataan letak desain ruko mewah di atas.

Hanya saja desain ruko 3 lantai terbaik ini bukan secara general tampak paling bagus. Anda bisa memilih dan memilah bagaimana tipe desain yang cocok bagi kebutuhan pasar sendiri. Terlebij jika ruko dibangun di area yang strategis perlu memperhatikan maupun mengkaji ulang kebutuhan.

Sama halnya dengan desain ruko 3 lantai mewah yang tidak hanya memikirkan tampilan. Melainkan bagaimana denah, tata letak ruang, dan lokasi dapat memberi nilai komersil sebanding untuk bangunan ruko tersebut.

Rekomendasi 5 ruko 3 lantai ini tentu dapat Anda pelajari secara detail dengan langsung mensurvei bangunan di lapangan atau bertanya kepada lebih ahli. Menurutnya, mana tipe ruko yang paling cocok dengan kebutuhan Anda!