7 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Ini Triknya!

Artikel ini terakhir di perbaharui August 16, 2023 by David Ashari
7 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Ini Triknya!

Orang yang tinggal di daerah perkotaan padat penduduk umumnya menghadapi masalah perumahan yang sama. Seringkali masalah ini dihindari dengan membeli atau membangun rumah yang luas. Namun, tahukah Anda bahwa rumah mungil dengan dapat terlihat besar jika pemilik rumah rajin dan tahu cara menata interior rumah dengan baik. 

Untuk mengatasi masalah ukuran rumah yang kecil, inilah cara memaksimalkan ruang dan membuat rumah kecil Anda terlihat lebih besar. Simak cara menata rumah kecil agar terlihat luas ini! 

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Mendekorasi ruangan yang kecil adalah  tantangan tersendiri. Apalagi bila di rumah cukup banyak anggota keluarga, otomatis barang-barang yang ada bertambah banyak. Untuk mengatasinya, Anda perlu jeli dalam memilih furnitur dan menata penempatannya tanpa membuat ruang menjadi sempit. Apakah Anda bingung bagaimana cara membuat ruangan yang sempit menjadi terlihat luas? Simak tips menata rumah sempit berikut ini!

1. Pilih furniture praktis dan multifungsi

Cara menata rumah sempit agar terlihat lebih luas yaitu dengan memiliki furniture yang praktis dan multifungsi. Mengapa tidak menggunakan laci atau lemari serbaguna yang berfungsi ganda sebagai ranjang tidur? Saat ini sudah banyak ranjang tidur  multifungsi yang  tersedia  di pasaran dengan harga yang berbeda-beda.

Jika kamar tidur sempit dan Anda membutuhkan ruang ekstra  untuk menyimpan perlengkapan Anda, belilah kasur dengan kotak yang dapat berfungsi ganda sebagai lemari penyimpanan.  Ada juga meja kantor dengan lemari penyimpanan, seperti meja anak, namun dengan kapasitas penyimpanan tersebut, Anda bisa membuat rumah kecil Anda terlihat besar.  

2. Pilih warna yang cerah

Anda pasti pernah mendengar atau membaca tentang bagaimana warna cat yang terang dapat membuat rumah yang sempit  terasa lebih luas. Ternyata, metode klasik ini bekerja dengan efektif. Arsitek dan desainer interior merekomendasikan cat putih dan warna terang lainnya untuk ruang kecil atau rumah.

Dengan warna-warna cerah, rumah mungil terasa luas, segar, dan cerah. Menerapkan cat gelap pada ruangan membuat rumah kecil lebih nyaman, tetapi akan semakin terlihat kecil. Alih-alih memantulkan cahaya, warna gelap justru menyerap sumber cahaya yang masuk dan membuat rumah terlihat suram. 

3. Sesuaikan ukuran perabotan

Bagaimana cara menata rumah kecil biar rapi? Kesalahan saat menata rumah kecil yang seringkali tidak disadari adalah membeli furnitur besar tanpa mempertimbangkan ukuran ruangan. Misalnya, jika ruang tamu tidak terlalu besar, hindari membeli sofa dengan tiga tempat duduk. Anda dapat memilih ukuran sofa dengan ukuran lebih kecil untuk menyisakan ruang untuk barang lain.

4. Manfaatkan pintu untuk tempat penyimpanan

Cukup banyak alat kebersihan rumah tangga yang sering memakan tempat. Jadi, bagaimana cara menata rumah kecil agar rapi? Lebih mudah untuk menemukan barang jika dipasangkan gantungan atau rak kecil di belakang pintu kamar mandi. Anda data susun dan tempatkan barang-barang sesuai fungsinya, seperti rak khusus sabun, handuk, sikat kecil, cairan pembersih meja, dll. Tidak ada lagi alasan untuk lupa di mana Anda menaruh alat-alat pembersih, bukan?  

5.  Minimalisir sekat dalam rumah

Jika Anda memiliki rumah dengan ruang terbatas, cobalah untuk menghilangkan sekat. Sebab, jika terlalu banyak ruangan dan sekat akan membuat rumah menjadi sempit. Namun, jika ingin memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya, gunakan saja furniture. Contohnya, Anda ingin memisahkan dapur dan ruang tamu. Nah, Anda bisa menggunakan rak atau sofa sebagai pembatas.  

6. Gunakan Box untuk Menyimpan Barang

Tanpa disadari, barang-barang kecil seperti alat tulis atau mainan anak yang tidak tertata dengan baik dapat membuat ruangan terlihat tidak bersih. Selain itu, barang yang berserakan membuat sulit ditemukan saat nantinya dibutuhkan. Cara menyusun barang di rumah kecil yaitu Anda bisa membeli storage box atau kotak untuk menaruh barang-barang tersebut dan memisahkannya sesuai kategori. Saat ini banyak tersedia kotak penyimpanan dalam berbagai pilihan warna dan motif yang dapat dipadukan dengan ruang. Sekarang semuanya lebih rapi dan ruangan tetap nampak bagus. 

7. Pasang cermin di sekeliling ruangan

Saat Anda mengunjungi toko pakaian atau restoran kecil, pemilik toko biasanya memasang cermin agar ruangan terlihat lebih besar. Nah, cara ini juga bisa digunakan di rumah. Anda bisa meletakkan cermin pintu lemari atau di dinding ruang tamu. Anda dapat menggantungkan beberapa cermin berukuran sedang berdampingan. Buat bingkai cermin monokrom untuk mempercantik interior ruangan. Cara ini bisa membuat rumah nampak lebih besar dari pada aslinya.  

 

Itulah cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Saat Anda menata dan memilih perabotan untuk rumah kecil, Anda memang harus berhati-hati supaya tidak terlalu nampak terlalu padat dengan perabotan. Jadi pintar-pintarlah dalam memilih furnitur dan warna yang akan digunakan di rumah kecil. Apakah Anda ingin memiliki rumah impian Anda? Linktown juga siap membantu! Bagi Anda yang membutuhkan rumah yang luas dan nyaman, Anda bisa melihat beberapa perumahan di Linktown, ya!