10 Desain Keramik Lantai Rumah Minimalis Terkini

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
10 Desain Keramik Lantai Rumah Minimalis Terkini

Dekorasi keramik lantai rumah terus berkembang selama beberapa tahun terakhir. Gaya lantai yang berfokus untuk membuat ruangan terasa lebih terbuka, bersih, luas, dengan dekorasi minimal dalam berbagai warna netral dan bersahaja. 

Pemilihan warna pada keramik rumah minimalis perlu diperhatikan dengan desain interior rumah sehingga rumah pun semakin cantik. Untuk Anda yang bosan dengan lantai di rumah atau ingin memasang keramik lantai di rumah baru, ketahui dulu warna keramik lantai terbaru yang bisa Anda pilih di bawah ini!

Ide Keramik Lantai Terbaru

Keindahan rumah dapat terpancar dengan pemilihan keramik lantai rumah yang tepat. Oleh karena itu, warna dan motif yang sesuai dengan gaya hunian dan dekorasi rumah sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa ide warna keramik lantai yang bagus untuk percantik rumah Anda.

1. Keramik dari Kayu 

keramik lantai

Material kayu cocok dengan konsep hunian yang simpel namun tetap elegan sehingga  membuat rumah Anda terlihat hangat, kekinian, dan mahal. Tidak perlu menggunakan kayu asli, Anda bisa mengakalinya dengan pemakaian keramik motif serupa. 

Selain minim dalam perawatan, warnanya serta motifnya cukup banyak. Tempatkan pada ruang keluarga ataupun ruang tamu bergaya minimalis, agar terasa nyaman saat berkumpul bersama keluarga.

2. Keramik dari Batu Alam

Keramik lantai terbuat dari berbagai material, salah satunya batu alam. Lantai dengan tampilan batu biasanya digunakan sebagai keramik dapur dan kamar mandi. Penerapannya pada dapur sendiri dikarenakan mudahnya pembersihan jika terkena bumbu masakan, atau kotoran saat memasak.

3. Keramik dari Hexagon Mosaic

Keramik lantai bermotif segi enam memberikan transisi unik. Saat ini, terdapat berbagai motif lantai kontras untuk memberikan keunikan untuk mempercantik ruangan. Penggunaannya cocok untuk lantai di ruang keluarga.

4. Keramik Warna putih dengan Corak Abu-abu

Kesan yang berasal dari warna keramik warna putih dengan corak abu-abu bisa membuat rumah semakin terlihat elegan. Keramik lantai ini cocok untuk Anda yang menyukai keramik jenis mengkilap. Penampakan lantai ini memang simple, namun terkesan mahal. Selain dijadikan sebagai keramik lantai, keramik jenis ini bisa digunakan untuk keramik dinding. Perabotan yang cocok untuk melengkapi lantai warna putih dan corak abu-abu adalah perabotan berwarna putih.

5. Keramik Warna Krem dengan Tampilan Doff

Lantai keramik berwarna krem dengan tambahan motif doff memberikan ciri khas tersendiri. Warna coklat muda ini memang terlihat netral dengan jenis earth tone. Warna lantai yang natural bisa memiliki kesan yang elegan jika dipadukan dengan perabotan yang sesuai.

6. Keramik Warna Monokrom

Warna keramik hitam dan putih ini memang sedang sangat terkenal. Warna monokrom cocok untuk digunakkan sebagai  keramik teras depan. Selain itu keramik berwarna monokrom ini bisa diaplikasikan pada ruangan di rumah seperti kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. Keramik jenis ini terdapat motif yang berbeda-beda sehingga bisa diaplikasikan dalam setiap ruangan dalam rumah. Motif yang tersedia contohnya adalah motif segitiga, lingkaran, dan papan catur.

7. Keramik Linoleum

Keramik linoleum cocok untuk Anda yang ingin rumah tampak lebih cerah. Anda bisa menggunakan keramik ini dengan warna cerah sehingga rumah menjadi tambah cerah dan menarik. Lantai ini cocok dipasang di ruang keluarga karena bahannya pun tidak membuat Anda alergi dan mudah dibersihkan.

8. Keramik Bata atau Tanah Liat

Lantai keramik jenis ini mudah untuk dibentuk karena mengikuti gaya lantai kayu. Selain mudah dibentuk, lantai bata atau tanah liat ini cocok untuk digunakkan di ruangan yang sering terkena air contohnya kamar mandi. Bahkan, lantai jenis ini memberikan kesan yang sejuk dan alami.

9. Keramik Teraso

Model keramik teraso bisa menjadi lantai model klasik dan etnik. Umumnya, lantai teraso mempunyai 20×20 sentimeter. Karakter utama dari keramik teraso yaitu keramik yang menyerupai seperti batu yang berasal dari limbah marmer dan telah diolah kembali. Lantai bergaya klasik ini sering digunakkan di restoran atau villa bertema klasik.

10. Keramik Lantai Geometrik

Keramik bermotif geometri memiliki berbagai motif untuk mempercantik rumah. Contohnya seperti geometric persegi delapan, persegi enam, dan jajargenjang. Susunan motif geometrik ini tentunya akan membuat rumah impianmu semakin mewah.

Harga Keramik Lantai

Anda harus memperhatikan desain rumah terlebih dahulu sebelum memilih keramik lantai. Banyak sekali merk yang bagus namun Anda juga perlu memperhatikan kecocokan keramik lantai dan bangunan rumah. 

Harga keramik bervariasi sesuai dengan pilihan lantai keramik yang Anda pilih. Untuk satu dus ukuran keramik 40 x 40 biasanya berisi 6 keping. Jadi, satu kotaknya adalah 0,4 x 0,4 x 6 = 0,96 meter persegi. 

Jika Anda penasaran dengan kisaran harga keramik lantai yang bagus yaitu berkisar antara Rp.45.000 hingga Rp.200.000. Tentunya kualitas akan semakin tinggi jika harga semakin tinggi. Untuk Keramik termahal adalah Keramik Roman 60 x 60 Golongan C.

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis keramik lantai, mungkin Anda sudah tidak sabar untuk membelinya. Selain memperhatikan harga keramik, perhatikan teksturnya. Keramik yang licin bisa membuat Anda terpeleset tetapi mudah dibersihkan. Keramik yang bertekstur memerlukan tambahan perawatan seperti polesan rutin supaya tidak kotor.