5 Contoh Desain Rumah Bali yang Modern dengan Ciri Khas Tradisional

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
5 Contoh Desain Rumah Bali yang Modern dengan Ciri Khas Tradisional

Tidak perlu diragukan lagi keindahan alam dan keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia sehingga banyak turis berdatangan ke Indonesia untuk melihat keunikan tersebut. 

Salah satu keunikan yang ada di Indonesia adalah desain arsitektur rumah yang berbeda-beda di setiap daerah. Salah satu desain rumah yang unik dan menarik perhatian merupakan desain rumah Bali.

Bali memiliki desain rumah yang termasuk salah satu desain arsitektur yang khas dan menarik untuk digunakan. Menampilkan desain rumah bali tradisional yang sangat kuat pada setiap desainnya sehingga memiliki khasnya tersendiri bisa Anda gunakkan pada desain rumah Anda. 

Simak rumah gaya bali tradisional dengan sentuhan modern berikut ini. Simak inspirasi desain rumah bali minimalis di bawah ini!

Ciri Khas Desain Arsitektur Bali

Desain arsitektur pada rumah-rumah Bali mengadopsi budaya Bali yang sebagian besar menganut agama Hindu. Dalam desain rumah bali modern, banyak orang ingin mengadopsi desain khas tradisional Bali dengan sentuhan modern dengan tetap mempertahankan nilai filosofi suatu bangunan tersebut, penggunaan material alami pada bangunan dan juga nuansa yang ditimbulkan. 

Baca Juga : 5 Inspirasi Desain Rumah Mewah Minimalis dan Unik

Pada masyarakat Bali, desain rumah bali sederhana memiliki arsitektur di rumah-rumah disediakan tempat untuk beribadah yang dibuat dengan berdasarkan prinsip Tri Hita Karana, yaitu menjaga hubungan baik antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan alam, dan dengan antar manusia lainnya.

Contoh Model Desain Rumah Bali

Dapat kita lihat, mulai banyak arsitektur rumah Bali yang dipadukan dengan gaya modern saat ini. Sebagai contoh, penggunaan gerbang pintu berukiran khas Bali atau halaman rumah bali yang dipadukan dengan bangunan modern di rumah tersebut. 

Bagi Anda yang penasaran seperti apa desain rumah Bali, berikut ini beberapa contoh desain rumah bali minimalis sederhana yang dapat dijadikan inspirasi dan referensi pada desain rumah bali minimalis lantai 1 dan desain rumah bali minimalis lantai 2:

  1. Desain Rumah Bali dengan Atap Tinggi dan Frame Kaca dari Kayu

Desain rumah Bali dapat dengan mudah menyesuaikan desain modern yang sudah ada. Pintu kayu kaca dapat digunakan untuk menggantikan tembok. Desain ini membuat rumah terlihat menjadi lebih luas dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

  1. Desain Rumah Bali Modern dengan Menggunakan Tembok Kayu

Kesan natural dari desain rumah bali klasik yang menggunakan tembok kayu akan anda dapatkan jika desain ini diterapkan di rumah. Dapat juga dibangun dengan kombinasi tembok yang dipasangi bilah-bilah kayu untuk menonjolkan kesan natural pada rumah.

  1. Desain Rumah Bali Tradisional dengan Menggunakan Tembok Bata Merah

Selain dengan kayu, desain rumah Bali dapat menggunakan bata merah untuk bagian tembok yang bisa diterapkan sebagai kesan tradisional rumah Bali.Rumah jadi terasa lebih sejuk dengan adanya batu merah.

  1. Angkul-angkul pada desain rumah Bali modern

Dengan memanfaatkan angkul-angkul pada rumah desain Bali modern, maka desain rumah akan terlihat modern namun masih terdapat sentuhan tradisional. Unik bukan?

Baca Juga : 6 Inspirasi Denah Rumah Mewah Impian Anda

  1. Desain rumah Bali modern Ala Resort

Mendesain rumah dengan nuansa resort memiliki ciri khas tersendiri. Resort sebagian besar terdapat kolam renang dan kolam renang ini wajib ada. Untuk melengkapinya, Anda bisa menambahkan payung dan kasur lipat persis seperti di resort. Desain rumah ini bisa Anda ciptakan sebagai rumah khas Bali ala resort mewah.

Tips Membangun Desain Rumah Bali yang Modern

  • Bangunan dibuat menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu dan bambu, lalu untuk pondasi menggunakan batuan alam
  • Didesain dengan sistem ventilasi yang baik seperti menggunakan jendela berukuran besar agar sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik di dalam rumah
  • Karakter desain rumah bali modern yang dipadukan oleh ciri khas Bali lainnya adalah terdapat angkul-angkul. Angkul-angkul merupakan sebuah gerbang rumah adat Bali yang memiliki desain yang megah yang terdapat pada bagian depan rumah dan menjadikan seperti teras rumah bali modern.

Jika lahan rumah yang anda miliki cukup luas, dapat dicoba dengan memanfaatkan halaman belakang terbuka. Rumah dengan konsep seperti ini dapat menciptakan suasana sejuk dan alami.

Itulah informasi mengenai desain rumah Bali yang modern dan tradisional yang bisa Anda terapkan pada rumah Anda. Perlu diingat, desain rumah Bali identik dengan keluwesan desainnya, sehingga dapat dipadukan desain modern dengan tetap memperhatikan tips desain rumah Bali diatas. 

Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam menentukan desain rumah Bali impian Anda. Bagi Anda yang sedang mencari hunian nyaman, klik di sini untuk menemukan rumah idaman untuk Anda dan keluarga tercinta. Semoga tips kali ini bermanfaat ya!