Ide Desain Kolam Renang Rumahan untuk Outdoor dan Indoor

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
Ide Desain Kolam Renang Rumahan untuk Outdoor dan Indoor

Memiliki hunian dengan kolam renang menjadi impian banyak orang. Meski begitu, Anda harus menyesuaikan desain kolam renang dengan desain rumah. Hal ini penting dilakukan agar keberadaan kolam renang bisa menunjang tampilan rumah menjadi lebih keren dan menarik.

Kolam renang tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk berenang saja. Akan tetapi beberapa orang menambahkan kolam renang untuk membuat huniannya menjadi lebih menarik dan mewah. Maka dari itu, desain untuk kolam renang juga tidak boleh sembarangan.

Untuk Anda yang ingin membangun kolam renang di rumah, ketahui dulu beberapa ide desain dan model kolam renang berikut ini.

Desain Kolam Renang di Luar Rumah

Kolam renang minimalis memang lebih banyak diletakkan di luar rumah atau halaman. Beberapa ide desain kolam renang di rumah untuk kebutuhan outdoor adalah sebagai berikut:

1. Kolam renang berbentuk persegi panjang

Kolam renang berbentuk persegi panjang

Salah satu ide desain kolam renang yang paling cocok untuk luar rumah adalah kolam renang dengan bentuk persegi panjang. Desain ini cocok diletakkan di samping atau belakang rumah. Saat membuatnya, jangan lupa sisakan sekitar 1 – 1.5 meter di pinggiran kolam sebagai tempat untuk meletakkan kursi. Anda juga bisa menambahkan taman minimalis agar kolam renang lebih nyaman.

2. Kolam renang bergaya plunge pool

Kolam renang bergaya plunge pool

Kolam renang bergaya plunge pool cocok untuk di luar rumah maupun untuk desain kolam renang dalam rumah. Desain ini sebenarnya banyak digunakan di negara Eropa dan Amerika dengan ukuran kolam yang tidak terlalu besar serta dikelilingi dengan rumput hijau yang segar. Kolam renang ini sangat cocok untuk rumah dengan lahan yang tidak terlalu besar.

Jadi meskipun rumah Anda kecil, bukan tidak memungkinkan untuk tetap memiliki kolam renang di rumah. Selain untuk berenang, kolam renang model ini juga dapat menambah keindahan interior dan eksterior rumah Anda.

3. Kolam renang dengan gazebo

Kolam renang dengan gazebo

Ide desain kolam renang untuk di luar rumah juga bisa Anda tambahkan dengan gazebo. Selain membuat tampilan kolam lebih estetik, gazebo juga bisa berfungsi sebagai tempat bersantai dan menikmati suasana kolam jika Anda sedang tidak ingin berenang. Di gazebo tersebut, Anda bisa beristirahat setelah selesai berenang. Jika memungkinkan, pilih desain gazebo yang elegan dan matching dengan bentuk kolam renang supaya indah dipandang. 

Desain Kolam Renang di Dalam Rumah

Selain di luar rumah, saat ini banyak juga yang menggunakan desain kolam renang mewah di dalam rumah atau indoor. Beberapa ide model kolam renang yang cocok untuk indoor adalah sebagai berikut:

1. Kolam renang berbentuk oval

Kolam renang berbentuk oval

Salah satu desain kolam renang yang populer untuk kebutuhan indoor adalah memiliki bentuk oval. Desain ini sangat cocok untuk hunian modern dengan gaya Eropa. Pada tembok bangunan, Anda bisa memasang banyak jendela kaca agar kolam renang di rumah kecil memiliki pencahayaan yang bagus. Tambahkan lampu-lampu taman agar pencahayaan makin baik. Pencahayaan yang baik akan membuat kolam renang terlihat cantik.

2. Kolam renang beratap kaca

 Kolam renang beratap kaca

Agar pencahayaan bisa maksimal, desain kolam renang indoor sebaiknya menggunakan atap yang terbuat dari kaca. Desain seperti ini akan memberikan kesan luas dan terang meskipun desain kolam renang mini berada di dalam rumah. Kaca yang terdapat di atap juga akan memperindah pencahayaan di dalam kolam. Kesan cantik, indah, dan elegan pun akan tercipta pada desain kolam renang ini.

Cara Merawat Kolam Renang Rumahan

Agar kolam renang mini selalu nyaman saat digunakan untuk berenang, maka perlu dirawat dengan benar. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat merawat desain kolam renang anak rumahan, diantaranya sebagai berikut:

  • Gunakan produk perawatan kolam sesuai aturan
  • Buat jadwal perawatan air secara teratur
  • Selalu cek keseimbangan kadar air
  • Bersihkan area sekitar kolam renang
  • Buang kotoran yang ada di permukaan kolam renang setiap hari

Memiliki kolam renang memang bisa menambah kenyamanan bagi penghuni rumah. Akan tetapi, pastikan pilih desain kolam renang dalam rumah yang sesuai kebutuhan. Selain itu, pilih desain kolam renang yang bisa mendukung desain rumah Anda menjadi semakin bagus.