8 Desain Tangga Minimalis untuk Rumah Keluarga

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
8 Desain Tangga Minimalis untuk Rumah Keluarga

Memilih desain tangga yang cocok untuk rumah minimalis memang tidak mudah. Sebab, Anda perlu memperhatikan konsep ruangan dan membuat tangga tersebut tidak mengganggu nilai minimalis.

Kini, terdapat banyak pilihan model tangga yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan model interior rumah Anda. Untuk mengetahui berbagai model tangga, simak desain tangga minimalis cantik berikut ini!

Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis

Rumah minimalis memiliki prinsip yang tidak berlebihan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga, rumah ini memiliki berbagai furniture dan pelengkap yang ringkas dan sederhana. Berikut ini adalah berbagai inspirasi desain tangga rumah 2 tingkat yang bisa Anda gunakan di hunian minimalis:

1. Desain Tangga Modern Lurus

Desain Tangga Modern Lurus

Desain tangga rumah minimalis ini memang sangat klasik dan cocok menjadi favorit dari dulu hingga sekarang. Menariknya, Anda bisa memanfaatkan bagian bawah dari tangga tersebut sebagai lemari, etalase, atau bahkan gudang. Juga bisa didesain modern dengan berbagai material populer.

2. Desain Tangga Luar Rumah

Desain Tangga Luar Rumah

Tangga nyatanya tidak hanya dipasang untuk di dalam ruangan, tapi juga bisa di luar ruangan. Desain tangga luar rumah seperti ini digunakan pada rumah kost atau kontrakan. Tapi, Anda juga bisa menggunakannya untuk konsep rumah yang lebih unik. 

Baca Juga : 6 Ide Desain Rooftop Rumah Minimalis yang Estetik, Bikin Betah!

Untuk tangga luar, Anda bisa menggunakan material yang tahan terhadap perubahan cuaca. Misalnya dari beton, logam yang sudah dialasi material tahan panas, dan masih banyak lainnya.

3. Desain Tangga Kayu 

Desain Tangga Kayu

Tangga rumah simple satu ini sangat sederhana. Terkadang, keberadaan hand railing membuat ruangan terkesan penuh dan tentunya tidak cocok untuk ruangan sempit. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba menggunakan tangga tanpa handrailing. Atau bisa juga dengan menggunakan hand railing gantung atau kaca. Pastikan selaras dengan material kayu yang digunakan. Model tangga tanpa hand railing juga cocok untuk desain tangga minimalis ruang sempit.

4. Tangga Rumah Simple Berbentuk U

Tangga Rumah Simple Berbentuk U

 

Inspirasi berikutnya adalah dengan mendesain sebuah tangga untuk rumah berbentuk U. Desain berbeloknya sangat cocok diaplikasikan pada rumah minimalis. Untuk tangga berbentuk U, Anda bisa menyesuaikan dengan dimensi ruangan tersebut. Pastikan jangan terlalu memakan banyak ruangan.

5. Desain Tangga Besi Spiral

Desain Tangga Besi Spiral

Desain tangga kayu dengan bentuk spiral juga sangat cocok untuk rumah minimalis dengan konsep industrial, rustic, hingga modern. Bahkan, Anda bisa mendesain dengan arsitektur bergaya mewah. Bentuk spiral dapat mengoptimalkan ruang yang sempit karena bisa berbentuk vertikal.

6. Desain Tangga Minimalis Cantik dari Kaca

Desain Tangga Minimalis Cantik dari Kaca

Material yang saat ini sudah banyak digunakan untuk tangga adalah kaca. Tentunya ada spesifikasi kaca tertentu yang aman dan kuat untuk menopang berat tubuh. Anda juga bisa mengkombinasikan kaca dengan material lain.

Baca Juga : 6 Inspirasi Denah Rumah Mewah Impian Anda

Untuk bentuk tangga dari kaca memang sangat cocok berbentuk lurus. Sebab, akan menimbulkan kesan elegan tapi sederhana. Bahkan, tangga ini membuat ruangan terlihat lebih luas. Tangga dengan kaca ini cocok untuk desain tangga modern rumah Anda.

7. Desain Tangga Sederhana Split

Desain Tangga Sederhana Split

Jika Anda ingin memiliki tangga yang berbeda dengan yang lain atau tangga yang sering digunakkan di hotel maka tangga ini cocok Anda aplikasikan di rumah. Tangga split ini memiliki dua bagian tangga di bawah yang terhubung. 

8. Desain Tangga Besi

Desain Tangga Besi

Desain tangga yang berbeda dari yang lain adalah tangga besi. Umumnya, tangga besi diaplikasikan di luar rumah. Pastikan tangga besi memiliki lapisan coating supaya tidak licin dan berbahaya.

Itulah informasi seputar desain tangga yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Khususnya untuk rumah minimalis, tangga harus disesuaikan dengan dimensi ruangan. Tidak hanya tangga, Anda juga perlu memperhatikan furniture lainnya. 

Selain model tangga dan interiornya, ukuran tangga juga perlu diperhatikan. Ukuran tangga yang ideal yaitu antara 15-19 cm bagi orang dewasa dengan tinggi badan di atas 150 cm. Lalu, Lebar tangga yang ideal adalah minimal 29 cm- 33 cm.

Tangga dalam rumah bisa Anda didesain berbagai macam sesuai keinginan. Jadi, sekarang tidak perlu lagi bingung memilih desain tangga setelah mengetahui berbagai inspirasinya di atas.