Dalam Waktu Dekat, Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Segera Terhubung dan Melengkapi Struktur Jaringan JORR-2

Artikel ini terakhir di perbaharui August 1, 2023 by David Ashari
Dalam Waktu Dekat, Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Segera Terhubung dan Melengkapi Struktur Jaringan JORR-2

Pembangunan ruas tol baru ini dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Panjang ruas tol Cimanggis-Cibitung kurang lebih 26,18 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peningkatan aksesibilitas dan konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol sangat penting untuk kelancaran, keamanan, dan kenyamanan perjalanan. Menteri Basuki mengatakan bahwa Peningkatan kualitas jalan mendukung perkembangan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Ruas tol tersebut akan menjadi bagian dari jaringan jalan tol Jabodetabek yang telah memiliki Jalan Tol Lingkar Dalam dan Luar (JORR) I dan JORR-2 gabungan jalan tol Cibitung-Cilincing yang akan beroperasi penuh mulai April 2023.

Jalan Cimanggis-Cibitung terdiri dari dua bagian. Bagian 1A, yaitu. jalan tol Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km, telah beroperasi sejak 10 November 2020.

Pembangunan jalan tol ini telah dimulai pada Seksi I (pintu masuk/keluar Cimanggis – Jatikarya) gabungan jalan tol Cinere-Jagorawi dan Jagorawi.

Selain itu, pembangunan Seksi 2A sepanjang 3,50 km yaitu ruas Jatikarya-SS Cikeas, dan seksi 2B sepanjang 19,80 km yaitu ruas Cikeas-Cibitung. Progres konstruksi Seksi 2A adalah 98,16 tahun dan telah beroperasi sejak April 2023. Sementara itu, progres konstruksi Seksi 2B adalah 72,94 tahun dan diharapkan selesai pada kuartal IV tahun 2023.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways bertanggung jawab atas pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung. Jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan struktur JORR-2 yang menghubungkan antar tol di wilayah metropolitan Jabodetabek yang menjadi pusat kegiatan nasional. Tol ini juga menghubungkan Cibubur dengan tol Jagorawi dan menghubungkan dengan lima ruas tol JORR-2 lainnya. 

Tol Cimanggis-Cibitung akan menambah kapasitas jalan di empat wilayah, yakni Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Jalan tol ini tidak hanya menambah kapasitas jalan tetapi juga mempersingkat waktu tempuh. Sebelumnya, dibutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk menempuh perjalanan dari akses jalan Transyogi/Alternatif Cibubur melalui tol Jagorawi dan sebaliknya.

Namun, dengan menggunakan tol Cimanggis-Cibitung Seksi I, waktu tempuh bisa ditekan menjadi sekitar 5-10 menit. Tol ini juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dari tol Cikampek menuju Jakarta atau Bogor tanpa perlu lewat Jakarta.  

Adanya Tol Cimanggis-Cibitung yang membentang sepanjang 26,18 km akan memberikan manfaat yang besar bagi akses keluar masuk perumahan Linktown, salah satunya yaitu Linktown Munich Freesia yang berdekatan dengan tol ini. Penghuni perumahan akan merasakan kemudahan dalam melakukan perjalanan, karena ruas tol ini menyediakan akses yang lebih lancar dan cepat ke berbagai lokasi di area perkotaan dan pusat bisnis.