Nasihat Investasi Properti dari ‘Crazy Rich’ Jusuf Hamka: Beli Sekarang atau Nanti?

Artikel ini terakhir di perbaharui April 15, 2024 by David Ashari
Nasihat Investasi Properti dari ‘Crazy Rich’ Jusuf Hamka: Beli Sekarang atau Nanti?

Nasihat investasi properti dari ‘Crazy Rich’ Jusuf Hamka tentang kapan waktu yang tepat untuk membeli properti untuk jadi instrumen investasi. Bagi kebanyakan orang bermimpi untuk mempunyai rumah adalah salah satu pencapaian besar dalam hidup selain merupakan kebutuhan utama untuk mempunyai tempat tinggal.

Namun, seiring berjalannya waktu harga properti sekarang semakin tinggi. Memperoleh sebuah rumah tidaklah mudah karena harus mempunyai biaya yang tidak sedikit. Maka tak jarang bagi kebanyakan orang masih bingung untuk menentukan cara yang efektif untuk membeli rumah antara membeli rumah sekarang atau sewa hunian sambil menabung untuk membeli rumah nantinya. Menurut Jusuf Hamka, lebih baik segera membeli rumah dengan cara mencicil dengan KPR (kredit kepemilikan rumah) di banding sewa rumah dahulu sambil menabung untuk membeli rumah setelah biaya terkumpul.

Dikutip dari video reels instagram di akun @linktown.co.id Jusuf mengatakan “Ya cicil rumah lah dari sekarang. Itu kan juga merupakan tabungan daripada nabung terus nanti duitnya kepakai. Bilang nabung dulu terus duitnya kumpulin buat beli rumah, kan mendingan cicilan. Cicilan kan juga sama nabung di sana,”.Jusuf mengilustrasikan jika menunda untuk membeli rumah sekarang, maka biaya untuk di keluarkan akan semakin besar karena mengingat harga-harga sudah pasti naik karena adanya inflasi. Berbagai komponen untuk membangun rumah seperti semen, bata, hingga upah pekerja akan meningkat.

Oleh karena itu, beliau menyarankan untuk segera membeli rumah sebelum harga semakin mahal. Jusuf menyebut cara yang paling efektif untuk orang yang sudah berpenghasilan agar membagi setengah gajinya untuk biaya hidup dan separuh lagi untuk mencicil rumah. Selain itu, Jusuf juga mengatakan jika mencicil rumah lebih aman dan terjamin daripada harus menabung karena dapat mencegah resiko kehilangan uang tabungan.

“Pasti jauh lebih efektif karena kalau ditabungin, misalnya nabungnya aja banknya collapse, duitnya hilang dimakan setan. Tapi kalau dibeliin rumah, rumahnya udah pasti ada. Pelan-pelan rumah itu kita beli rumahnya dulu terus dandaninnya pelan-pelan,” ujarnya. Untuk mengisi rumah dengan prabotan Jusuf menyebutkan dan mencontohkan dari pengalamannya membeli rumah pertamanya agar membelinya dengan sedikit demi sedikit sambil mencicil rumah. “Saya dulu waktu beli rumah pertama kali tidurnya di kasur gulung saya, baru pelan-pelan beli ranjang. Gitu aja hidup mah simpel-simpel aja,” katanya.

Anda dapat membaca artikel lengkapnya di tautan ini di detik.com.