Bagaimana Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui April 16, 2024 by David Ashari
Bagaimana Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah? Simak Ini!

Cara membersihkan kompor gas yang tepat memang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien. Selain itu, kompor gas yang kotor juga tidak sedap dipandang bahkan dapat membuat api kecil meskipun sudah Anda besarkan.

Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas

Meskipun bagi sebagian orang membersihkan kompor gas menjadi aktivitas yang merepotkan. Akan tetapi, jika Anda sudah menemukan cara yang efisien maka hal tersebut menjadi suatu hal yang tidak merepotkan. Bahkan Anda dapat membersihkannya dengan mudah dan cepat. Nah, untuk metode cara membersihkan kompor gas berkarat adalah sebagai berikut!

Gunakan Cuka

Bahan pertama yang dapat Anda gunakan untuk  cara membersihkan kompor gas yang tersumbat yaitu dengan menggunakan cuka. Hal ini karena cuka dipercaya dapat mengangkat kotoran yang membandel, baik di sekitar maupun pada tungku kompor gas. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah.

Anda hanya perlu menyiapkan air sekitar 1 liter, kemudian masukan beberapa tetes cuka ke dalam air tersebut. Setelah itu, Anda dapat memasukkannya ke botol spray dan kocoklah hingga semua bahan tercampur. Apabila sudah yakin, maka Anda dapat menyemprotkannya ke noda yang membandel. 

Tunggulah, 15 menit sampai dengan 30 menit sampai akhirnya lemak dan kotoran akan luruh dengan sendirinya. Selain itu, hati-hatilah saat menyemprotkan cuka karena jika terkena kulit bisa menimbulkan efek samping. Bahkan jika terkena pada kulit yang sensitif, dapat membuat luka bakar kimia. Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi, gunakanlah sarung tangan yang aman.

Gunakan Soda Kue

Apabila cara membersihkan kerak pada kompor gas yang pertama Anda rasa kurang maksimal, maka dapat menggunakan soda kue. Bahan ini sendiri dipercaya dapat membersihkan dengan efektif sisa residu yang sulit untuk dibersihkan. Bahkan, Anda dapat membersihkan kerak pada kompor. Tidak hanya itu, soda kue juga dapat membersihkan kerak wajan sampai dengan mesin cuci.

Cara membersihkan kerak kompor dengan baking soda  sendiri, yaitu dengan mencampurkan soda kue dengan air secukupnya. Setelah itu, Anda dapat mengaduknya hingga semua bahan tercampur merata. Kemudian, oleskan pada bagian kompor yang memiliki noda membandel dan susah untuk dibersihkan.

Untuk lebih memudahkan, Anda dapat menggosoknya dengan sikat gigi yang memang sudah tidak terpakai. Apabila sudah di gosok,  usaplah dengan lap basah hingga bersih. Selain sikat gigi, Anda dapat menggunakan spon sebagai salah satu alat dalam cara membersihkan kerak kompor dengan sitrun.

Gunakan Produk Pembersih yang Memiliki Kandungan Lemon

Jika ingin lebih simpel lagi, maka Anda dapat membeli produk pembersih yang mengandung lemon. Namun, tidak semua pembersih ada kandungan tersebut. Dengan begitu, Anda harus memastikan bahan-bahan yang ada pada produk  secara detail. 

Selain itu, lemon diklaim dapat menjadi salah satu bahan yang mampu melarutkan noda dan minyak yang  menumpuk pada permukaan  kompor gas. Adapun cara membersihkan tungku kompor gas yang berkerak yaitu Anda hanya tinggal menyemprotkan produk pada noda yang membandel dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, Anda dapat menggosoknya dengan menggunakan sikat atau lap kecil.

Merendam Tungku Menggunakan Air Sabun

Tidak hanya permukaan kompor saja yang perlu dibersihkan. Anda juga perlu juga perlu menemukan  cara membersihkan tungku kompor gas yang berkerak sampai dengan bersih. Untuk caranya sendiri, Anda perlu mencopot dahulu tungkunya dan merendamnya dengan air sabun cuci piring yang sudah dicampurkan dengan air. Namun, jika ingin lebih maksimal, gunakan cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight.

Untuk durasi waktu merendamnya sendiri yaitu sekitar 2 sampai dengan 3 jam, bahkan jika perlu tungku dapat direndam hingga semalaman. Namun, jika hal tersebut belum berhasil membersihkan tungku, Anda dapat mengulangi cara di atas dengan beberapa kali.

Membersihkan Tungku Berkarat dengan Produk Khusus

Jika memang tungku kompor gas yang Anda miliki berkarat dan susah sekali untuk dibersihkan, maka cobalah untuk menggunakan produk khusus. Dimana produk tersebut memang khusus diperuntukkan membersihkan karat yang ada pada tungku kompor gas.

Selain itu, banyak orang yang merasa kesulitan untuk membersihkan bagian ini. Pasalnya, tungku kompor memiliki beragam model dan apabila modelnya cukup rumit, hal ini juga akan menyusahkan Anda nantinya.  Untuk membersihkan kompor gas tersumbat Anda hanya tinggal menyemprotkan cairan tersebut ke bagian tungku yang terdapat karatnya dan diamkan beberapa saat hingga karat berhasil luruh.

Menggunakan Lemon dan Soda

Apakah Anda memiliki kompor gas yang apinya kecil? Lalu berencana membeli yang baru? Sebelum itu, pastikan bahwa hal tersebut bukan karena kompor gas kotor atau kerak yang membandel. Pasalnya, kotoran ternyata dapat menyumbat corong api pada kompor gas.

Nah, hal tersebut lah yang menyebabkan api malah kecil meskipun sudah dibesarkan. Untuk cara membersihkan kompor gas biar apinya besar, Anda dapat langsung memasukan perasan lemon dan soda. Kemudian, oleskan pada noda yang membandel dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, gosoklah noda tersebut  menggunakan sikat gigi, spons, dan lain sebagainya.