Inilah Arti Suara Lemparan Kerikil di Atap Rumah

Artikel ini terakhir di perbaharui February 21, 2024 by David Ashari
Inilah Arti Suara Lemparan Kerikil di Atap Rumah

Pernah tidak Anda mendengar suara lemparan kerikil di atap rumah? Jika iya, maka ada beberapa makna mengapa hal tersebut terjadi. Meskipun sebenarnya, hal ini sering dikaitkan dengan adanya serangan santet  atau hal yang berbahaya yang akan menimpa penghuni oleh sebagian orang.

Arti Adanya Suara Lemparan Kerikil di Atap Rumah

Sebenarnya suara lemparan kerikil di atap rumah malam hari bisa terdengar pada siapa saja. Bahkan mungkin hampir semua orang mengalaminya. Namun, Anda jangan panik dulu karena bisa jadi itu bukanlah karena adanya bahaya. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan mengenai makan suara lemparan kerikil yang ada di atap!

Pertanda Adanya Binatang

Suara ledakan di atap rumah pertanda,   bisa jadi karena adanya binatang. Hal ini pun diungkapkan oleh Ustaz Syam yang menyatakan bahwa kedatangan binatang buas bisa saja terjadi karena ketidaksengajaan. Sehingga bisa jadi, binatang tersebut sedang tersesat atau kebetulan saja. 

Namun,  hal ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa saja binatang tersebut berbahaya. Terutama jika hewan tersebut adalah biawak atau ular yang cukup besar. Dengan begitu, sebaiknya untuk mengecek sumber suara dengan hati-hati.

Tanda Sihir

Selain mengungkapkan kemungkinan adanya binatang biasa, Ustadz Syam juga mengungkapkan bahwa bisa jadi suara berisik di atap rumah malam hari  itu adalah pertanda sihir yang dapat  merusak dan dikirim pada malam hari. Pasalnya, kita tidak pernah tahu siapa saja orang yang memiliki iri dengki atau hasad dengan kita, bukan? 

Bahkan bisa jadi hal ini pun dilakukan oleh orang-orang terdekat Anda. Dengan begitu, penting sekali untuk berdzikir sebelum tidur, pagi, maupun sore hari. Selain itu, pastikan pula untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur. Sehingga, jika terdengar suara pasir, maka bisa jadi menurut Islam ini adalah pertanda sihir.

Jin Muslim

Suara lemparan kerikil di atap rumah menurut Islam bisa jadi itu adalah pertanda adanya jin muslim. Menurut beberapa sumber riwayat, Ustadz Syam mengatakan  bahwa jin muslim itu berada di atap rumah manusia. Mereka juga, biasanya makan saat manusia makan dan mereka juga akan membaca Alhamdulillah setelah usai makan. 

Selain itu,  beberapa sumber mengatakan bahwa salah satu makanan jin muslim adalah tulang belulang yang sudah dimakan oleh manusia. Dengan begitu, Ustad Ayam melarang manusia untuk mengunyah makanan hingga ke tulang-tulang daging yang dimakan. 

Pertanda santet

Pertanda ini sebenarnya paling umum diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.  Dimana jika suara pasir di atap rumah, bisa jadi itu adalah pertanda adanya kiriman santet atau hal lainnya yang akan membahayakan penghuni rumah. Meskipun begitu, Anda diharapkan untuk tidak panik saat mendengarnya. Pasalnya, jika Anda panik bisa jadi Anda akan melakukan hal yang bahkan membahayakan diri Anda.

Tikus atau Kucing

Suara benda jatuh di dalam rumah bisa jadi itu adalah bukti keberadaan dari tikus dan kucing. Pasalnya, seperti yang diketahui kadang tikus bersarang di atap rumah, sehingga jika kucing sedang mencari makan, maka ia akan menyerang markas tikus. Sehingga menimbulkan berbagai macam suara di atap rumah. 

Terutama hal ini sering terjadi saat malam hari karena kedua hewan tersebut memang sangatlah aktif saat malam hari. Apalagi jika tikus tersebut memiliki anak. Dengan begitu, tidak heran apabila sering terdengar seperti suara benda jatuh di atas. 

Makhluk Halus

Konon katanya saat terdengar adanya suara orang berjalan di atap rumah, itu menandakan bahwa adanya aktivitas dari mahluk halus. Namun, biasanya mahluk halus tersebut sudah lama berada di dalam hunian. Tidak hanya itu saja, umumnya timbulnya suara ini sendiri tanpa disengaja oleh mahluk halus tersebut. 

Namun, bisa jadi karena mereka ingin menunjukan eksistensinya kepada manusia. Terutama jika, di rumah yang biasanya tenang kemudian tiba-tiba menjadi ramai dengan durasi waktu yang cukup panjang.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mendengar Suara Kerikil di Atap

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat mendengar suara bunyi ledakan di atap rumah. Sehingga dapat membantu perasaan Anda menjadi lebih tenang. Adapun hal tersebut adalah sebagai berikut!

Berusaha Tenang

Saat mendengar suara tersebut, usahakan untuk mengendalikan pikiran. Sehingga tidak memikirkan ke hal lain dulu atau hal-hal yang nantinya akan membuat Anda menjadi tenang.   Misalnya, Anda memikirkan hal yang menyenangkan, makanan yang Anda sukai, liburan ke tempat favorit, dan lain sebagainya.

 Anda juga dapat minum air teh hangat atau menghidupkan aroma terapi sehingga membantu dan memudahkan perasan tenang pada diri Anda. Dengan begitu, pikiran tidak akan terfokus pada suara-suara yang timbul di atap tersebut.

Membaca Doa

Selain berusaha tenang, Alangkah baiknya bila Anda juga perlu membaca doa ketika mendengar suara ledakan di atap rumah dan meminta pertolongan sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih tenang. Adapun doanya tersebut adalah sebagai berikut!

“Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzubika min syururihim”. Yang memiliki arti: “Ya Allah sesungguhnya kami menyerahkan leher mereka kepada (kekuasaan)-Mu dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan-kejahatan mereka.”

Suara kerikil di atap rumah siang hari maupun malam hari memiliki makna yang beragam. Sehingga banyak kemungkinan yang akan terjadi. Baik itu karena adanya hewan buas, pertanda adanya sihir, dan lain sebagainya.  Dengan begitu, Anda tidak perlu panik dahulu.