5 Inspirasi Lampu Plafon Rumah, Murah dan Estetik!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 20, 2023 by David Ashari
5 Inspirasi Lampu Plafon Rumah, Murah dan Estetik!

Salah satu cara untuk mempercantik rumah adalah dengan menggunakan lampu plafon rumah. Anda akan dengan mudah menemukan jenis lampu plafon rumah di pasaran. Untuk mendapatkan kesan minimalis, Anda memerlukan sebuah sentuhan simple dengan cara memasang lampu plafon modern seperti lampu gantung atau downlight. Gunakan lampu yang tepat untuk rumah minimalis 

Macam-Macam Variasi Lampu Plafon Rumah

Saat ini beragam variasi lampu plafon rumah beredar di pasaran. Sehingga tentunya akan menarik minat Anda untuk membuat desain lampu plafon rumah. Rumah minimalis dengan pencahayaan yang baik akan menambah kesan elegan. Berikut ini rekomendasi lampu plafon rumah minimalis.

1. Lampu Kotak

lampu kotak
gambar diambil dari pinterest

Sebagian orang memilih lampu kotak sebagai centerpiece untuk menghias lampu plafon ruang tamu atau ruang keluarga. Hal tersebut dilakukan karena lampu menghasilkan cahaya yang lebih besar. Jenis lampu plafon rumah ini biasanya dipadukan dengan lampu LED Roll. 

Untuk menambah kesan minimalis, pilih desain lampu kotak yang simpel dengan nuansa warna hitam putih atau warna bening. Selain kotak, lampu centerpiece ini memiliki bentuk bulat menonjol. Namun pilihlah tekstur dan ukiran yang bentuk sederhana.

2. Lampu LED Panel

led panel lampu untuk plafon
gambar diambil dari pinterest

Salah satu jenis lampu plafon rumah minimalis yang banyak diminati masyarakat adalah lampu LED Panel. Lampu ini memiliki bentuk tabung atau bulan dengan hasil cahaya yang tersembunyi. Model lampu plafon dengan cahaya yang tersembunyi ini khas dengan tema minimalis.

Karena posisi lampu ditanam dalam plafon, maka cahaya akan memancar pada lantai, plafon, dan dinding. Semua ruangan cocok menggunakan lampu ini karena langit-langit terkesan lega.

Untuk mengaplikasikan lampu LED plafon gypsum ini biasanya bukan hanya satu titik namun bisa sampai 6 titik atau sesuai kebutuhan. Sehingga lampu led plafon rumah minimalis ini akan menghasilkan cahaya yang mengelilingi ruangan.

3. Lampu Hias

lampu hias gantung
gambar diambil dari pinterest

Selain model lampu plafon rumah dengan nuansa cahaya yang tersembunyi (recessed lighting), terdapat pula jenis lampu hias. Untuk menggunakan lampu plafon rumah minimalis terbaru ini, rumah Anda harus memiliki ketinggian antara langit-langit dan lantai sekitar 4 meter.

Hal tersebut dilakukan karena memiliki tujuan agar rumah Anda tidak terkesan sempit. Sebaiknya Anda memilih lampu dengan desain sederhana. Selain itu, Anda harus menyesuaikan dengan perabot yang terdapat dalam ruangan.

Pilih lampu plafon gypsum yang digantung dengan bentuk chandelier atau geometri minimalis dan terdapat bohlam bulat sekitarnya. Jadi Anda jangan ragu untuk bermain menggunakan lampu hias. Lampu hias memiliki model simple sehingga cocok untuk digunakan sebagai lampu plafon rumah minimalis.

4. Lampu LED Sorot Downlight Plafon

lampu sorot downlight
gambar diambil dari pinterest

Rekomendasi lampu plafon rumah yang selanjutnya adalah lampu LED Sorot Downlight Plafon. Biasanya jenis lampu ini cocok digunakan untuk showroom, supermarket, kantor, maupun rumah minimalis.

Selain itu, lampu ini memiliki berbagai varian warna yang dapat Anda pilih seperti natural white, white, dan warm white. Lampu ini juga memiliki daya 7 watt sehingga menghasilkan cahaya terang dan cocok digunakan untuk ruangan gelap.

5. Lampu Plafon Dinding

lampu dinding
gambar diambil dari pinterest

Selanjutnya Anda dapat menggunakan lampu plafon dinding. Lampu ini cocok dipasang pada ruang tamu, kamar tidur, atau taman. Untuk pemasangannya ditempatkan pada dinding ruangan maupun plafon rumah. Selain itu, dengan menggunakan lampu ini akan memberikan nuansa industrial. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi lampu plafon rumah yang dapat Anda jadikan inspirasi. Pilih lampu sesuai dengan kondisi rumah Anda agar memberikan pencahayaan yang tepat.