Inspirasi Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2023 by David Ashari
Inspirasi Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Ada banyak inspirasi ucapan selamat ulang tahun islami yang dapat Anda gunakan untuk merayakan hari spesial orang tersayang. Baik itu keluarga, sahabat, pasangan, anak, hingga diri sendiri. Sebagai salah-satu bentuk kado terbaik yang bernilai di momen bahagia, meski bukan berupa barang berharga.

Pasalnya ucapan tersebut biasanya mengandung harapan yang menjadi do’a untuk diaminkan. Oleh karena itu, yuk tunggu apa lagi simak inspirasi ucapan selamat ulang tahun secara islami berikut di bawah ini!

Apa saja ucapan Selamat Ulang tahun Islami

Ucapan selamat ulang tahun islami yang mungkin tidak asing lagi Anda dengar adalah perkataan “Barakallah Fii Umrik”. Dimana yang artinya semoga Allah memberkahi umurmu dan secara umum dapat Anda gunakan untuk semua kalangan usia. Namun, jika Anda ingin mengucapkan perkataan yang lebih khusus kepada seseorang, cek inspirasinya sebagai berikut!

Ucapan Ulang Tahun dalam Islam untuk Keluarga

Mungkin seringkali Anda merasa kebingungan ketika ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada salah-satu anggota keluarga. Seperti kepada ayah, ibu, atau saudara-saudara yang selama ini tidak terbiasa mendapat ucapan selamat ulang tahun. Sehingga karena keterbiasaan yang tidak biasa itu membuat Anda bingung harus mengucapkan apa.

Nah, sekarang Anda tidak perlu merasakan hal itu, cukup pilih inspirasi ucapan berikut yang dirasa mewakili hati. Diantaranya ucapan selamat ulang tahun islami untuk ibu, seperti perkataan di bawah ini :

  • Salaman wa sururon Ibu … Barakallah fii umrik wa hayatik, lekas segala harapanmu terwujud dan bantu aku untuk selalu mampu mengukir senyuman diwajahmu
  • Terima kasih telah hadir sampai detik ini saat aku berkata, “ayah selamat menua yang semakin bertaqwa ya, jangan lupa bahagia.”
  • Akan selalu ada hari dimana aku mengingat semua kata, tanpa terkecuali tentang perayaan kecil yang dipersiapkan bagimu dalam menyambut usia barumu Kak, baik-baik ya jangan jadi tua menyebalkan dan semoga semakin sholeh/hah
  • Untuk adek yang terlalu menyebalkan tapi tetap aku sayang, barakallah fii umrik dedek dan semoga sehat selalu, panjang umur, ingat kuat-kuat imannya ya jangan nyebelin!
  • Barakallahu untuk kakek yang hari ini berulang tahun, semoga dengan bertambahnya usia kakek menjadi pribadi lebih baik, sayang sama cucu-cucunya dan bahagia selalu
  • Barakallahu untuk nenek yang selalu jadi pelindung aku setelah ayah dan ibu, semoga dengan usia nenek sekarang semakin damai hidupnya

 Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Sahabat

Adapun inspirasi ucapan selamat ulang tahun islami untuk sahabat yang dapat Anda gunakan secara umum bisa menggunakan kata lebih ramah. Namun, contoh ucapan selamat ulang tahun untuk sahabat islami yang dapat Anda coba pakai diantaranya :

  •     Happy Milad untuk sahabat terbaik aku, lekas diberkahkan usianya, semoga segala mimpinya tercapai, dan jangan lelah jadi orang baik
  •     Barakallah fii umrik bagi sahabat yang selalu menjadi pendengar terbaik aku, semoga semakin rajin ibadah dan belajarnya, banyak uang, ingat bukankah kita mau glow up bareng ya hehe
  •     Mabruk Alfa Mabruk Yaumiladik Mabruk, Selamat hari milad kawan, apapun yang menjadi aminmu saat ini semoga terjawab di titik terbaik
  •     Barakallahu untuk angka usia yang barumu kawan, semoga panjang umur dan sehat sehat selalu ya, supaya kita bisa eksplor dunia luas ini bareng-bareng
  •     Mabruk alfa mabruk, selamat ulang tahun bestie, lekas semakin bertambah angka usianya juga imannya semakin kuat
  •     Barakallah fii umrik untuk kamu sahabat aku, di hari spesial ini lekas semua do’a yang diam-diam kamu langitkan terjawab setepatnya dan secepatnya menurut Allah

Doa Ulang Tahun Islami untuk Anak

Sebagai orang tua pasti Anda selalu ingin memberi yang terbaik kepada anaknya, tanpa terkecuali untuk sebuah kata ucapan selamat ulang tahun. Anda pasti ingin memberi ucapan yang mampu diingat oleh ia sebagai kata-kata paling berkesan dalam hidupnya. Sebagaimana inspirasi ucapan selamat ulang tahun islami untuk anak berikut.

Termasuk ucapan ulang tahun islami untuk anak perempuan yang siapa tahu menjadi referensi Anda. Apalagi Anda hanya memiliki seorang anak perempuan. Jadi, Anda dapat menggunakan salah-satu ucapan selamat ulang tahun islami untuk anak di bawah ini :

  • Teruntuk permata hati, Bunda. Barakallah fii umrik sayang, terus jadi anak yang soleh/solehah ya, terima kasih telah hadir di tengah kehidupan sampai detik sekarang
  • Adanya kamu merupakan dunia baru bagi ibu, jadi ketika angka usiamu bertambah artinya ibu juga masuk dalam babak baru. Dengan melihat bagaimana dirimu yang terus bertumbuh. So, mabruk alfa mabruk anak yang selamanya akan terlihat kecil di mata ibu, meski perlahan usiamu mulai beranjak
  • Kamu pernah bilang, bahwa ingin memesan kata dari mamah yang selamanya dapat kamu bungkus dalam ingatan. Dimana hari itu justru malah tidak dapat memberikannya, karena setiap kali ucapan, harapan mamah masih sama, semoga kamu tumbuh menjadi anak baik yang soleh/solehah

 Ucapan Ultah Islami untuk Suami atau Istri

Tidak sedikit ada beberapa pasangan yang mengabadikan momen bagaimana cara mereka merayakan ulang tahun satu sama lain melalui media sosial. Entah itu sekadar ucapan maupun tindakan act to service kepada pasangan. Contohnya ucapan selamat ulang tahun untuk suami atau istri yang inspiratif.

Seperti ucapan selamat ulang tahun islami untuk suami misalnya, “Barakallah fii umrik imamku, penyempurna agamaku, duniaku, semoga di usia kamu yang sekarang semakin baik di segala hal.” Sementara contoh ucapan selamat ulang tahun islami untuk istri diantaranya, “Teruntuk rumahku dan surga bagi anak-anak aku, selamat bertambah usia, barakallah fii umrik wa barakallahu fii hayatik, jangan jadi tua yang cerewet ya.”

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kata-kata lain dari contoh ucapan selamat ulang tahun buat istri islami barusan. Selamat mencoba!

Ucapan Ulang Tahun untuk Teman Islami

Inspirasi berikutnya adalah ucapan selamat ulang tahun untuk teman islami yang juga dapat Anda gunakan. Ketika ingin memberi sebuah ucapan islami selamat ulang tahun kepada seseorang. Contohnya teman satu pengajian di majlis yang sama.

Di hari kelahiranmu ini coba kamu tutup mata, lalu ucapkan permohonan dan aku akan coba memanjatkan doa kepada Allah Swt agar semua keinginan terkabul, barakallah fii umrik yaaa kamu

Jangan bosan selalu mengingatkanku ya, termasuk hari miladmu hehe … barakallahu sayang dan semoga Allah senantiasa menjagamu

Doa terbaik untukmu untuk keberkahan usia yang baru, teman … MasyaAllah tabarakallah

Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Perempuan

perempuan merupakan makhluk yang sangat identik dengan perasaan. Jadi tidak heran jika perempuan seringkali berhasil membuat ucapan ulang tahun islami yang menyentuh hati. Adapun contoh ucapan ulang tahun islami untuk perempuan diantaranya :

Miladuki sa’idy ya, semoga berkah dan senantiasa menjadi orang jauh lebih baik lagi versi dirimu”

Sementara contoh ucapan ulang tahun islami untuk laki-laki yang siapa tahu menjadi inspirasi bagi Anda antara lain, “Selamat menua, ya akhi barakallah fii umrik wa hayatik. Lekas di usiamu sekarang kamu mengerti tentang sejatinya belajar menjadi laki-laki.”

Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Diri Sendiri

Mengucapkan selamat ulang tahun kepada diri sendiri merupakan hal yang sudah seharusnya Anda lakukan. Mengingat ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bentuk ucapan tersebut. Seperti manifesting terhadap diri sendiri. Pasalnya tidak ada istilah ucapan selamat ulang tahun untuk pacar islami.

Terkecuali pacar yang Anda maksud adalah pasangan halal seperti suami istri. Namun, apabila Anda belum menikah dan berharap mendapat ucapan selamat ulang tahun dari pacar islami maka jangan harap. Lebih baik ucapkan sendiri, contohnya yaitu :

Barakallah fii umrik buat diriku yang sudah berjuang. Dari kadang-kadang alim tiba-tiba lalim, tapi untuk semua itu barakallahu fii hayatik. Semoga di usia baru yang sekarang aku semakin kuat imannya, jangan aneh-aneh ya diri dan segala harap lekas terjawab di waktu sebaik-baiknya.”

Doa untuk Orang Ulang Tahun yang Menyentuh Hati

Adapun do’a untuk orang ulang tahun yang menyentuh hati antara lain :

Tidak semua orang dapat merasakan betapa berharganya usia karena berbagai alasan. Namun, yang pasti sebab mereka tidak begitu menyadari bahwa kemungkinan hari esok tidak dapat ditemui kembali. Jadi, untuk usiamu yang sekarang barakallah fii umrik ya … Dengan bertambahnya angka ini, lekas kamu dapat memaknainya dengan baik. Bukan tentang hari ini saja, melainkan bagaimana usiamu kedepannya.”

Kedelapan inspirasi ucapan selamat ulang tahun islami ini tentu bisa Anda dimodifikasi kembali. Entah itu dengan menambahkan beberapa ungkapan atau hanya mengambil sebagian katanya saja. Semoga bermanfaat!