Pelaksanaan Tol Serbaraja, Akses ke Linktown Tanakayu Makin Strategis

Artikel ini terakhir di perbaharui July 20, 2023 by David Ashari
Pelaksanaan Tol Serbaraja, Akses ke Linktown Tanakayu Makin Strategis
Pembangunan Tol Serbaraja. Pekerja menggunakan alat berat menyelesaikan pembangunan jalan tol Serpong - Balaraja (Serbaraja) di Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (16/2/2022). Tol Serbaraja sepanjang 39,4 km itu akan terkoneksi dengan sejumlah jalan tol lainnya sehingga meningkatkan konektivitas menuju Jakarta dan Merak. Proyek jalan tol ini ditargetkan selesai pada 2024. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Tol (BPJT) bekerja sama dengan Badan Usaha Tol (BUJT) sedang melakukan pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbajaja) yang membentang sepanjang 39,4 kilometer. Proyek ini juga dikenal sebagai Serbaraja. 

Pembangunan Tol Serbaraja berperan penting dalam meningkatkan konektivitas dan perekonomian masyarakat Banten, Jakarta dan sekitarnya. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol Serbaraja tidak hanya akan memudahkan akses ke wilayah Jakarta, tetapi juga menghubungkan Merak dan Lampung karena menghubungkan dengan Balaraja, pintu gerbang tol Tangerang-Merak.

Tol Serpong-Balaraja terkoneksi dengan beberapa tol lainnya, antara lain Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 1 dan Tol JORR 2.  Rencananya, Jalan tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) akan memiliki 8 Simpang Susun (SS) yang akan menjadi akses baru dari Serpong hingga Balaraja.

Perkiraan Waktu Selesai Tol Serbaraja Selesai Dikerjakan

Proyek pembangunan Tol Serpong-Balaraja sedang dikerjakan ditargetkan akan selesai pada tahun 2024. Jalan tol ini juga akan memiliki pintu tol di Aeon Mall BSD. Jalan tol Serpong-Ulujami akan terhubung dengan beberapa jalan tol lainnya, seperti Jalan Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2. Panjang total jalan tol Serbaraja mencapai 39,80 kilometer dan diharapkan dapat menjadi penghubung akses baru dari Serpong hingga Balaraja. 

Delapan Simpang Susun (SS) tersebut akan membuka akses baru dari Serpong hingga Balaraja, meliputi SS CBD, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa. Tol Serbaraja akan berfungsi sebagai penghubung wilayah Barat Jakarta, terutama antara Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, dengan harapan dapat meningkatkan konektivitas menuju Jakarta dan Merak.

Panjang Tol Serbaraja

Jalan tol Serbaraja memiliki panjang total sekitar 39,8 kilometer dan akan menjadi penghubung antara wilayah kota Tangerang Selatan dengan Jakarta dan Merak.

Exit Tol Serbaraja

Exit tol Serbaraja yang telah ditentukan akan berada di beberapa lokasi, yaitu BSD City 1 (AEON Mall), BSD City 2 (Kawasan Industri), BSD City 3 (Residential), Legok, Citraraya, dan Balaraja.

Proyek pembangunan Tol Serbaraja terdiri dari tiga seksi dengan total investasi sekitar Rp14,37 triliun dan biaya konstruksi sekitar Rp6,17 triliun. Seksi I (BSD–Legok) memiliki panjang 9,3 kilometer, seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) memiliki panjang 11,5 kilometer, dan seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) memiliki panjang 18,6 kilometer.

Skema pembiayaan pembangunan tol ini merupakan contoh dari kerjasama dengan pihak swasta untuk mendukung program pemerintah dalam membangun jaringan jalan bebas hambatan. Targetnya adalah agar keseluruhan konstruksi jalan tol ini selesai pada tahun 2024. Saat ini, pembangunan Jalan Tol Serbaraja dikelola oleh BUJT PT Trans Bumi Serbaraja yang sedang menyelesaikan Seksi 1A sepanjang 5,15 kilometer yang terdiri dari tiga paket pekerjaan.

Lokasi Linktown Tanakayu

Linktown Tanakayu merupakan sebuah kompleks perumahan yang terletak di BSD yang aksesnya akan sangat dekat dengan tol Serbaraja. Segera miliki hunian modern dan eksklusif Linktown Tanakayu dan dapatkan akses yang strategis untuk meningkatkan mobilitas.