Rekomendasi Jenis Pintu Rumah, Mana Favorit Anda?

Artikel ini terakhir di perbaharui February 15, 2024 by David Ashari
Rekomendasi Jenis Pintu Rumah, Mana Favorit Anda?

Jenis pintu rumah itu beragam, sehingga Anda  dapat menyesuaikannya dengan desain rumah. Selain itu, jenis pintu pun dapat menambah keindahan rumah. Dengan begitu, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

 

Rekomendasi Jenis Jenis Pintu Rumah

Ada beberapa jenis pintu rumah yang dapat Anda gunakan. Sehingga cocok dengan desain maupun bentuk rumah yang akan Anda huni. Untuk jenisnya sendiri adalah sebagai berikut!

Pintu Kayu

Jenis pintu rumah minimalis ini paling sering digunakan oleh banyak orang. Hal ini karena material dari pintu tersebut mudah sekali untuk ditemukan. Selain itu, pintu ini pun dapat digunakan untuk berbagai ruangan dalam rumah. 

Bahkan selain mudah ditemukan, finishing dari pintu ini ternyata dapat membuat kesan estetis pada sebuah ruangan. Pintu ini memiliki dua jenis, yaitu solid engineering dan solid. Untuk pintu solid yaitu yang digunakan untuk eksterior atau ulama. Sementara untuk pintu solid engineering biasanya digunakan untuk pintu interior atau di dalam.

Pintu Panel

Jenis pintu ini sendiri menjadi salah satu model yang sering digunakan untuk model rumah yang jadul. Sehingga menjadi jenis pintu kedua terbanyak yang banyak digunakan oleh orang Indonesia setelah pintu kayu. Selain itu,jenis pintu depan rumah pun cenderung murah. Adapun keunggulan dari pintu jnk sendiri yaitu desainnya yang cukup fleksibel. Kamu juga dapat membentuk variasi dari berbagai sisi. Baik itu ukuran, desain, bentuk, maupun menambahkan kaca pada panel.

Pintu Fiberglass

Untuk jenis pintu ini sendiri terbuat dari bahan dasar kasa dan memiliki material yang aman, ringan, serta kuat. Selain itu, bentuknya pun menyerupai anyaman. Tidak hanya itu, tingkat insulasi dari jenis pintu ini pun terbilang cukup tinggi.

Sehingga membuatnya tangguh dalam menghadapi cuaca yang ekstrim. Anda pun dapat memvariasikan pintu ini sehingga tampilannya menjadi lebih indah. Pintu ini dapat Anda gunakan untuk kebutuhan eksterior maupun interior.

Pintu Kaca

Selain memiliki sentuhan yang cukup sederhana dan cocok untuk digunakan sebagai jendela. Ternyata material ini pun cocok untuk Anda gunakan sebagai material pintu. Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir dengan privasi Anda. 

Pasalnya, Anda dapat menambahkan kaca sandblast yang akan menjadikan tampilan kaca menjadi buram. Dengan begitu, pemandangan di dalam ruangan tidak akan terlihat. Anda dapat menggunakan pintu ini sebagai pintu utama atau pintu menuju taman di luar rumah.

Pintu Baja

Jenso ini memiliki bahan yang tahan lama dan kuat. Sehingga tidak heran banyak orang yang memilih jenis pintu rumah satu ini. Tidak hanya itu, orang-orang menyukai jenis pintu ini karena memang mudah sekali untuk dipasang. Hal ini terjadi karena bahannya memang efisien dalam konstruksi. Terlebih memang material satu ini dapat membuat Anda merasa tenang karena akan terbebas dari rayap. Anda dapat menggunakan jenis pintu satu ini untuk bagian utama karena desainnya cukup menonjol.

Pintu Aluminium

Untuk jenis pintu rumah modern memiliki material yang tidak disukai oleh hewan rayap. Sehingga aman dari gangguan tersebut. Selain itu, bahan dari jenis pintu ini sendiri pun memang tahan terhadap iklim Indonesia. Sehingga tidak heran apabila dijadikan salah atau pintu terbaik yang masyarakat Indonesia sukai. Biasanya, jenis pintu satu ini digunakan untuk gudang maupun kamar mandi. Pasalnya, karakteristik nya kurang cocok untuk digunakan pintu eksterior.

Pintu PVC

Jenis pintu satu ini terbuat dari bahan plastik yang sering ditemukan pada pipa atau tangki air. Selain itu, pintu ini pun menjadi salah satu pilihan banyak orang. Hal ini karena harganya yang cukup terkenal dengan pasaran harga terjangkau. Sehingga siapapun dapat memiliki jenis pintu ini untuk digunakan di rumahnya. 

Adapun kepanjangan dari njjama PVC adalah Poly Vinyl Chloride. Biasanya pintu satu ini digunakan untuk pintu kamar mandi. Pasalnya, jenis pintu ini memiliki sifat tahan terhadap cuaca yang ekstrim apabila digunakan diluar.  Tidak hanya itu saja, desain dari pintu ini pun dianggap kurang stylish. Sehingga kurang cocok apabila digunakan sebagai pintu utama dalam hunian.

Pintu Pelipit

Pintu satu ini sebenarnya jarang digunakan di dalam rumah. Pasalnya, kebanyakan digunakan untuk kebutuhan ternak. Meskipun begitu, bukan berarti pintu satu ini tidak cocok untuk Anda jadikan pintu di hunian. Pasalnya, menurut sebagian ahli, jenis pintu rumah ini sendiri dapat menghadirkan daya tarik yang tidak bisa diberikan oleh jenis pintu lainnya. Sehingga dapat menjadikan tampilan rumah menjadi unik.

Pintu uPVC

Jenis pintu satu ini memiliki bahan yang lebih kuat daripada material dari PVC. Adapun kepanjangan dari uPVC yaitu Unplasticized Polyvinyl Chloride. Hal ini terjadi karena  proses dari unplasticized membuatnya menjadi kaku, tetapi memiliki daya tahan yang kuat. 

Tidak hanya itu, material satu ini sering juga digunakan dalam badan pesawat terbang. Sehingga dapat dikatakan, jika bahannya satu ini memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap perubahan cuaca dan tahan air. Dengan begitu, sangat cocok untuk digunakan sebagai pintu depan di rumah.

 

Cara Memilih Jenis Pintu

Seperti yang sudah dibahas, dimana jenis pintu memiliki karakteristiknya tersendiri. Sehingga penting untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda dapat menemukan jenis pintu yang sesuai dengan keinginan Anda. Adapun dalam memilih pintu seperti ini ada beberapa opsi. Adapun antara lain yaitu,

Memilih desain yang cocok

Pastikan kamu menilai terlebih dahulu desain mana yang cocok dengan hunian Anda. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan pintu untuk taman di belakang rumah. Maka bisa jadi, pintu yang cocok untuk Anda gunakan yaitu uPVC karena memiliki daya tahan yang cukup kuat dan kokoh.

Memilih material yang berkualitas

Jangan sampai Anda memilih jenis pintu yang hanya memiliki keindahan dari luar saja. Namun, nyatanya tidak memiliki daya tahan yang bagus. Pasalnya, pintu yang seperti itu akan cepat sekali rusak.

Mempertimbangkan keamanan

Setiap pintu memiliki bahan utama nya sendiri. Sehingga Anda perlu memastikan bahwa pintu yang akan digunakan untuk hunian itu memiliki keamanan yang baik. Misalnya, Anda ingin menggunakan pintu dari kayu. Maka pastikan, bahwa jenis kayu yang digunakan memiliki daya tahan yang bagus dan sudah cat anti rayap. 

Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Selain terbuat dari berbagai macam material, pintu pun memiliki aneka macam ukuran. Sehingga penting untuk Anda gunakan yang seusia dengan ukuran ruangan. Misalnya, jika ukuran ruangannya kecil, menggunakan ukuran yang kecil juga.

Jenis pintu rumah yang dapat Anda gunakan antara lain yaitu pintu kayu, pintu kaca, uPVC, PVC, Plipit, dan lain sebagainya. Selain itu, pilih lah jenis pintu yang memang sesuai dengan kebutuhan hunian Anda.