12 Inspirasi Smart Lock Door, Solusi Modern untuk Rumah Anda!

Artikel ini terakhir di perbaharui August 18, 2023 by David Ashari
12 Inspirasi Smart Lock Door, Solusi Modern untuk Rumah Anda!

Teknologi rumah berbasis digital tengah mendapat popularitas yang meningkat, termasuk kunci pintar atau smart lock door yang mampu dikontrol melalui perangkat smartphone. Selain memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, penggunaan smart door lock juga membawa unsur praktisitas yang lebih besar. 

Namun, penting untuk mempertimbangkan perbandingan antara berbagai metode penggunaannya sebelum Anda membuat keputusan. Silakan baca informasi smart  lock door terbaik selengkapnya di bawah ini!

Panduan Memilih Smart Door Lock

Smart door lock adalah sistem kunci pintar yang dirancang untuk memberikan akses yang lebih canggih dan aman ke pintu masuk suatu bangunan, seperti rumah atau kantor. Sistem ini memanfaatkan teknologi seperti sidik jari, kartu RFID, kode PIN, atau bahkan konektivitas Bluetooth atau Wi-Fi untuk mengontrol akses ke pintu, menggantikan penggunaan kunci fisik konvensional.  

Ketika ingin melakukan pembelian smart door lock, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Simak panduannya berikut:

1. Pilihlah Produk yang User-Friendly

Pilihlah produk yang praktis dalam penggunaannya untuk orang yang tinggal sendiri di properti, disarankan untuk memilih pintu yang sederhana dan user-friendly. Jenis produk ini memungkinan Anda untuk mengunci dan membuka pintu melalui aplikasi dengan mudah. Anda dapat pasang smart door lock yang User-Friendly untuk kemanan yang praktis.

2. Perhatikan dengan Cermat Fitur yang Disediakan

Jika Anda mengutamakan tingkat keamanan yang tinggi, Anda bisa memilih pintu otomatis yang menyediakan sejumlah fitur. Mulai dari PIN, pengenalan sidik jari, hingga penggunaan kartu akses untuk membuka pintu. Selain itu, pintu otomatis juga bisa memiliki fitur notifikasi baterai, penguncian otomatis, dan penggunaan kata sandi palsu (fake password) untuk mencegah pembobolan PIN.

3. Amati dengan Seksama Fungsionalitasnya

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini. Beragam jenis pintu otomatis tersedia di pasaran, termasuk yang dilengkapi pegangan dan yang tidak. Jika Anda menggunakan pintu geser, sebaiknya pilih model pintu yang tidak memerlukan pegangan. Dengan tanpa pegangan, pintu akan terlihat lebih elegan dan nyaman digunakan.

11 Rekomendasi Smart Door Lock Terbaik 

Dalam panduan ini, kami akan memperkenalkan Anda pada 11 rekomendasi smart door lock terbaik yang beragam, memberikan Anda pandangan mendalam tentang opsi yang ada untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan rumah atau kantor Anda. Dari merek-merek terkenal hingga fitur-fitur canggih, kami akan membantu Anda menjelajahi dunia smart door lock yang menarik dan berpotensi membawa pengalaman yang lebih baik dalam mengamankan pintu masuk Anda.

1. Samsung P718

Keunggulan dalam kualitas dan daya tahan menjadi ciri khas yang melekat pada produk-produk Samsung, seperti pada pintu pintar seri P718. Harga smart lock door berikut adalah sekitar Rp7.599.000. Fitur-fitur yang telah ditanamkan pada Samsung P718 mencakup sistem anti-panik, mode penguncian otomatis/manual, alarm perampokan, sensor pendeteksi kebakaran, serta kunci darurat mekanis sebagai opsi alternatif. Pilihan ini sangat sesuai bagi mereka yang memberikan prioritas tinggi pada aspek keamanan untuk tempat tinggal mereka.

2. Hafele PP8100

Rekomendasi berikutnya dalam kategori smart door lock berasal dari perusahaan Jerman, yaitu Hafele. Salah satu produk terpopuler dari merek ini adalah Smart Door Lock PP8100. Kunci pintu digital unggulan dari Hafele ini telah dibekali dengan berbagai fitur, termasuk fungsi verifikasi ganda, mode pertahanan, serta kombinasi kata sandi master dan pengguna untuk lapisan keamanan tambahan. Semua keunggulan ini tersedia dengan harga sekitar Rp5.800.000. Smart door lock pintu ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan desain yang sederhana tetapi tetap memberikan performa kunci pintu digital terbaik.

3. Paloma DLP 2101

Bagi mereka dari Property People yang tengah mencari opsi terbaik untuk smart door lock yang memiliki fitur anti pencurian, maka Paloma DLP seri 2101 bisa menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. Di samping memiliki perlindungan anti maling yang canggih, kunci pintu otomatis ini juga telah dilengkapi dengan pegangan tahan anak untuk menghindari pintu terbuka dengan mudah oleh anak-anak. Smart door lock Paloma ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp2.952.000. Jika di rumah Property People terdapat anak-anak, maka digital door lock Paloma ini adalah solusi yang tepat.

Baca juga: 200 Nama Panggilan Sayang untuk Pacar yang Unik, Lucu, Romantis, dan Tidak Lebay

4. Keylock L5000

Produk utama dari Keylock, yang memiliki reputasi serbaguna, adalah kunci pintu digital. Seri L5000 dari Keylock tidak hanya berfungsi sebagai kunci, melainkan juga memiliki kemampuan untuk mencatat kehadiran. Smart lock door terbaik ini dihargai mulai dari Rp2.440.000. Pilihan yang sesuai bagi mereka yang menginginkan kunci pintu digital unggul dengan mutu tinggi namun dengan harga yang terjangkau.

5. Bardi Smart Home Door Lock

Dengan desain yang anggun dan dilengkapi teknologi tahan air IP54 yang sangat handal, produk yang dihasilkan oleh Bardi hadir sebagai solusi untuk meningkatkan keamanan di rumah. Penghuni properti dapat membuka pintu menggunakan sistem sidik jari dengan kapasitas hingga 20 pengguna, serta fitur penggunaan kata sandi, kartu RFID, dan sistem kunci otomatis. Harga smart door lock bardi dimulai dari Rp2.000.000. Produk ini sangat cocok untuk dipilih dalam hunian yang memiliki risiko terpapar air hujan.

6. Arbit Wifi Door Lock

Didukung oleh teknologi motor double protection dan sistem password anti penyadapan, produk buatan Arbit mampu memberikan tingkat keamanan yang ditingkatkan dua kali lipat. Pintu kunci pintar ini tersedia dengan harga dimulai dari Rp1.800.000. Produk ini sangat ideal bagi individu yang menginginkan tingkat keamanan ganda.

7. Arbit Smart Bluetooth Door Knob

Dalam perbedaan dengan produk sebelumnya, kunci pintar ini sudah dilengkapi dengan konektivitas bluetooth, memungkinkan pengoperasian melalui smartphone secara langsung. Ukuran yang sangat kompak juga membuat pintu rumah menjadi lebih sulit untuk ditembus. Dengan pengeluaran sebesar Rp1.700.000, Anda sudah bisa memiliki produk ini. Produk ini sangat cocok bagi individu yang menginginkan efisiensi dalam penggunaan.

8. EcoLux Smart Fingerprint

Dijual dengan harga Rp1.098.000, EcoLux Smart Fingerprint menawarkan berbagai fitur lengkap yang mendorong tingkat keamanan yang tinggi. Fitur-fitur ini mencakup double lock, sidik jari, smart touchpad, baterai darurat, serta sertifikasi IP55 yang menjamin ketahanan terhadap air dan debu. Produk ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan kunci pintu digital berkualitas tinggi dengan berbagai fungsi.

9. Kadonio L632 Smart Lock 

Jika Anda mencari merek smart lock door yang sangat populer, maka pilihan tepat adalah Kadonio L632. Kunci pintu digital terbaik ini bisa digunakan dari kedua sisi, telah dilengkapi dengan mode tamu, dan dilengkapi dengan deadbolt untuk menjaga privasi. Kadonio L632 dikenal luas karena kualitasnya yang baik dan harganya yang terjangkau, dengan harga mulai dari Rp1.051.000. Produk ini sangat sesuai jika Anda menginginkan tingkat privasi yang tinggi di dalam rumah.

Baca juga: 8 Cara Hemat Listrik di Rumah yang Wajib Anda Ketahui

10. Avaro SL01 

Avaro SL01 merupakan pilihan utama untuk kunci pintu digital yang memiliki harga ekonomis, dimulai dari Rp999.000. Merk smart door lock terbaik ini menyuguhkan kualitas terbaik dengan berbagai keunggulan. Termasuk di dalamnya adalah remote unlock, sistem keamanan dengan PIN, kartu, dan sidik jari, serta perlindungan terhadap air (waterproof). Produk ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki smart door lock berkualitas tinggi dengan beragam sistem keamanan.

11. YRHand Smart Home Handle

Jika Anda sedang mencari smart door lock terbaik dengan anggaran terbatas, solusinya adalah produk dari YRHand! Dengan desain futuristik dan tingkat keamanan yang kuat, Anda bisa mendapatkan kunci pintu otomatis dari YRHand dengan harga hanya Rp621.000. Produk ini sangat sesuai bagi mereka yang menginginkan kunci pintu digital berkualitas dengan harga yang terjangkau.

12.  Smart Door Lock Dekkson

Smart door lock Dekkson merupakan solusi pintu pintar yang ditawarkan oleh merek Dekkson. Produk ini menggabungkan teknologi modern dengan sistem pengamanan untuk memberikan kemudahan dan keamanan dalam mengendalikan akses ke rumah atau bangunan. Dengan smart door lock Dekkson, Anda dapat membuka atau mengunci pintu dengan cara yang lebih praktis, seperti menggunakan sidik jari, kartu RFID, kode PIN, atau bahkan melalui aplikasi smartphone. Harga smart door lock dekkson mulai dari 1.7000.0000.

Kelebihan Menggunakan Smart Door Lock

Selain meningkatkan nuansa elegan pada hunian dan memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi pada rumah Anda, inilah kelebihan lain penggunaan smart door lock:

  1. Pengamanan Bangunan Lebih Praktis 

Dengan sebutan kunci pintar atau kunci otomatis, perangkat ini dapat memberikan perlindungan terhadap bangunan atau rumah Anda tanpa memerlukan kunci fisik seperti kunci konvensional. Selain itu, masalah umum yang sering dihadapi adalah lupa membawa atau kehilangan kunci saat dalam perjalanan. Situasi ini bisa sangat merepotkan karena Anda mungkin harus mencari bantuan untuk membuka pintu rumah. Namun, dengan menggunakan kunci pintar, Anda tidak perlu membawa barang apa pun untuk membuka pintu. 

  1. Tingkat Keamanan yang Lebih Tinggi 

Tidak seperti kunci konvensional di mana penghuni rumah mungkin tidak menyadari jika pintu telah dibobol oleh pencuri, penggunaan kunci pintar otomatis akan segera memberi tahu Anda jika ada usaha pembobolan yang terjadi. Kunci pintar akan mengaktifkan alarm jika ada upaya paksaan terhadap pintu rumah oleh pelaku kejahatan. 

  1. Menambah Nilai Bangunan 

Pemasangan kunci pintar tidak hanya meningkatkan keamanan rumah, tetapi juga memberikan nilai tambah pada bangunan tersebut, baik dari segi nilai properti, gaya hidup, maupun estetika rumah. Bangunan yang dilengkapi dengan sistem kunci pintar biasanya memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan kunci konvensional.

Kekurangan Menggunakan Smart Door Lock

Seperti teknologi lainnya, penggunaan smart door lock juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan seperti:

  1. Ketergantungan pada Teknologi

Smart door lock mengandalkan teknologi seperti sensor, baterai, dan konektivitas jaringan. Jika terjadi gangguan listrik atau masalah teknis, Anda mungkin menghadapi kesulitan untuk membuka atau mengunci pintu.

  1. Potensi Kerentanan Keamanan

Meskipun smart door lock dirancang untuk meningkatkan keamanan, teknologi ini juga rentan terhadap risiko keamanan siber. Jika sistem tidak diatur dengan baik atau memiliki kerentanan keamanan, hacker mungkin dapat mencoba meretas dan mengakses pintu Anda secara ilegal.

  1. Keterbatasan Fungsionalitas

Beberapa model smart door lock mungkin memiliki fitur terbatas dibandingkan dengan kunci fisik konvensional. Pengguna harus terbiasa dengan operasi dan fungsionalitas yang berbeda, serta memahami cara mengelola akses untuk orang lain.

Demikianlah beberapa saran pilihan kunci pintu pintar terbaik dan berkualitas. Pemasangan kunci pintar dapat membuat pengamanan rumah terasa lebih praktis dan efisien. Selain itu, pintu depan yang dipasangi kunci pintar juga bisa meningkatkan tampilan estetika bangunan. Pastikan untuk memperoleh smart lock door yang memiliki kualitas dan daya tahan yang baik. Semoga bermanfaat!