Kumpulan Doa Menempati Rumah Baru & Artinya dari Al-Quran dan Hadis Shoheh

Artikel ini terakhir di perbaharui August 8, 2023 by David Ashari
Kumpulan Doa Menempati Rumah Baru & Artinya dari Al-Quran dan Hadis Shoheh
Photo by Tara Winstead: https://www.pexels.com/photo/a-person-holding-a-black-letters-8383473/

Doa saat menempati rumah baru merupakan tradisi yang harus diucapkan ketika seseorang akan pindah ke rumah baru. Konon, nenek moyang dulu percaya bahwa pindah rumah harus mematuhi aturan tertentu agar terhindar dari marabahaya dan mendapatkan keberuntungan di tempat baru.

Oleh karena itu, banyak yang meyakini adanya aturan khusus saat pindah ke rumah baru, salah satunya adalah mengadakan syukuran dan pengajian sambil berdoa untuk mendapatkan berkah dan keamanan di rumah baru dari gangguan jin. Untuk itu, berikut ini dzikir dan doa menempati rumah baru serta adab pindah rumah yang patut diperhatikan.

Bacaan Doa Menempati Rumah Baru dari Al-Quran

Doa saat menempati rumah baru bertujuan agar penghuninya terlindungi dari marabahaya dan gangguan makhluk halus. Beberapa masyarakat percaya bahwa rumah baru, terutama yang telah lama kosong, sering dihuni oleh makhluk tak kasat mata. Oleh karena itu, sebagai penghuni baru, Anda dianjurkan untuk mengamalkan doa khusus menempati rumah baru yang terdapat dalam Alquran. Berikut adalah beberapa amalan dan doa menempati tempat baru dapat diikuti:

  1.  Membaca Surat Al-Baqarah 

Membaca Surat Al-Baqarah: Rasulullah menganjurkan untuk membaca surat al baqarah untuk menempati rumah baru agar rumah tersebut tidak menjadi tempat yang sunyi dan terhindar dari gangguan setan. Surat Al-Baqarah dianggap sebagai puncak Al-Quran dan doa selamatan rumah ini akan membawa berkah dan keberkahan ke dalam rumah. (Hadist: HR. Hakim)

  1. Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29 

Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29: Ayat-ayat dalam Surat Al-Mu’minun ayat 28-29 mengajarkan untuk bersyukur atas keberkahan yang Allah berikan pada rumah sebagai tempat tinggal. Amalan ini bisa diawali dengan membaca Surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali pada pagi dan sore hari.

  1. Membaca Surat Al-Ikhlas 

Membaca Surat Al-Ikhlas: Jika Anda tidak bisa melaksanakan amalan di atas, membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali juga dianjurkan. Bacaan ini diyakini dapat membuka pintu rejeki, tidak hanya bagi penghuni rumah tetapi juga tetangga di sekitarnya.

Tiga surat dalam Alquran di atas adalah amalan yang bisa dijalankan saat menempati rumah baru. Diharapkan bahwa doa ini akan memberikan perlindungan dari segala gangguan dan membawa berkah bagi penghuninya. Penting untuk rutin membaca doa ini setiap hari agar selalu mendapat keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baca juga: Feng Shui Rumah yang Bisa Datangkan Hoki, Wajib Tahu!

Kumpulan Doa Menempati Rumah Baru dari Hadits Shoheh 

Pindah ke rumah baru adalah pencapaian yang menyenangkan. Walaupun proses pindah dan beres-beres mungkin membuat lelah, namun semua usaha tersebut terbayar ketika rumah telah dirancang sesuai dengan desain yang diinginkan. Rumah yang sesuai dengan keinginan tidak hanya memberikan kepuasan visual, tetapi juga menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuninya merasa betah.

Selain dari aspek visual, rasa nyaman di dalam rumah juga dapat diperkuat dengan rutin mengerjakan ibadah di sana. Termasuk di antaranya adalah mengamalkan sekumpulan doa khusus untuk menempati rumah baru. Apa saja doa syukuran menempati rumah baru tersebut?

  1. Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Abu Daud

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, seseorang yang berharap mendapatkan kebaikan atas rumah dan tempat tinggalnya dapat mengucapkan doa berikut ini.

 “Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.”

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud).

Bertawakal adalah amalan yang dapat dijalankan dengan selalu menyebut nama Allah. Saat akan masuk atau keluar rumah, disarankan untuk mengucapkan doa minimal basmalah atau menyebut nama Allah.

  1. Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Imam Muslim 

Hadist Imam Muslim menjelaskan bahwa ketika seseorang memasuki rumah baru dan membaca doa yang ditentukan, dia akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah. Doa ini memberikan rasa aman dan keberkahan dalam rumah yang baru dihuni.

“A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR. Imam Muslim).

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”, niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

Doa ini tidak hanya ditujukan untuk mereka yang akan menempati rumah baru, tetapi juga bisa digunakan ketika seseorang akan menempati rumah kontrakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

  1. Doa Menempati Rumah Baru Menurut Hadis Anas Bin Malik

Anas bin Malik meriwayatkan hadist yang menjelaskan tentang doa khusus saat menempati rumah baru bersama keluarga, harta, dan anak-anak yang harus dijaga dengan penuh keberkahan dan perlindungan dari Allah.

“Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.”

Artinya: “Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.” (HR. Anas bin Malik).

Baca juga: Apa Itu Rumah Tusuk Sate? Simak Keuntungan, Fakta & Mitosnya!

Doa Masuk Rumah Baru Pertama Kali 

Ketika seseorang akan menempati rumah baru, dianjurkan untuk melaksanakan dua hal yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pertama, mengucapkan doa berikut ini: 

“A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq” yang artinya “Aku berlindung dengan nama-nama Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang Dia ciptakan”.

Anjuran untuk berdoa ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dimana Khaulah Binti Hakim RA melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menempati rumah dan ketika masuk mengucapkan ‘a’udzu bikalimatillahi al-taammaati min syarri maa khalaqa’, maka tidak akan ada sesuatu pun yang mencelakainya hingga dia meninggalkan rumah tersebut”.

Doa ini juga berlaku bagi seseorang yang menginap saat bepergian atau menempati rumah untuk tinggal dalam jangka waktu lama, baik itu rumah miliknya sendiri atau rumah yang disewa. Selain doa di atas disunnahkan juga berdoa dengan doa ini. 

Allahumma innii asaluka khara al-maulaja wa khaira al-makhraja, bismillahi walajna bismillahi kharajna, wa ‘ala allahi rabbina tawakkalnaa”. 

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepadamu sebaik-baiknya tempat masuk dan sebaik-baiknya tempat keluar, dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami berserah diri”.

Doa yang telah disebutkan sebelumnya tidak hanya khusus untuk saat menempati rumah baru dan memasukinya untuk pertama kali, tetapi sebaiknya diucapkan setiap kali masuk rumah dan keluar.

Kedua, ketika menempati rumah atau tempat tinggal baru, juga dianjurkan untuk membaca surah Al-Baqarah untuk mengusir dan menjaga rumah dari keburukan dan setan yang terkutuk. Nabi telah menyatakan bahwa rumah yang tidak pernah dibacakan ayat Alquran akan menjadi seperti kuburan. Anjuran ini berdasarkan hadis berikut.

“Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al-Baqarah”. (H.R. Muslim)

Baca juga: Catat! Inilah Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah Menurut Fengshui

Adab Memasuki Rumah Baru

Doa-doa yang penting untuk diingat dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah doa ketika masuk rumah, doa ketika makan, dan doa ketika keluar rumah. Meskipun terlihat sepele, namun doa-doa ini memiliki manfaat luar biasa dalam menjaga diri dari gangguan setan dan mendapatkan keberkahan.

  1. Baca Doa Ketika Masuk Rumah 

Ketika masuk rumah, hendaknya selalu mengingat Allah dengan mengucapkan doa. Dari hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa ketika seseorang mengingat Allah saat masuk rumah dan saat makan, setan akan merasa tidak punya tempat untuk mengganggu dan merasa kehilangan kesempatan. Namun, jika seseorang masuk rumah tanpa mengingat Allah, setan akan merasa senang dan mencoba mengganggu.

  1. Baca Basmalah Ketika Tutup Pintu 

Selain itu, saat akan menutup pintu, juga sebaiknya menyebut nama Allah dengan doa Basmalah. Dari hadis yang sama, Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk menutup pintu dan menyebut nama Allah, karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup dengan menyebut nama Allah.

  1. Berdoa Ketika Keluar Rumah

Ketika keluar rumah, hendaknya juga mengucapkan doa yang singkat namun penuh makna, yaitu “Bismillahi, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”, yang artinya “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah”. Dalam hadis yang sama, dinyatakan bahwa siapa yang keluar rumah sambil membaca doa ini, akan diberi petunjuk, cukup rezeki, dan dilindungi oleh Allah. Setan pun tidak akan bisa mengganggu orang yang telah mendapat hidayah, rezeki, dan perlindungan dari Allah.

Itulah kumpulan doa dan amalan menempati rumah baru. Semoga kumpulan doa di atas dapat memberikan manfaat dan menjadi panduan yang berguna bagi Anda. Selamat menempati rumah baru dan semoga rumah baru membawa berkah!