Apa Saja Kegiatan Natal yang Seru dan Penuh Khidmat Dengan Keluarga? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 13, 2023 by David Ashari
Apa Saja Kegiatan Natal yang Seru dan Penuh Khidmat Dengan Keluarga? Simak Ini!

Kegiatan Natal memang sering menjadi salah satu hal yang dapat memeriahkan hari besar tersebut. Jika kamu merasa bingung untuk mengenai kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh anggota keluarga lainnya sehingga jauh lebih khidmat.  Maka beberapa rekomendasi aktivitas ini dapat dilakukan oleh kamu dan keluarga.

Rekomendasi Kegiatan Natal Bersama Keluarga

Tentunya tidak hanya menyiapkan konsep acara natal saja, tetapi kamu pun perlu menyiapkan kegiatan apa saja yang nantinya akan dilakukan. Selain itu, kegiatan tersebut pun dapat membangun tali persaudaraan jauh lebih erat. Adapun untuk kegiatannya sendiri adalah sebagai berikut!


  •     Membaca Alkitab mengenai kisah natal

Kau dapat membangun suasana rumah yang hangat ditunjang dengan dekorasinya. Sehingga orang-orang yang berada di dalam rumah akan merasa lebih nyaman. Selain itu, kamu pun dapat mengadakan kegiatan malam natal yaitu baca alkitab mengenai kisah natal.  Kamu juga dapat memberikan Alkitab  khusus anak-anak kecil. Dengan begitu, anak-anak yang hadir dapat merasa tertarik terhadap hal tersebut.


  •     Membuka Hadiah Natal

Tentunya momen ini menjadi salah satu sesi yang paling banyak disukai atau digemari oleh anak-anak. Bahkan kegiatan ini pun menjadi salah kegiatan hari besar natal di setiap keluarga yang ada di Amerika Serikat dna telah menjadi tradisi. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan momen ini sebagai hal sangat istimewa.


  •     Menunggu Kedatangan Santa

Kegiatan ini menjadi salah satu contoh kegiatan natal yang paling umum dilakukan karena sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, bahkan di beberapa negara. Biasanya, para nenek atau kakek akan menggunakan kostum sinterklas yang bertujuan untuk menghibur si Kecil.

Tidak hanya itu saja, mereka pun biasanya akan membawa sekarung hadiah natal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak.  Sehingga tidak heran apabila kegiatan ini menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak.


  •     Membuat Kue Natal

Ide acara natal remaja  yang dapat kamu coba yaitu membuat kue natal. Selain aktivitas ini dapat membantu orang tua yang sedang menyiapkan sajian untuk sarapan maupun makan malam. Bahkan jika perlu, nantinya Anda membuat perlombaan mengenai kategori ini. 

Anda dapat membuat beraneka ragam  lomba. Seperti hanya mendekorasi rumah, memasukan bahan-bahan, dan lain sebagainya. Termasuk didalamnya membuat kue natal bareng anggota keluarga lainnya.


  •     Menghiasi Rumah Bersama-sama

Untuk membuat di dalam rumah lebih nyaman, kamu dan anggota keluarga lainnya dapat membersihkan rumah terlebih dahulu. Kemudian nantinya jika selesai, kamu dapat  menghiasi rumah dengan nyaman.  

Dari mulai menghiasi pohon natal, dinding, pintu, dan lain sebagainya. Bahkan jika memang perlu, silahkan untuk melakukan cat ulang pada rumah. Kegiatan ini menjadi lebih seru apabila dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.


  •     Lomba Kostum

Kegiatan ini cocok sekali untuk lomba natal untuk pemuda maupun anak-anak. Selain itu, kegiatan ini pun tidak kalah seringnya dengan sesi tukar kado.  Bahkan kegiatan ini hampir mirip  dengan  Halloween. Meskipun begitu, kegiatan ini pun terbilang cukup seru. Jika ingin menggunakan cara ini, maka siapkan pula kebutuhan lainnya seperti kostum dan lain sebagainya.


  •     Menghias Kue Rumah Jahe

Rumah jahe merupakan salah satu icon dan makanan yang identic dengan hari natal. Apabila kamu ingin seru-seruan barengan dengan anggota lainnya. Maka silahkan untuk membeli kue ini sejak lama dan  kegiatan saat natal ini menjadi salah satu yang direkomendasikan. Apabila sudah  siap, maka saatnya untuk mendekorasi  kue tersebut secara bersama-sama.


  •     Opera Natal

Kegiatan natal yang menarik ini memang sering dilakukan  beberapa komunitas gereja dan lain sebagainya. untuk kegiatan ini sendiri meliputi menari, menyanyi, akting, dan lain sebagainya. Sehingga kamu maupun anggota keluarga lainnya dapat menyesuaikan peran ataupun karakter yang sesuai dengan kebutuhan..


  •     Bermain Game Bersama

kegiatan di hari natal  selanjutnya yaitu bermain game, selain menggunakan game digital, kamu pun dapat menggunakan game yang tradisional. Dimana hal tersebut tidak kalah seru dengan menggunakan game digital.


  • Membuat Kartu Ucapan Natal versi Keluarga

Apakah kamu merasa kartu identitas yang ada terasa begitu saja? Maka, kamu dapat menambahkan kesan yang mendalam pada kartu ucapan tersebut. Sehingga nantinya lebih berkesan saat penerima kartu mendapatkannya.

Kamu dapat mewarnai atau menambahkan ornamen lainnya pada kartu ucapan tersebut.  Hal ini pun dapat menjadi salah satu kegiatan bersama dengan anak-anak kecil. mereka nantinya dapat menulis kartu ucapan tersebut menggunakan tulisannya, menggambar, dan lain sebagianya.

Kegiatan natal diantaranya adalah membaca alkitab mengenai kisah natal, membuka hadiah, opera natal,  menghias kue natal, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan pula untuk rumah dalam keadaan bersih dan hal ini dapat Anda lakukan h-1 sebelum hari natal.