Yuk, Intip Rekomendasi Tempat Wisata Bogor yang Menarik dan Ramah di Kantong!

Artikel ini terakhir di perbaharui January 26, 2023 by
Yuk, Intip Rekomendasi Tempat Wisata Bogor yang Menarik dan Ramah di Kantong!

Bogor yang selama ini dikenal sebagai kota hujan kerap dijadikan rujukan wisata bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang haus akan liburan. Bagaimana tidak, Jakarta yang sudah sumpek dan macet tidak memungkinkan lagi untuk dibangun wisata alam yang sejuk menyegarkan. Alhasil, warga Jakarta pun memilih kota Bogor sebagai jujugan saat berlibur. Itulah mengapa banyak tempat wisata Bogor yang recommended untuk dikunjungi.

Salah satu kawasan wisata di Bogor yang paling terkenal adalah Puncak Bogor. Saat musim liburan tiba, ada ribuan mobil dari Jakarta yang bergerak menuju tempat wisata Puncak Bogor untuk menghirup udara segar dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, masih ada banyak lagi tempat wisata di Bogor yang murah, instagrammable, dan juga menarik untuk dikunjungi. Mana saja?

Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Murah Meriah

Berikut merupakan tempat wisata di Bogor yang murah meriah untuk dikunjungi bersama keluarga dan pasangan:

1. Kampoeng Salaka

Untuk Anda yang mencari tempat wisata Bogor yang murah namun sejuk, Kampoeng Salaka adalah pilihan yang tepat. Di Kampoeng Salaka, Anda bisa melihat indahnya kota Bogor dari ketinggian. Kampoeng Salaka dapat menjadi jujugan yang tepat ketika Anda sedang penat di ibu kota.

Lokasi Kampoeng Salaka berada di Desa Sukajaya, Tamansari, Bogor. Dari pusat kota Bogor, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit untuk menuju ke Kampoeng Salaka. Posisi Kampoeng Salaka berada di lereng pegunungan sehingga view yang ditampilkan sungguh menawan. 

Terdapat banyak taman dan juga spot foto instagramable yang tersaji di sini. Terdapat juga lampu-lampu di malam hari yang membuat foto yang dihasilkan di spot-spot tersebut menjadi lebih menarik. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat wisata Bogor ini adalah mulai pukul 7 pagi hingga 10 malam. Tak perlu khawatir, Anda hanya dikenakan HTM sebesar Rp 10.000/orang saja untuk memasuki tempat wisata ini. Terjangkau bukan?

2. Taman Kencana

Tempat wisata Bogor yang murah meriah lainnya adalah Taman Kencana. Taman Kencana merupakan spot yang asyik untuk nongkrong dan kulineran. Dulunya taman ini bernama Van Imhoff Plein yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1917. Kemudian setelah diambil alih oleh pemerintah Indonesia pasca kemerdekaan, taman ini berganti nama menjadi Taman Kencana. Itulah mengapa terdapat sisa-sisa arsitektur Eropa dari bangunan taman ini.

Taman Kencana terletak tidak jauh dari Kebun raya Bogor. Taman ini merupakan taman hijau terbuka yang sangat sejuk untuk dinikmati. Terdapat banyak spot tempat duduk yang bisa dinikmati oleh para pengunjung baik di pagi maupun sore hari. Selain duduk dan nongkrong, Anda bisa mengajak keluarga dan teman untuk menikmati berbagai macam kuliner dengan cita rasa Eropa di sini, seperti Lasagna, Macaroni Panggang, Pie, Cupcakes, dan lain sebagainya.

3. Museum Etnobotani

Bosan dengan aneka taman dan spot foto? Anda bisa mengunjungi Museum Etnobotani. Ini merupakan museum yang menyimpan berbagai macam koleksi tumbuhan dengan etnografi di Indonesia. Etnobotani berasal dari 2 kata, yaitu ‘etno’ yang berarti etnis dan ‘botani’ yang artinya tumbuhan.

Di Museum Etnobotani terdapat kurang lebih 2.000 artefak yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Beberapa koleksi yang tersimpan di museum ini antara lain alat musik, pakaian tradisional, mainan, alat musik, alat pertanian, dan lain sebagainya yang terbuat dari tanaman. Museum ini terbilang cukup unik sehingga sangat layak untuk dikunjungi bersama keluarga. Harga tiket masuk ke museum ini sangat murah, yaitu Rp 5.000 saja.

4. Taman Wisata Matahari

Berikutnya, rekomendasi tempat wisata Bogor yang direkomendasikan adalah Taman Wisata Matahari. Taman ini tergolong tempat rekreasi keluarga yang terbesar dan terlengkap di Puncak Bogor. Berlokasi di tepi Jalan Raya Puncak km 77 Cilember, Cisarua, Bogor, taman wisata ini menghadirkan arena hiburan yang sejuk dipandang, rindang, dan juga mengasyikkan.

Taman Wisata Matahari hadir dengan 40 wahana yang bisa dinikmati, terdiri dari Wisata Air, Wisata Permainan, Wisata Edukasi, dan juga Wisata Petualangan. Tempat wisata Bogor ini dibangun guna meningkatkan pengetahuan serta wawasan dilengkapi dengan hiburan bagi pengunjung dan lingkungan sekitar. Harga tiket masuk ke Taman Wisata Matahari dibanderol Rp 60.000 saja.

5. Curug Cibaliung

Jika Anda ingin menikmati wisata petualangan yang seru dan segar, maka Curug Cibaliung bisa menjadi pilihan. Tempat wisata Curug Cibaliung terletak di kawasan Sentul, Bogor yang tidak terlalu jauh dari ibu kota. Curug atau air terjun Cibaliung menawarkan pemandangan alam yang indah, asri, sejuk, dan menyenangkan.

Terdapat juga berbagai spot foto yang apik sehingga layak untuk mengabadikan momen di sini. Air terjun yang terdapat pada Curug Cibaliung sangat jernih, namun alirannya deras. Terdapat bebatuan berukuran besar di dekat air terjun yang membuat curug ini semakin menyejukkan mata.

Tidak perlu khawatir, terdapat fasilitas yang cukup memadai jika Anda ingin mandi di curug ini, seperti kamar mandi dan tempat ganti. Terdapat juga warung dan tempat parkir sehingga memudahkan bagi Anda yang ingin berwisata di sini. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda cukup membayar Rp 15.000 per orang saja.

6. Taman Wisata Mekarsari

Apakah Anda pecinta buah-buahan? Jika iya, Taman Wisata Mekarsari sangat cocok untuk Anda kunjungi. Tempat wisata Bogor ini memiliki 1.470 jenis buah-buahan. Jumlah pohon yang tertanam di lokasi ini adalah sekitar 10.000.

Uniknya Anda bisa memilih buah yang Anda sukai kemudian memetiknya sendiri. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana permainan yang tersedia di sini. Mulai dari banana boat, aqua bike, hingga floating donut yang seru dan menarik. Bagi Anda yang hobi camping, tempat wisata ini juga juga menyediakan family camp dengan biaya yang terjangkau.

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata Bogor yang bisa Anda kunjungi. Selain ramah di kantong, tempat wisata ini juga menyajikan berbagai wahana yang menarik, sejuk, dan instagrammable. Selamat berkunjung!