Bingung Cari Ide Bisnis Modal Kecil? Coba Ini Yuk!

Artikel ini terakhir di perbaharui March 15, 2024 by David Ashari
Bingung Cari Ide Bisnis Modal Kecil? Coba Ini Yuk!

Ide bisnis modal kecil ini menjadi salah satu inspirasi buat Anda yang ingin mulai berjuang. Namun, tidak ingin keluar uang banyak untuk modal. Bahkan ada beberapa usaha yang bisa Anda geluti di rumah saja. Sehingga dapat menekan biaya operasional.

Ide Bisnis Modal Kecil

Bisnis yang dimulai dengan modal kecil, bukan berarti tidak akan berkembang dengan baik. Pasalnya, bisnis berkembang atau tidak, itu tergantung dari pengelolaan dan strategi yang diterapkan oleh pemilik usaha. Nah, inilah beberapa usaha kecil kecilan untuk pemula yang bisa kamu lakukan hanya dengan modal minim.

Salon Rumahan

Apakah Anda memiliki skill dalam melayani, merawat, maupun merias orang lain? Jika iya, maka  ide usaha makanan modal kecil satu ini menjadi salah satu ide yang tepat untuk Anda coba. Pasapnya, nantinya Anda dituntut untuk merawat, merias, hingga memotong rambut pelanggan.

Namun, jika Anda belum memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Maka dapat mengikuti berbagai pelatihan  make up hingga kemampuan dalam hairstylist. Nah, kabar baiknya untuk memulainya, tidak perlu  menyewa ruko atau space untuk membuka salon. 

Pasalnya, Anda dapat mencobanya di rumah saja. Bahkan natinya, dapat menyediakan jasa layanan untuk datang ke rumah.  Tidak hanya itu saja, akan lebih menguntungkan apabila Anda membuka jasa untuk WO beserta dengan make up pengantin.

Dropshipper

Apabila kamu tidak ingin mengeluarkan modal sama sekali kecuali kuota? Maka ide usaha di kampung ini menjadi salah satu ide yang tepat. Selain itu, Anda juga tidak perlu stok barang sehingga tidak perlu khawatir barang tidak laku.

Untuk produknya sendiri beragam, dari mulai  baju, handuk, makanan, alat elektronik, hingga perabotan. Untuk sistemnya sendiri, Anda hanya perlu memastikan bahwa produk dipasarkan dengan tepat. Baik itu melalui sosial media maupun dari mulut.

Nantinya, Anda akan memesan barang yang konsumen pesan kepada penjual. Sehingga Anda tidak perlu mengurus soal packing  maupun pengiriman yang ribet dan menyita waktu. Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapat dari ide bisnis makanan modal kecil ini sudah bersih.

Jasa Titip

Usaha modal 1 juta ini terkesan baru di Indonesia, tetapi cukup menjanjikan. Dimana nantinya Anda akan membeli barang sesuai dengan titipan konsumen. Baik itu barang-barang yang ada di luar kota, provinsi, bahkan negara. Adapun barangnya bisa beragam.

Namun, biasanya barang tersebut minim atau bahkan tidak tersedia di sekitar tempat tinggal konsumen. Untuk barangnya sendiri dapat berupa fashion limited edition, fashion murah, kue, dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran apabila ini menjadi  contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Nantinya Anda dapat menerapkan sistem untuk transfer uang terlebih dahulu atau 50% di awal dan 50% saat barang sampai. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos yang terlalu banyak. Pastikan juga, menghitung biaya transportasi atau perjalanan saat belanja untuk konsumen Anda.

Pewangi Pakaian

Usaha modal kecil untung besar untuk pemula menjadi salah satu sumber cuan yang menguntungkan dengan modal kecil. Namun, sebelum itu Anda perlu menemukan distributor atau supplier pewangi pakaian. Sehingga nantinya, harga yang diterima akan jauh lebih mudah daripada membeli eceran.

Dengan begitu, secara tidak langsung keuntungan yang didapatkan akan jauh lebih besar. Pastikan juga bahwa Anda membeli produk yang memang sudah teruji kualitas dan jelas legalitasnya. Pasalnya jika tidak, maka nantinya dikhawatirkan akan membuat jalannya ide bisnis modal kecil untung besar menjadi terganggu.

Sediakanlah pewangi pakaian dari mulai yang ukurannya kecil hingga besar. Dengan begitu, para pelanggan dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, sediakan juga pewangi dengan  aroma beragam untuk menambah daya tarik pelanggan. Baik itu beraroma lavender, vanila, dan lain sebagainya.

Makanan Ringan atau Cemilan

Anda juga dapat menjual makanan ringan saat bulan puasa. Biasanya makanan ini Anda butuhkan untuk menemani  saat mengobrol dengan keluarga, menyambut tamu, atau hanya sekedar menikmati waktu luang. Sehingga makanan tersebut tidak akan terlalu mengenyangkan.

Adapun makanan yang bisa Anda pasarkan yaitu kacang-kacangan, coklat,  Snack Rp 2.0000 atau Rp 5.0000, dan lain sebagainya. Nantinya Anda juga dapat membuat paketan dengan harga lebih murah daripada membeli satuan. Supaya ide jualan modal kecil untung besar ini lebih menarik perhatian konsumen untuk dapat membeli  lebih banyak produk.

Kaos Pre-Order

Ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya yang dapat kamu geluti yaitu kaos pre order. Meskipun tidak terkait langsung dengan makanan atau konsumsi, tetapi barang satu ini juga banyak dicari. Hal ini karena banyak orang yang mengadakan kegiatan atau acara.

 Sehingga biasanya mereka aku akan memesan baju yang seragam untuk dapat meningkatkan rasa persatuan atau menambah kemeriahan acara tersebut. Salah satu jenis baju yang sering dipesan yaitu kaos. Anda juga nantinya dapat berkolaborasi dengan penyedia sablon untuk menabung daya tarik dari kaos tersebut. 

Usaha yang tidak pernah sepi dan memiliki modal yang minim yaitu cemilan atau snack, salon rumahan, jasa titip, dan lain sebagainya. Jika usaha ini baru saja Anda mulai, maka sebaiknya untuk rajin mempromosikannya dan buka sesuai dengan jadwal. Jika memang pada hari sebelumnya buka dari pukul 07.00 hingga 19.00, maka usahakan hari berikutnya pun buka di rentang waktu seperti itu. Sehingga tidak membuat pelanggan nantinya kebingungan.