Ide Menu Sarapan Pagi, Dijamin Tidak Bosan!

Artikel ini terakhir di perbaharui April 24, 2024 by David Ashari
Ide Menu Sarapan Pagi, Dijamin Tidak Bosan!

Sebenarnya, ada banyak pilihan menu sarapan pagi yang dapat kamu jadikan opsi untuk sekadar mengganjal perut ketika akan mulai beraktivitas. Tidak perlu banyak-banyak, tapi cukup memenuhi kebutuhan kalori di pagi hari yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Seperti sarapan semangkuk sereal kira-kira sekitar 60 menit setelah bangun tidur.

Sarapan pagi ini penting kamu perhatikan karena dapat meningkatkan konsentrasi dan menunjang produktivitas harian lebih baik. Menurut sebagian besar ahli gizi sendiri menyarankan sarapan dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah semalaman tidak makan apapun. Sebab, sarapan pagi termasuk kunci memulai hari dengan energi dan semangat yang lebih baik.

Ide Menu Sarapan Pagi

Tidak menutup kemungkinan justru orang-orang sering merasa terjebak bosan karena menu sarapan kurang kreatif, sehingga mereka lebih memilih untuk melewatkannya. Padahal sarapan pagi sangat perlu sebagaimana ulasan barusan. Oleh karena itu, pilih menu sarapan pagi yang tidak membosankan seperti rekomendasi ide berikut ini :

Nasi Telur Pontianak

Nasi telur pontianak merupakan menu sarapan pagi simple yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Kamu dapat menghidangkan nasi putih bersama telur mata sapi yang dibumbui kecap dan minyak wijen. Sangat simple dan sederhana, tapi menu sarapan nasi ini cukup memenuhi kalori dan rasanya dijamin membangkitkan selera makan. Selain itu, nasi telur pontianak termasuk menu sarapan pagi indonesia yang cocok dijadikan bekal anak-anak di sekolah. Kelezatan telur ceplok yang dimasak setengah matang memberi ciri khas tersendiri. Apalagi sajian kuning telur yang lumer dan beraroma wangi karena campuran cincang bawang putih.

Pecel

Pecel bisa masuk jadi daftar menu sarapan pagi selama 1 minggu yang dapat menyesuaikan selera. Misalnya, pecel sayur dengan campuran sayuran rebus seperti bayam, tauge, daun singkong, kacang panjang yang dicampur nasi dan siraman saus kacang. Ditambah peyek kacang yang memperkaya sajian pecel. Pecel ini merupakan menu sarapan pagi simple dan murah yang bisa kamu dapatkan di warteg atau warung nasi dengan harga terjangkau. Biasanya dengan harga pecel tersebut, pelanggan diberi keleluasaan memilih lauk pendamping lain yang beragam. Seperti gorengan, telur dadar, sate jeroan, dan telur asin.

Nasi Kuning

Nasi kuning tidak jarang dipilih sebagai menu sarapan simple anak kos yang ramah di kantong dan cukup mengenyangkan. Selain karena mudah ditemukan saat pagi hari, nasi kuning kaya akan karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan energi di pagi hari. Terbuat dari nasi yang dimasak dengan jenis rempah-rempah terutama kunyit.

Nasi Uduk

Makanan khas Betawi beraroma wangi dengan cita rasa gurih khas santan yang satu ini seringkali dijadikan menu sarapan pagi orang jawa. Nasi uduk umumnya ditemani lauk yang cukup beragam, dari kering tempe, bihun goreng, ayam goreng, telur balado, dan sambal cabai. Selain itu, nasi uduk sangat recomended dinikmati selagi hangat yang menjadi sarapan rumahan.

Siomay

Siomay sangat cocok dijadikan menu sarapan pagi anak sekolah sebagai opsi ketika tidak ingin memakan nasi. Siomay ini sejenis dimsum yang diwariskan dari kuliner Tiongkok terbuat dari adonan daging ikan dan tapioka kukus. Sehingga menciptakan tekstur yang kenyal dan lembut di mulut ketika di makan. Memiliki cita rasa gurih manis khas saus kacang yang bisa kamu campur dengan sambal.

Roti Panggang Alpukat dan Telur Mata Sapi

Menu sarapan pagi sehat roti panggang alpukat dan telur mata sapi bisa kamu coba sendiri di rumah. Bahan utama terdiri dari roti tawar, alpukat matang, telur, dan keju parut. Roti panggang ini  memberikan kombinasi nutrisi yang seimbang dengan proses cukup cepat dan mudah. Kamu pun hanya perlu menyediakan total budget sekitar Rp 15.000 hingga Rp 23.000. 

Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan ide menu sarapan pagi sehat berikutnya yang simple dan murah tetapi cukup memberi asupan energi. Terbuat dari beras dan kombinasi toping berupa daging ayam suwir, hingga bumbu-bumbu sederhana. Kamu bisa membeli atau membuat sendiri dengan harga beli kurang lebih antara Rp 10.000 – Rp 20.000 untuk satu porsi bubur ayam.

Pisang Goreng Madu

Pisang goreng madu dapat menjadi opsi menu sarapan pagi untuk diet yang simple dan murah. Kamu hanya perlu menyediakan bahan utama pisang kepok, tepung terigu, madu, dan minyak goreng. Atau langsung membeli dengan kisaran harga antara Rp 10.000 – Rp 15.000 di pedagangnya.

Nasi Rames

Nasi rames bisa kamu list ke daftar menu sarapan pagi selama 1 minggu. Nasi yang kerap dijajakan di warteg ini memiliki ragam lauk variatif berupa tempe, tumis kacang panjang, kangkung, mie goreng, dan lain-lain. Kamu sendiri dapat memilih lauk-pauk sesuai selera yang bebas dikreasikan. Banyak lauk lezat yang bisa dipasangkan dengan ide sarapan pagi ini. Kebanyakan nasi bungkus juga menyajikan menu rames di dalamnya. 

Soto Lamongan

Ide terakhir untuk sarapan pagi yang bisa kamu coba adalah menu soto lamongan. Soto yang memiliki ciri khas kuah bening dan rasa gurih berasal dari rebusan kaldu ayam kampung. Soto yang biasa disajikan dengan irisan daging ayam, potongan telur rebus, dan jeroan dalam satu mangkok. 

Kesepuluh menu sarapan pagi yang telah diulas ini tentunya mudah kamu buat untuk di praktekan langsung di rumah. Kamu hanya perlu mempelajari bagaimana resep dan cara membuatnya yang bisa dicari lebih jauh di tutorial youtube masak. Semoga bermanfaat!