Cek Kecocokanmu dengan Pasangan Berdasarkan Weton Jawa di Artikel Berikut

Artikel ini terakhir di perbaharui January 16, 2024 by David Ashari
Cek Kecocokanmu dengan Pasangan Berdasarkan Weton Jawa di Artikel Berikut

Menghitung kecocokan bersama pasangan berdasarkan Weton Jawa masih menjadi salah-satu tradisi yang asri sampai sekarang. Hal ini karena, weton dipercaya memiliki peranan penting dalam peruntungan kehidupan seseorang menurut istiadat Jawa. Termasuk perihal jodoh, yang mana dianggap sakral pada zamannya ketika akan melangsungkan pernikahan menghitung weton terlebih dulu.

Weton merupakan penanggalan hari Jawa yang memiliki siklus dan makna tersendiri. Dimana penanggalan Jawa memang masih menjadi bagian budaya yang tidak terpisahkan. Namun, tahukah kamu bagaimana cara menghitung kecocokan pasangan hitungan weton jawa untuk pernikahan tersebut? M ari simak pembahasan selengkapnya di sini!

Mengenal Weton Jawa

Hitungan Jawa lengkap sesuai Weton memang dipercaya oleh sebagian orang dapat memperkirakan nasib baik dan sial. Dimana perhitungan ini didasarkan pada karakter, sifat, atau kepribadian yang melekat dengan weton tersebut. Berdasarkan sistem penanggalan dan perhitungan yang bisa kamu simak dari interpretasi uraian berikut!

Penanggalan Jawa Dwi Sasono dan Widi Mulia

Kalender Jawa dikenal memiliki dua siklus penanggalan yang disebut Saptawarna dan Pancawarna. Saptawarna ini merupakan siklus penanggalan yang dalam sepekannya berjumlah 7 hari dari senin sampai minggu. Sementara pancawarna adalah siklus penanggalan yang dalam satu pekan hanya berjumlah 5 hari. 

Nah, masing-masing hari dari siklus pancawarna tersebut memiliki karakternya sendiri yang dipercaya mempengaruhi perjalanan hidup seseorang. Terutama ketika menjalani kehidupan setelah pernikahan. Sehingga  mengenal penanggalan dalam tradisi Jawa menjadi langkah awal untuk dapat menghitung weton jodoh.

Adapun tanggal weton Jawa yang bisa kamu ketahui diantaranya memiliki neptu atau nilai berupa angka. Baik itu untuk hari-hari Sapta Warna maupun Pancawarna, mulai dari :

  •     Neptu Senin 4
  •     Neptu Selasa  3
  •     Neptu Rabu 7      
  •     Neptu Kamis 8      
  •     Neptu Jumat 6
  •     Neptu Sabtu 9
  •     Neptu Minggu 5
  •     Neptu Legi 5
  •     Neptu Pahing 9
  •     Neptu Pon 7
  •     Neptu Wage 4
  •     Neptu Kliwon 8

Menghitung Weton Pasangan

Setelah mengetahui neptu dari penanggalan Kalender Jawa, maka selanjutnya untuk menghitung weton jodoh pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menjumlahkan masing-masing weton dari calon pengantin atau pasanganmu. Hasil dari perhitungan wetonnya nanti bisa digunakan untuk mengecek kecocokan pasangan sesuai interpretasi neptu.

Hal ini karena, akan ada penjelasan dari weton Jawa tanggal lahir dengan jumlah neptu bersama pasangan. Contohnya jika tanggal lahirmu tepat di hari Senin Pahing, maka weton kamu adalah 4 (Senin) + 9 (Pahing) = 13. Sementara untuk pasanganmu yang lahir di hari Sabtu Legi neptu wetonnya yaitu 9 (Sabtu) + 5 (Legi) = 14.

Hasil dari weton lahir itu kemudian jumlahkan untuk mengecek kecocokan jodoh bersama pasanganmu. Untuk melihat seberapa cocok nasib hubungan kamu bersama pasangan di masa mendatang. Apakah baik, menguntungkan, atau hoki seperti Tinari primbon Jawa. Pasalnya hasil penjumlahan seperti contoh 13 + 14 = 27 memiliki interpretasi neptu tersendiri.

Menginterpretasikan Hasil Perhitungan Weton bersama Pasangan

Apabila hitungan weton jodoh sudah mendapatkan hasil dari penjumlahan neptu kelahiran keduanya. Maka, setelah itu dapat dilanjutkan dengan menginterpretasi karakter dari setiap weton yang didapat. Adapun masing-masing karakter dari hitungan weton Jawa untuk pernikahan tersebut antara lain :

  • Pegat

Cara menghitung weton jodoh dari karakter pegat sama saja seperti yang lain. Namun, untuk karakter pegat ini hanya berlaku bagi hasil penjumlahan dari weton yang berangka 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, dan 36. Arti dari pasangan neptu pegat sendiri akan sering dihadapkan pada masalah ekonomi dan kekuasaan. Bahkan perselingkuhan yang bisa menyebabkan perceraian atau pegatan.

  • Ratu

Ratu merupakan weton pasangan yang memiliki hasil penjumlahan 2, 11, 20, 29 dengan makna baik. Pasalnya weton ratu menunjukkan arti bagi pasangan yang memang ditakdirkan untuk bersama. Kelak pasangan neptu ratu akan dihargai dan disegani oleh lingkungan sekitar. Selain itu, keharmonisan rumah tangga dari pasangan neptu ratu juga akan membuat banyak orang iri.

  • Jodoh

Neptu jodoh yang menghasilkan penjumlahan angka 3, 12, 21, 39 ini pun juga memiliki arti baik. Kedua belah pihak akan bisa saling menerima untuk segala sisi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pasangan. Ramalan neptu jodoh diperkirakan akan memiliki kehidupan rukun sampai tua. Apabila kamu ingin membuktikannya, bisa lihat weton jawa online lalu cek neptu bersama pasanganmu.

  • Topo

Pasangan topo merupakan weton yang menghasilkan penjumlahan angka 4, 13, 22, dan 31. Makan dari angka ini menunjukkan arti bahwa di awal pernikahan, pasangan topo akan banyak mengalami kesusahan. Namun, keduanya bisa tetap berusaha untuk saling memahami yang akan mengantarkan mereka pada akhir bahagia.

 Masalah yang akan dihadapi adalah faktor ekonomi. Akan tetapi, ketika sudah memiliki anak dan seiring perjalanan pernikahan yang lama pada akhirnya mereka akan bisa meraih kehidupan bahagia bersama. 

  • Tinari

Hitungan weton Jawa untuk pernikahan online dari karakter Tinari memiliki makna yang sangat baik. Hasil weton tinari ini didapat dari penjumlahan neptu orang berbeda dengan angka 5, 14, 23, 32. Artinya, hubungan mereka akan menemukan kebahagiaan dan diberi kemudahan dalam mencari rezeki. Bahkan ramalan tinari memiliki makna selalu diberikan kemudahan dalam menghadapi segala masalah.

  •  Padu

Pasangan padu didapat dari hasil penjumlahan weton berangka 6, 15, 24, 33. Arti dari karakter padu yaitu akan sering dihadapkan pada perselisihan hubungan. Namun, tidak sampai menimbulkan perceraian karena perselisihan yang terjadi sebenarnya hanya dipicu oleh hal-hal sepele.

  • Sujana

Karakter pasangan sujana dihasilkan dari penjumlahan weton dengan angka 7, 16, 25, 34. Adapun makna dari pasangan ini adalah akan sering dihadapkan pada permasalahan perselingkuhan.

  • Pesthi

Karakter pasangan pesthi yang didapat dari hasil penjumlahan weton berangka 8, 17, 26, 35 mempunyai makna cukup baik. Dalam kehidupan berumah tangga pasangan pasthi akan hidup rukun, tentram, damai hingga sampai tua. Meskipun, tetap ada masalah tetapi tidak akan merusak keharmonisan keduanya dalam membangun rumah tangga. 

Akan tetapi, kecocokan pasangan berdasarkan perhitungan Weton Jawa tidak dapat kamu jadikan tolok-ukur sepenuhnya. Kamu hanya perlu ingat bahwa weton ini merupakan bagian dari kebudayaan yang kebetulan masih dipercayai. Oleh masyarakat Jawa yang jadi kekayaan adat Indonesia. Semoga bermanfaat!