Cara Membersihkan Pipa Air dengan Mudah dan Cepat

Artikel ini terakhir di perbaharui May 8, 2024 by David Ashari
Cara Membersihkan Pipa Air dengan Mudah dan Cepat

Cara membersihkan pipa air  dengan mudah dapat selain itu, Anda juga tidak bisa merpaa metode. Selain itu, Anda juga tidak bisa membiarkan pipa dalam keadaan kotor dalam waktu yang lama karena itu dapat menimbulkan kerusakan nantinya. 

Penyebab Pipa Air Tersumbat 

Ada beberapa penyebab yang menjadikan pipa air pada akhirnya menjadi tersumbat dan menyebabkan berbagai macam masalah. Dimana hal ini penting untuk Anda ketahui, sebelum akhirnya mengetahui cara membersihkan pipa air. Untuk lebih jauhnya lagi, simak beberapa penyebab berikut ini!

Sampah Makanan

Biasanya sisa makanan ini berasal dari tempat pencucian piring. Dimana alat makan yang telah digunakan masih menyisakan makanan dan langsing ditaruh di tempat cuci piring tanpa membuangnya terlebih dahulu. Bahkan parahnya lagi, jika penemuan tersebut tidak memiliki penyaring sehingga sisa makanan tersebut akan lebih mudah masuk ke dalam saluran air. 

Apabila hal ini terus berlanjut, maka sisa makanan tadi akan terus bertambah dan menyebabkan  pipa mampet. Hal inilah yang menyebabkan air kadang menggenang di tempat pencucian piring. 

Endapan Sabun

Penyebab berikutnya yang menjadikan saluran pipa mampet yaitu karena adanya endapan sabun. lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ini karena sabun memiliki senyawa yang mudah berikatan dengan material lainnya. Sehingga endapan yang melekat pada dinding paralon pipa ledeng ini menjadi menumpuk dan akhirnya menyebabkan saluran air menjadi tersumbat. Adapun warna dari endapan sabun ini sendiri yaitu berwarna putih.

Terdapat Endapan Lumpur

Selain endapan sabun, ternyata endapan lumpur maupun kotoran juga dapat menyebabkan pipa air menjadi tersumbat. Hal ini biasanya karena Anda mencuci tangan yang bercampur dengan tanah di wastafel terlalu sering. Sehingga tanah yang terbawa oleh air ini akan menjadi lumpur. Dimana seperti yang diketahui bawah lumpur menjadi salah satu bahan lengket sehingga menyebabkan pipa menjadi bermasalah.

Cara Membersihkan Pipa Air

Pipa air  terbilang memiliki fungsi yang penting dalam rumah karena jika bermasalah, beberapa pekerjaan rumah menjadi terkendala, khususnya dalam mencuci piring. Sehingga  cara membersihkan saluran air mampet secara efektif perlu Anda ketahui.

Cara Membersihkan Pipa Air dengan Soda Api

Sebelum akhirnya memanggil jasa profesional, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba terlebih dahulu dengan bahan-bahan yang dapat Anda dapatkan dengan mudah. Salah satu bahan yang dapat Anda gunakan yaitu soda api.

 Untuk  cara perbaiki saluran air yang mampet menggunakan cara ini yaitu mencampur soda api dengan air kemudian nantinya dimasukan ke dalam pipa. Tunggulah hingga 5 jam dan tuangkanlah air yang terbilang cukup banyak. Sampai akhirnya saluran air menjadi lancar kembali. Selain itu, cara nya juga sudah sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi hal serupa dan dianggap ampuh.

Baking Soda

Selain soda api, Anda juga dapat menggunakan bahan yang biasanya ada di dapur atau digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk cara membersihkan pipa air tersumbat yaitu dengan mencampurkan air dengan baking soda. Takarannya sendiri yaitu 1 berbanding 2, yaitu satu gelas baking soda dan dua cangkir air dengan suhu panas. Setelah bahan siap, makan tangkapan baking soda ke dalam pipa air. 

Kemudian siramlah  dengan menggunakan  cairan pembersih kerak pipa air (dua cangkir air panas tadi) dan diamkan selama sepuluh menit.  Apabila sudah terdengar seperti suara buih-buih atau gemuruh, maka artinya baking soda telah bekerja dengan baik. Nantinya,  Anda dapat langsung menyiramnya dengan air ke dalam pipa.

Memanfaatkan Pasir Kasar

Hal yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan cara membersihkan pipa air kran yang dialami yaitu dengan menggunakan pasir kasar. Adapun untuk tata caranya sendiri yaitu dengan mematikan aliran air pada pipa. Kemudian, potonglah pipa yang dirasa menyumbat sehingga tidak mengganggu proses pembersihan.

Kemudian, masukan pasir kasar sampai dirasa dengan cukup  ke dalam pipa. Setelah itu, semprotlah dengan menggunakan kompresor udara dengan tekanan yang tinggi. Diamkanlah sampai dengan beberapa saat, sampai akhirnya nanti Anda membuka kembali pia air tersebut. Apabila cara ini dilakukan dengan benar, maka semua kotoran yang menyebabkan pipa tersumbat itu akan  secara otomatis keluar.

Rigid System

Cara membersihkan pipa air toren terakhir yang dapat Anda gunakan yaitu dengan menggunakan rigid system. dimana cara ini sendiri yaitu dengan menggunakan kawat spiral yang dimasukkan ke dalam pipa. Setelah berhasil masuk, maka kawat tersebut akan diputar-putar sehingga dapat membersihkan kotoran yang ada di dalam pipa.  Selain itu, cara ini sendiri sebenarnya sudah sering dipakai oleh para tukang untuk membersihkan pipa.

Bila Anda sudah melakukan beberapa cara di atas namun rasanya masih belum berhasil, jangan ragu untuk memanggil tenaga professional guna menangani permasalahan pada pipa air Anda. Demikan pembahasan mengenai cara membersihkan pipa air secara mandiri yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!