Ide Bisnis Mahasiswa yang Cuan Banget!

Artikel ini terakhir di perbaharui March 18, 2024 by David Ashari
Ide Bisnis Mahasiswa yang Cuan Banget!

Ide bisnis mahasiswa  ini dapat dijadikan sebuah peluang untuk mendapatkan uang tambahan. Selain itu, produk yang nantinya akan dipasarkan juga merupakan barang-barang yang memang dibutuhkan oleh para mahasiswa. Sehingga dalam memasarkannya pun tidak akan terlalu sulit. Ada banyak contoh ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu jalankan.

Rekomendasi Ide Bisnis Mahasiswa

Bagi kamu yang masih bingung mencari ide bisnis unik bagi mahasiswa atau nyari produknya apa buat nantinya dipasarkan. Maka, beberapa ide usaha dibawah ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu coba. Untuk ide bisnis ini sendiri yaitu sebagai berikut:

Aksesoris K-Pop

 Ide ini masuk ke dalam 100 peluang usaha untuk mahasiswa yang menguntungkan. Hal ini karena banyak orang yang mengidolakan atau menyukai hal-hal yang berkaitan dengan K-Pop. Baik karena histori atau pengalaman dari para member boy dan girl band penyanyi hingga sampai di detik ini, kepribadian, sampai dengan fashion yang mereka gunakan.

Kamu bisa menjual berbagai macam produk seperti halnya stiker, pin, kaos, gantungan kunci, sampai dengan photo card dari para idola. Bahkan bisa jadi kamu membuat bantal, hiasan dinding, dan lain sebagainya yang memuat gambar-gambar pada idola nya. Namun, sebaiknya kamu membeli dari supplier resmi sehingga harganya dapat lebih bersaing. 

Tote Bag

Produk ini merupakan salah satu jenis tas yang sering digunakan oleh para mahasiswa. Untuk bahannya juga beragam, dari mulai kain grill, kain goni, dan lain sebagainya. Namun, bahan yang banyak digemari oleh para mahasiswa maupun mahasiswi yaitu tote bag yang terbuat dari bahan kanvas. 

Dengan begitu, kamu bisa memulai usaha mahasiswa modal kecil ini dengan menjual produk-produk yang menggunakan bahan  dari kanvas. Sehingga kamu bisa memulai dengan bahan ini. Selain itu, hal ini juga dapat membuatmu mengeluarkan modal jauh lebih minim daripada harus menyediakan tas dengan berbagai bahan.

Untuk harganya sendiri dapat dimulai dari Rp 35.000 hingga Rp 150.000 per pcs. Kamu bisa mendapatkan harga lebih murah apabila membelinya dengan jumlah yang banyak di tempat grosir. Namun, sebelum itu pastikan untuk menemukan supplier yang memang menjual.dengan harga yang lebih rendah daripada yang lainnya dengan kualitas yang bagus.

Makanan Untuk Sarapan

Seperti yang diketahui bahwa kebanyakan para mahasiswa itu adalah perantau. Sehingga tidak heran kadang mereka tidak sempat untuk sarapan karena tidak memiliki banyak waktu. Belum lagi jika mereka tidak sempat menyiapkannya karena memang tidak ada peralatan dan minimnya yang jualan pagi.

Sehingga hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untukmu melaksanakan ide bisnis mahasiswa makanan ini. Untuk menunya sendiri kamu bisa membuat nasi kepal, sandwich, spaghetti, dan lain sebagainya. Untuk harganya sendiri, kamu bisa mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per pcs nya. Tentu tarif ini masih masuk ke dalam keuangan mahasiswa, bukan?

Membuka Jasa Penerjemah

Bagi kamu mahasiswa dari sastra atau pendidikan bahasa asing dan memiliki keahlian dalam bidang tersebut, baik itu Mandarin, Inggris, Spanyol, dan lain sebagainya. Maka membuka jasa penerjemah menjadi salah satu bisnis mahasiswa tanpa modal yang tepat untuk kamu jalankan. 

Kamu bisa mempromosikannya melalui sosial media maupun dari mulut ke mulut. Namun, sebaiknya kamu mempromosikan diri dengan menyertakan portofolio yang pernah kamu buat. Sehingga para calon client akan lebih yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Untuk tarif jasa, nantinya kamu bisa riset harga pasaran gang berlaku. Sehingga nantinya kamu bisa menyesuaikan harga yang akan diterapkan.

Jasa service komputer atau laptop

Kebanyakan mahasiswa pasti menggunakan laptop atau komputer untuk menunjang belajar dan menuntaskan tugas yang diberikan. Namun, sayangnya banyak pula mahasiswa yang tidak bisa memperbaiki laptop saat rusak. Sehingga terkadang para mahasiswa maupun mahasiswi menjadi kebingungan. Ide bisnis kreatif mahasiswa ini dapat kamu kerjakan di sela-sela waktu luang.

Maka hal ini bisa menjadi salah satu usaha untuk mahasiswa kost yang memiliki peluang yang bagus untuk kamu coba. Akan tetapi, Pastikan kalau kamu memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Kamu bisa melatih diri dengan mengikuti pelatihan khusus atau langsung belajar dari seorang teknisi.

Buku Bekas

Sudah menjadi rahasia umum kalau mahasiswa membutuhkan buku. Namun, sayangnya harga dari tiap buku yang dibutuhkan terkadang memiliki harga yang tinggi. Terutama jika buku tersebut dalam bahasa asing. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi peluang ide bisnis online untuk mahasiswa yang bagus untukmu.

Kamu bisa membeli buku bekas yang dibutuhkan oleh teman-temanmu dengan sistem pre-order. Sehingga nantinya, buku tersebut dapat dipasarkan dan terjual sampai habis. Dengan begitu, tidak ada buku yang bertumpuk karena tidak laku. 

Cemilan

Salah satu cara memulai usaha untuk mahasiswa yaitu dengan menjual cemilan yang kamu buat sendiri atau malah membelinya sendiri dari supplier. Jika kamu hendak membelinya dari supplier sebaiknya membelinya dengan per-bal jika memang kamu punya modal yang cukup. Nantinya, kamu bisa membuat packing sendiri sehingga tambah untung dan dijual dengan harga yang terjangkau.

Akan tetapi, jika kamu ingin membuat sendiri, usahakan untuk membuat resep yang mudah dan simpel. Sehingga tidak akan menyita banyak waktumu dalam membuatnya. Adapun menu yang memungkinkan kamu buat seperti halnya keripik,  makaroni coklat, dan sebagainya.

Ide bisnis snis target pasar mahasiswa yang bisa kamu jadikan peluang usaha yaitu membuka usaha cemilan, aksesoris KPop, buku bekas, tas Tote bag, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memulai usaha diatas dengan perlahan-lahan dan dengan membeli produk sedikit-sedikit.