Rekomendasi Ide Bisnis Online yang Menguntungkan

Artikel ini terakhir di perbaharui March 18, 2024 by David Ashari
Rekomendasi Ide Bisnis Online yang Menguntungkan

Ide bisnis online memang tengah menyebar ke berbagai daerah, bahkan ke peliku pun sudah banyak yang menekuni. Dengan adanya bantuan internet, semua pemasaran menjadi lebih mudah daripada zaman dahulu yang mengandalkan pemasaran konvensional. Selain mudha, pemasaran yang seperti ini pun nyatanya jauh lebih murah.

Ide Bisnis Online yang Dapat Dicoba

Ada beberapa ide bisnis online yang bisa kamu sesuaikan dengan budget maupun skill yang dimiliki. Sehingga nantinya akan jauh lebih mudah untuk menjalankannya. Adapun ide bisnis tersebut adalah sebagai berikut!

Berjualan Foto di Internet

Mungkin terkesan sepele dan membuat Anda bertanya-tanya, untuk apa foto-foto tersebut. Namun, di era sekarang banyak perusahan yang membutuhkan foto sudah jadi atau photostock untuk keperluan promosi mereka. Sehingga konten yang mereka buat akan jauh lebih menarik. Kamu juga dapat menjualnya tidak hanya di Indonesia saja, namun kamu juga bisa menjualnya kepada konsumen di luar negeri. 

Namun, pastikan kamu memiliki lisensi terhadap foto tersebut, sehingga foto tersebut dapat digunakan jika sudah mendapatkan izin dari kamu. Adapun skill yang perlu kamu miliki yaitu fotografi dan memiliki jiwa artistik. Selain itu, estimasi pendapatan yang nantinya bisa kamu dapatkan yaitu berkisar sekitar sepuluh ribu hingga ratusan juta untuk setiap fotonya.

Semua ini tentu akan tergantung pada resolusi, channel distribusi, dan lisensi yang kamu miliki. Namun di awal Anda sangat disarankan untuk membangun branding terlebih dahulu. Misalnya, ingin fokus ke dalam bidang apa dulu. Contohnya, ingin fokus pada pemotretan satwa liar, industrial, atau apa. Sehingga client yang membutuhkan tema-tema tertentu akan lebih mudah mengenali produk yang kamu hasilkan.

Jasa Terjemahan

Apakah kamu memiliki kemampuan dalam bidang bahasa atau bahkan menguasai lebih dari satu bahasa asing dengan mendalam. Maka, usaha jasa terjemahan tidak ada salahnya untuk kamu coba kembangkan. Kamu juga perlu memastikan memiliki sertifikat pelatihan maupun tes bahasa yang mendukung. Selain itu, untuk lebih menyakinkan, kamu wajib memiliki portofolio.

Dengan begitu, kredibilitas terhadap kemampuan bahasa dapat terjamin dengan baik. Untuk memulainya kamu bisa menjadi seorang freelancer acara mandi atau gabung party time dengan agensi yang sudah banyak menerima job.  Bahkan jika memungkinkan daftarkan diri kamu ke lembaga resmi, sehingga nantinya  akan dianggap lebih professional.

Dimana hal tersebut membuka peluang mendapatkan pemasukan yang lebih banyak lagi. Pendapatan untuk penerjemah sendiri yaitu terdiri dari Rp 150 per kata atau Rp 200.000,- per halaman. Namun, nominal tersebut tergantung dari tingkat pengalaman maupun sertifikasi yang dimiliki. Untuk kemampuan yang wajib dimiliki yaitu pengetahuan budaya, riset,dan keterampilan komunikasi.

Jasa Sosial Media Marketing

Apakah kamu sudah memahami bagaimana tren media sosial, social listening, influencer marketing, pembuatan konten, dan sebagainya? Jika iya, maka tidak ada salahnya kamu mencoba untuk membuka usaha dalam bidang jasa sosial media marketing. 

Kamu juga dapat membranding dirimu melalui akun sosial media dengan baik untuk dapat menarik perhatian client sehingga tertarik dengan dirimu. Salah satunya yaitu mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan sosial media marketing atau mencantumkan portofolio dengan cara yang asyik dan menarik.

Dengan begitu, kredibilitas yang kamu miliki pun akan jauh lebih bagus. Adapun untuk estimasi pendapatan yang nantinya dimiliki yaitu berkisar dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 900.000 per pekerjaan. Dimana hal tersebut tergantung dengan Tingkat kemampuan. Adapun keahlian yang perlu kamu kuasi yaitu content marketing dan pengetahuan seputar tren media sosial.

Membuka Bimbel Online

Kamu juga dapat membuka usaha bimbel secara online untuk anak-anak sekolah dengan berbagai tingkat pendidikan. Dimana hal tersebut dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Terutama jika kamu memang menguasai beberapa mata pelajaran, tentu penghasilan yang didapatkan akan jauh lebih besar.

Nantinya, untuk promosi, kamu bisa mempromosikan diri melalui akun sosial media maupun membangun branding melalui website dan disi dengan artikel edukasi. Sehingga secara tidak langsung kamu pun dapat memberikan kesan yang mendalam melalui branding. Sesuaikan pula tata bahasa maupun konten yang diangkat sesuai dengan tingkatan pendidikan.

Misalnya, jika kamu ingin berfokus pada anak TK, maka kamu dapat menggunakan kata ganti kamu atau adik. Untuk estimasi pendapatan dalam bidang ini yaitu berkisar sekitar Rp 100.000,- per jamnya. Untuk skill yang dibutuhkan yaitu pemahaman yang kuat terhadap materi sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku dan kemampuan dalam mengajar.

Skincare

Skincare menjadi salah satu produk yang laris manis di kalangan masyarakat, terutama bagi kaum hawa. Selain dapat membuat kulit menjadi cantik, tetapi menjadikan kulit juga menjadi lebih sehat.

Untuk memulai usaha ini, kamu dapat mencoba untuk mencari terlebih dahulu distributor. Sehingga harga yang didapatkan akan jauh lebih murah daripada kamu membeli eceran. Dengan begitu, harga yang ditawarkan kepada konsumen juga tidak akan terlalu jauh bahkan sama dengan harga pasarannya. Namun, pastikan bahwa distributor tersebut mengalahlah resmi dan legalitasnya jelas.

Perlengkapan Bayi

Produk satu ini juga tidaklah dengan produk skincare karena banyak dibutuhkan. selama masih ada kelahiran bayi, maka produk-produk ini akan cenderung tinggi peminatnya. Selain itu, banyak orang tidak akan sayang untuk membelanjakan perlengkapan bayi.

Kamu juga bisa memilih perlengkapan berdasarkan usia bayi. Dari mulai popok, susu, mainan bayi, perlengkapan mandi, sabun cuci baju, dan lain sebagainya. Kamu dapat memasarkan produk-produk terbuat melalui online.

Ide bisnis online diantaranya adalah jualan foto internet, jasa terjemahaan, membuka bimbel, dan lain sebagainya. Selain mempertajam kemampuan skill dalam bidang utama, kamu juga perlu mengembangkan skill dalam hal branding. Pasalnya, hal tersebut dapat membantu kamu untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.