20 Ide Usaha Sampingan Karyawan Untuk Menambah Penghasilan Beli Rumah

Artikel ini terakhir di perbaharui September 13, 2023 by David Ashari
20 Ide Usaha Sampingan Karyawan Untuk Menambah Penghasilan Beli Rumah

Anda bercita-cita ingin memiliki hunian impian sendiri, namun terhalang oleh biaya? Faktanya, menurut Menteri Keuangan kita, Ibu Sri Mulyani menganggap bahwa generasi milenial terancam tidak bisa mempunyai rumah disebabkan oleh harga rumah yang semakin meningkat setiap tahunnya. Melihat kondisi di lapangan seperti ini, tentunya bagi masyarakat yang bekerja, mereka harus selangkah lebih maju untuk menggapai cita-citanya. Salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan karyawan. 

Kini, sudah banyak peluang bisnis atau usaha sampingan karyawan yang bisa dilakukan diluar jam kerja. Nah, untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan, jangan putus asa sebab ada banyak berbagai cara untuk bisa menambah penghasilan demi membeli rumah sendiri. Yuk lihat apa saja 20 ide usaha sampingan karyawan yang bisa menjadi rekomendasi!

1. Bumbu Instan Masakan

Ide usaha sampingan karyawan yang layak dicoba adalah bumbu instan masakan, yang tentunya pasti laku di antara ibu rumah tangga yang tidak mau repot-repot membuat bumbu sebelum masak. Untuk Anda yang jago masak, ide usaha sampingan karyawan ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Untuk tahap awal, Anda bisa menawarkan terlebih dahulu ke rekan-rekan kerja di kantor yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. 

2. Penerjemah Freelance

Menjadi seorang penerjemah freelance juga merupakan salah satu ide usaha sampingan karyawan yang bisa Anda coba. Apalagi jika Anda memiliki skill bahasa lebih dari satu seperti bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan lain-lain. Kini sudah banyak platform yang menawarkan jasa terjemahan freelance yang bisa Anda kerjakan di waktu luang, seperti setelah pulang kantor, atau pada saat weekend. Pertama-tama, Anda bisa berikan tarif murah terlebih dahulu. Nantinya, jika portfolio sudah bagus dan memiliki karya yang banyak, Anda bisa menaikkan jumlah tarif Anda. 

3. Menjadi YouTuber

Usaha sampingan karyawan yang bisa Anda coba yaitu menjadi YouTuber. Saat ini, banyak anak muda yang berlomba-lomba agar bisa menjadi YouTuber dan terkenal. Pasalnya, apabila Anda memiliki banyak subscribers, Anda berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan dollar. Anda mendapatkan uang dari subscriber yang menonton iklan di video YouTube Anda, dan jika beruntung bisa saja Anda ditawari kerjasama untuk endorse sebuah produk. 

4. Menjadi TikTok Affiliate

Siapa yang tidak tahu aplikasi media sosial bernama TikTok? TikTok affiliate bisa menjadi salah satu ide usaha sampingan karyawan juga lho!. Apabila Anda menjadi affiliator, Anda bertugas untuk mempromosikan suatu produk, dan apabila Anda berhasil menjual maka Anda akan mendapat komisi dengan jumlah tertentu, misalkan saja 10 persen dari penjualan produk. Selain itu, Anda juga bisa ikut live streaming TikTok Shop yang dapat meningkatkan komisi penjualan Anda.

Baca juga: Waspada! Inilah 100 Daftar Pinjol Ilegal Terbaru per Agustus 2023

5. Reseller Produk

Ide usaha sampingan karyawan yang selanjutnya adalah menjadi reseller produk. Berbeda dengan menjadi affiliate yang tugasnya hanya mempromosikan produk, reseller harus memiliki sejumlah modal terlebih dahulu sebelum nantinya akan dijual kembali. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui barang apa yang misalnya menjadi kebutuhan dari target pasar Anda. Selain itu, Anda juga harus riset mengenai supplier yang terpercaya. 

6. Jasa Fotografi 

Untuk Anda yang memiliki passion di bidang fotografi, Anda bisa membuka jasa fotografi sebagai ide usaha sampingan karyawan. Banyak sekali acara yang dapat Anda tawarkan seperti pernikahan, wisuda, ataupun pemotretan produk. Di tengah dunia yang semakin mengedepankan unsur visual, permintaan akan fotografi berkualitas terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa peralatan yang digunakan memadai dan kemampuan dalam mengedit foto juga baik.

7. Jualan Frozen Food

Frozen food dapat menjadi salah satu rekomendasi ide usaha sampingan karyawan. Bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu memasak, frozen food lah yang menjadi solusinya. Untuk berjualan frozen food ini pun tidak perlu memiliki toko offline. Anda bisa membeli kulkas khusus frozen food, dan mulai berjualan dari rumah. Untuk Anda yang sibuk, Anda dapat berjualan setelah pulang kantor ataupun mempekerjakan karyawan untuk membantu berjualan frozen food. 

8. Membuat Blog

Apabila Anda memiliki minat dalam menulis atau memiliki keahlian dalam suatu niche khusus, Anda dapat mencoba untuk membuat sebuah blog sebagai ide usaha sampingan karyawan. Baik melalui penyediaan ruang iklan digital atau penempatan produk di dalam artikel yang ditulis, blog yang berhasil menarik banyak pengunjung dapat menghasilkan pendapatan. Hal yang Anda butuhkan hanyalah akses internet, laptop atau komputer untuk menulis, dan modal untuk membayar platform penulisan seperti WordPress.

9. Menjadi Asisten Virtual

Apakah Anda pernah mendengar istilah asisten virtual, dan apakah ini bisa dilakukan diluar jam kerja karyawan? Persis namanya, asisten virtual adalah jenis pekerjaan daring yang bertugas membantu klien dalam mengurus urusan administratif. Beberapa tugas yang terlibat dalam pekerjaan asisten virtual termasuk mengatur jadwal, mengelola panggilan telepon, dan mengelola email serta media sosial. Untuk menjadi asisten virtual, Anda perlu memiliki keterampilan seperti komunikasi, manajemen waktu, dan pemahaman teknologi informasi. Oleh sebab itu, menjadi asisten virtual dapat menjadi ide usaha sampingan karyawan yang cocok!

10. Jasa Titip (Jastip)

Untuk Anda yang suka banget jalan-jalan, membuka jasa titip (jastip) adalah rekomendasi ide usaha sampingan karyawan yang patut dicoba! Walaupun pada awalnya Anda harus mempersiapkan modal untuk membeli barang di awal, namun Anda bisa mendapatkan banyak cuan dari jastip ini lho. Agar efektif, Anda bisa menetapkan tarif jasa titip yang adil bagi pembeli Anda. 

11. Bisnis Kos-kosan

Ide usaha sampingan karyawan yang bisa dilakukan adalah bisnis kos-kosan khususnya daerah pabrik atau kantor. Tentunya, banyak pekerja rantau yang membutuhkan tempat tinggal dekat bekerjanya. Selain pabrik dan kantor, Anda bisa membuat kos-kosan atau kontrakan yang tidak jauh dengan universitas. Tentunya bisnis ini bisa menghasilkan yang lumayan untuk menambah modal membeli rumah baru!

12. Bisnis Laundry

Bisnis laundry merupakan opsi ide usaha sampingan karyawan yang bisa ditekuni dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda dapat memulai usaha ini dengan menyediakan mesin cuci yang memadai atau bekerjasama dengan layanan laundry yang telah ada. Peluang usaha ini memiliki potensi pendapatan yang stabil, terutama di daerah yang memiliki populasi padat seperti sekitar kampus atau perkantoran.

13. Membuat Toko Online

Membangun bisnis online kini memiliki prospek yang menarik sebagai pilihan ide usaha sampingan karyawan. Di era digital, platform online memberikan peluang besar untuk mendapatkan penghasilan ekstra. Selain potensi keuntungan yang signifikan, fleksibilitas waktu membuat bisnis sampingan bagi karyawan menjadi pilihan menarik. Dengan toko online, Anda bisa mengakses pasar yang luas dan menjangkau pelanggan dari berbagai lokasi. Selain itu, Anda memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal operasional bisnis online tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

Baca juga: 11 Tips Membeli Rumah dari Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

14. Menjadi Influencer

Menjadi seorang influencer atau content creator kini menawarkan peluang menjanjikan sebagai alternatif ide usaha sampingan karyawan. Langkah-langkah awalnya hampir serupa dengan strategi yang umumnya digunakan dalam media sosial.

Seorang influencer adalah seseorang yang memiliki dampak yang cukup besar di media sosial atau platform digital lainnya. Sementara itu, seorang content creator adalah individu yang membuat beragam materi berupa tulisan, gambar, atau video yang dipublikasikan di platform tertentu, seperti media sosial.

15. Mengembangkan Aplikasi atau Website

Di era digital seperti sekarang ini, semuanya serba membutuhkan website dan juga aplikasi. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang membuka lowongan pembuatan aplikasi dan website untuk usaha mereka. Untuk Anda yang mencari ide usaha sampingan karyawan, dan memiliki kemampuan membuat website, Anda bisa banget mencoba freelance ini di luar jam kerja kantor. 

16. Jasa Pembersihan Rumah 

Ide usaha sampingan karyawan yang selanjutnya adalah membuka jasa pembersihan rumah. Kini banyak keluarga yang cenderung sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan rumah. Nah, dengan ini Anda bisa menawarkan mereka jasa Anda. Bisa dengan tarif per jam atau dengan perjanjian kedua belah pihak. Ada berbagai pilihan yang dapat dilakukan seperti mencuci sofa, karpet, tempat tidur, dan lain-lainnya. 

17. Jasa Grooming Hewan

Bagi Anda yang mencari ide usaha sampingan karyawan dan menyukai hewan peliharaan, Anda dapat membuka jasa grooming hewan. Ini dapat dilakukan dari pintu ke pintu, dan nantinya jika sudah berkembang dan sukses, Anda bisa membuka tempat grooming hewan sendiri. Untuk bisa melakukan grooming, tentunya Anda perlu belajar dan tersertifikasi terlebih dahulu. 

18. Jasa Desain Grafis

Banyak dari masyarakat kita yang diberkahi dengan potensi untuk mengubahnya menjadi peluang usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Salah satu layanan yang sangat diminati adalah bidang desain grafis. Apabila Anda memiliki bakat dalam desain grafis, manfaatkanlah keterampilan ini sebagai peluang usaha sampingan sebagai seorang karyawan. Anda dapat membuka layanan pembuatan logo, banner, kartu nama, bahkan undangan pernikahan. 

19. Membuka Kursus Online

Ide usaha sampingan karyawan sibuk yang bisa dilakukan adalah dengan membuka kursus online. Mungkin Anda memiliki kemampuan lebih dalam bahasa, pelajaran anak sekolah, ataupun mengaji. Nah, manfaatkan ini untuk menawarkan orang-orang kursus online. Selain fleksibel, Anda bisa mengatur sendiri jadwal les untuk para pembelajar. Bisa setelah pulang kantor ataupun saat weekend. 

20. Jualan Kue

Untuk Anda yang memiliki hobi membuat kue, ide usaha sampingan karyawan yang satu ini patut dicoba. Menjelang hari-hari besar seperti natal dan juga lebaran, pastinya yang membutuhkan kue sangat banyak. Terdapat berbagai macam yang bisa Anda buat misalkan saja kue kering, kue bolu, dan yang lain sebagainya. Agar lebih menarik lagi, Anda bisa membuatnya menjadi hampers. 

Demikianlah ulasan mengenai 20 ide usaha sampingan karyawan untuk menambah penghasilan beli rumah. Untuk bisa mencapai cita-cita memiliki rumah sendiri, tentunya Anda perlu bekerja keras dengan semangat menjalani usaha sampingan. Terdapat banyak pilihan rumah impian Anda di Linktown, yang bisa menjadi inspirasi rumah baru Anda. Semoga bermanfaat ya!