Mau Bikin Rumah Monokrom? Ikuti Tips Ini Yuk!

Artikel ini terakhir di perbaharui February 19, 2024 by David Ashari
Mau Bikin Rumah Monokrom? Ikuti Tips Ini Yuk!

Rumah Monokrom menjadi salah satu konsep rumahan yang banyak digandrungi oleh masyarakat sekarang. Terutama bagi generasi milenial. Tidak hanya itu, warna ini pun tidak akan lengkang oleh waktu. Selain itu, warna monokrom tidak hanya terbatas hitam dan putih saja.  Secara harfiah, monokrom merupakan satu warna. Sehingga pada dasarnya, warna monokrom merupakan menggunakan rona warna yang sama.

 

Tips dalam Membuat Desain Rumah Monokrom

 Desain rumah monokrom memang memiliki tampilan yang cenderung minimalis. Selain itu, dengan penataan yang telat membuatnya akan terlihat indah, unik, modern, dan tidak akan bosan untuk dilihat. Sebelum mendesain model rumah ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Sehingga desain yang dibuat pun akan tepat.

Pilihlah Warna yang Disukai

Sebagaimanapun cat rumah monokrom yang menurut orang lain bagus, jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak senang, itu percuma. Pasalnya, Anda yang akan tinggal di rumah tersebut bukan orang lain. Jadi, pendapat Anda jauh lebih penting. Dengan begitu, pilihlah warna yang memang disukai dan membuat Anda merasa nyaman berada didalam hunian tersebut.

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa warna monokrom bukan hanya hitam dan putih saja. Maka Anda dapat memilih warna yang lain. Seperti halnya warna hijau, pink, biru, dan lain sebagainya. Selain itu, nantinya saat Anda membeli cat, penjual akan memberikan katalog warna cat yang dapat memudahknnya Anda memilih. Selain itu, Anda pun dapat memilih rona warna cat yang serupa dan cocok untuk Anda.

Mulai dengan Sedikit-Sedikit 

 Jika Anda merasa kurang yakin, maka dapat memulainya dengan sedikit-sedikit menerapkannya. Sehingga Anda tidak perlu langsung untuk menerapkannya untuk hunian Anda secara keseluruhan.  Sebagai bentuk percobaan,  Anda dapat memulainya dari rumah monokrom tampak depan atau ruangan kecil. Seperti hanya kamar mandi, kamar tidur, ruang baca, dan sebagainya. Dimana pekerjaannya bisa dilakukan secara sedikit-sedikit. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menilai apakah desain tersebut sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak.

Menggunakan  Tingkat Glossy yang Bervariasi

Model rumah monokrom merupakan konsep yang sering digunakan oleh sebagian orang-orang yang senang dengan desain minimalis. Selain itu, desain ini tidak hanya melulu mengenai warna yang polos saja. Namun, Anda juga dapat menggunakan tingkat glossy pada dinding rumah atau lebih dikenal dengan sheen level. Dimana sheen level ini sendiri merupakan tingkat glossy pada permukaan dinding yang telah dicat. Selain itu, tingkat glossy ini sendiri mempengaruhi pantulan cahaya sehingga dapat berpengaruh terhadap kecerahan ruangan. Anda juga perlu memilih tingkat glossy yang memungkinkan sesuai dengan ruangan yang di dalam rumah. Untuk tingkatan glossy ini sendiri terdapat gloss, semigloss, satin, eggshell, dan flat. Untuk lebih memudahkan gloss memberikan pantulan cahaya yang cukup tinggi. Sementara untuk flat itu tidak dapat memantulkan cahaya.

Berikan Tekstur Pada Dinding 

Selain menggunakan variasi untuk tingkat glossy pada dinding, Anda juga dapat menggunakan elemen lainnya. Seperti halnya metallica, kayu, bahkan kain. Hal ini dilakukan untuk memberikan tekstur pada dinding rumah atau ruangan. Tentu ini cocok untuk diterapkan, terutama bagi Anda yang ingin diding ruangnnya tidak monoton. Menambahkan aksen-aksen ringan seperti ini bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Jika Anda hanya ingin menerapkannya pada bagian kecil saja, maka cukup untuk menggunakannya pada furniture. Seperti halnya rak ambalan kayu, sofa kain, wastafel Metallica yang ada di dapur, dan lain sebagainya.

Menggunakan Rona Sama  dari Warna yang Digunakan 

 Meskipun monokrom, bukan berarti Anda harus menggunakan rona warna satu saja. Anda dapat menggambunhkan dua shade atau rona berbeda secara sekaligus. Meskipun begitu, usahakan untuk tetap memilih dari warna yang sama. Apabila Anda kesulitan dalam memilih rona warna, maka dapat melihat katalog warna saat hendak membeli cat. 

Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah untuk menentukan  memilih shade yang Anda butuhkan. Warna ini juga tidak hanya dapat Anda terapkan untuk cat tembok saja. Melainkan untuk sparai kasur, warna furniture, dan lain sebagainya. Misalnya, warna coklat tua dan beige pada dinding. Sementara warna coklat untuk kursi dan warna putih untuk sprei kasur.

 

Ide Rumah Monokrom Minimalis

Setelah menerapkan langkah-langkah untuk konsep rumah monokrom, maka selanjutnya ada beberapa warna yang dapat Anda terapkan untuk hunian. Adapun warna tersebut adalah sebagai berikut!

  • Warna Beige dan Coklat

Warna rumah monokrom cocok untuk digunakan yang ingin menerapkan monokrom, tetapi tidak terlalu kaku.  Misalnya Anda dapat menerapkan warna coklat pada furniture, lantai menggunakan tekstur kayu, dan sopa dapat berupa warna coklat tua. Dengan begitu ruangan tidak akan terlihat terlalu polos. Malah akan terlihat cantik dan elegan.

  • Warna Abu-Abu dan Hitam

Warna hitam dapat membuat ruangan menjadi terlihat lebih elegan dan mewah. Supaya tidak terkaku dan terlihat gelap, maka dapat menggunakan warna hitam untuk furnitur atau lun pada bagian dinding focal point nya saja. Sementara untuk dindingnya menggunakan warna yang agak cerah. Seperti halnya warna abu-abu dan menggunakan vinyl yang terang untuk membuat ruangan menjadi terasa tidak terlalu sumpek.

  • Menggunakan Sentuhan Warna Gold 

Aksen metallic ruangan tidak hanya sebatas warna silver saja. Akan tetapi, termasuk ke gold. Anda dapat menggunakan gold metallic di dapur dan dapat  digunakan untuk kran air yang ada di dapur. Sehingga kesan yang dilihat pun akan jauh lebih elegan dan cantik. Anda pun dapat menambahkan meka marbel putih dengan corak hang Senda. Sehingga tampilan dapur akan lebih mewah.

  • Hitam dan Putih

Tentu Anda sudah tidak asing dengan warna satu ini karena sangat identik dengan desain monokrom. Anda dapat memilih lantai dengan warna putih dan dindingnya berwana hitam.  Selain itu, Anda juga dapat menambahkan furniture lainnya dengan warna hang masih senada. 

Seperti halnya aksen warna kayu yang digunakan pada kursi dan meja. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan kap lampu berstemtur sehingga membuat rumah menjadi lebih cantik.

Desain rumah monokrom dapat menjadi opsi yang tepat untuk Anda gunakan, jika ingin menggunakan konsep  minimalis. Namun, sebelum itu perhatikan warna yang Anda sukai, memulai dengan sedikit-sedikit, dan sebagainya.