Tips dan Trik Membuat Denah Rumah 6×12 yang Inspiratif

Artikel ini terakhir di perbaharui January 22, 2024 by David Ashari
Tips dan Trik Membuat Denah Rumah 6×12 yang Inspiratif

Untuk membuat denah rumah 6×12, orang-orang biasanya akan meminta bantuan dari ahli jasa desain profesional agar hasil yang didapat lebih memuaskan. Namun, jika Anda ingin mencoba berkreasi secara mandiri untuk meringankan biaya pembangunan itu boleh-boleh saja. Sebab, membuat sebuah denah rumah sejatinya bukan hal yang mustahil dilakukan oleh orang awam.

Asalkan Anda tahu bagaimana menerapkan step-by-step dan tips membuat denah rumah yang baik. Termasuk perhitungan luas lahan bagi masing-masing ruang yang bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu bersama tukang. Misalnya, denah seperti apa yang cocok digunakan untuk desain rumah 6×12 tiga kamar. Coba cari tahu pembahasannya di sini aja, yuk!

Cara Membuat Denah Rumah 6×12

Ada beberapa tips dan langkah cara membuat denah rumah 6×12 sendiri yang tentunya bisa Anda simak. Berikut ulasan lebih jauhnya lagi :

Mengumpulkan Referensi Denah Rumah

Langkah pertama yang harus Anda pahami sebagai orang awam jika ingin membuat denah rumah yaitu mencari terlebih dahulu inspirasi desainnya. Anda bisa mendapatkan inspirasi ini dari berbagai sumber seperti majalah arsitektur, mengunjungi pameran perumahan, searching di internet hingga bertamu di rumah orang lain.

Cara yang paling digunakan oleh orang dalam mengumpulkan referensi adalah melakukan pencarian internet. Hal ini karena, internet menyediakan ruang informasi yang tidak terbatas dan pastinya ada banyak rekomendasi desain rumah. Akan tetapi, untuk level pemula alangkah lebih baiknya jika mulai membuat tipe sederhana seperti denah rumah 6×12 memanjang dengan inspirasi desain berikut :

a. Denah rumah minimalis

Denah rumah minimalis 6×12 yang dibuat dengan perancangan 3D dan sangat direkomendasikan bagi tipe hunian keluarga kecil. Dimana untuk bagian kamar anak nantinya bisa langsung ditempatkan di depan dari kamar utama. Selain itu, sediakan area yang terbuka cukup luas untuk dijadikan jalan. Sebagai opsi cara menyatukan ruang tamu langsung rangkap dapur dan tempat keluarga.

b. Denah rumah berkonsep pengoptimalan ruangan

Denah rumah memanjang yang mengusung konsep pengoptimalan ruangan bisa jadi inspirasi desain hunian fungsional berikutnya. Dengan penerapan rancangan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan yang dibuat terpisah dengan tambahan sekat. Selain area dapur yang ditempatkan di bagian luar.

Menentukan Tipe Model Rumah

Pemilihan model rumah merupakan salah-satu tahapan kritis dalam perancangan denah yang benar-benar harus Anda perhatikan. Anda perlu mempertimbangkan dengan baik tipe hunian seperti apa yang diidamkan. Apakah rumah satu lantai yang ramah keluarga atau mungkin dua lantai dengan banyak ruang?

Pasalnya jumlah lantai dan model rumah yang akan Anda pilih nanti bisa mempengaruhi desain denah. Sama seperti halnya desain denah rumah 6×12 memanjang untuk rekomendasi inspirasi di bawah ini :

a. Denah rumah 3 kamar 1 lantai

Denah rumah 6×12 3 kamar tidur tanpa garasi memiliki penataan tata letak masing-masing ruang yang cukup simetris. Terdiri dari 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruang tamu dengan ukuran yang sama besar. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan carport tapi bukan garasi dengan taman pada bagian depan atau belakang rumah.

b. Denah rumah 3 kamar dengan taman yang Luas

Inspirasi berikutnya adalah denah rumah 3 kamar ukuran 6×12 yang memiliki taman luas. Caranya Anda bisa mewujudkan rumah dengan 3 kamar tidur dengan membuat bangunan rumah menjadi 2 lantai secara memanjang. Anda bisa membuat denah rumah 6×12 2 lantai untuk 3 kamar dengan taman luas.

c. Denah rumah 2 kamar tidur

Dalam pembuatan denah rumah 6×12 2 kamar dapat menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing ukuran ruangan. Seperti menyediakan 2 kamar tidur dengan ukuran yang sama besar, lalu 1 kamar mandi dan dapur dengan konsep terbuka. Meskipun konsep ukuran denah ini bisa terbilang lebih kecil tetapi sangat fungsional jika Anda memaksimalkan penataan.

d. Denah rumah 2 lantai ukuran 6×12

Denah rumah 2 lantai 6×12 yang satu ini dapat menambah akses keberadaan ruang jemuran di bagian belakang rumah. Selain jumlah kamar untuk memaksimalkan penggunaan tiap lantai antara atas dan bawah.  Namun, tetap ada space yang bisa Anda bangun kembali jika membutuhkan ruang tambahan.

e. Denah rumah ukuran 6×12 minimalis

Desain rumah minimalis 6×12 dan biayanya memiliki perhitungan yang cukup beragam tergantung lokasi tanah dan penataan konstruksi. Oleh karena itu, denah rumah ukuran 6×12 minimalis perlu Anda pikirkan kembali bagaimana sebaiknya melakukan penataan denah. Apakah dapur bisa diletakan di area depan rumah atau tetap di belakang.

f. Denah rumah ukuran 6×12 dengan balkon

Denah pondasi rumah ukuran 6×12 3 kamar biasanya memiliki rekonstruksi gambar 2 lantai dengan dilengkapi balkon. Keberadaan balkon ini dapat membuat tampak estetik selain bisa digunakan untuk banyak aktivitas seperti tempat bersantai.

Lakukan Riset Standar Kebutuhan Setiap Ruang

Apabila Anda sudah memilih tipe model rumah seperti apa sesuai template standar penempatan ruangan, bukan berarti dibiarkan begitu saja. Akan lebih baik jika Anda kembali melakukan riset dan mempelajari standar penempatan ruang dalam bangunan yang sesuai kebutuhan.

Tujuannya agar bisa memastikan bahwa desain denah yang ingin Anda buat tidak hanya estetis melainkan tetap fungsional. Anda perlu mempertimbangkan aspek-aspek seperti penempatan untuk kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan lainnya. Untuk memperhitungkan bagaimana cahaya alami dapat masuk secara baik ke dalam setiap ruang sesuai posisi/arah hadap rumah.

Menentukan Jumlah Ruangan

Menentukan jumlah ruangan merupakan wujud dari hasil riset yang Anda lakukan. Anda bisa membuat daftar berapa ruangan yang diperlukan. Mulai dari kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan lainnya. Selain pertimbangan ruangan untuk kebutuhan khusus seperti tempat kerja, perpustakaan mini, dan space bermain anak.

Mengukur Luas Lahan dan Ruangan

Mengukur luas lahan dan ruangan berlaku bagi perhitungan dalam mempertimhangkan letak denah yang sesuai. Lakukan pengukuran seakurat mungkin agar mendapat detail hasil yang jadi dasar solid untuk desain denah. Tanpa terkecuali ukuran dari tiap ruangan dan elemen struktur yang ada di dalam rumah.

Membuat Sketsa Denah

Tahapan membuat denah yang selanjutnya adalah gambar sketsa awal. Untuk tahapan ini Anda membutuhkan pensil, penghapus, penggaris, jangka, dan kertas milimeter block untuk memudahkan gambar sketsa. Gunakan skala perbandingan yang bisa menyesuaikan, seperti 1:100 mewakili 100 cm dari 1.

Pemberian Nama pada Masing-Masing Ruangan

Setelah selesai membuat sketsa untuk tiap ruangan itu, Anda bisa memberikan nama pada masing-masing kotaknya. Pilih penggunaan nama yang singkat dan jelas untuk mempermudah membaca denah dalam identifikasi setiap ruang dengan mudah. Contohnya “Kamar Tidur jadi KT”

Berikan Detail Tambahan Informasi

Agar tampilan sketsa denah lebih menarik, tambahkan beberapa detail-detail informasi. Terutama  penempatan furniture atau perabot untuk memahami seberapa besar ruang gerak yang tersedia dalam ruangan. Contohnya : detail tambahan wardrobe, ranjang, night stand untuk kamar tidur 

Cara membuat denah rumah 6×12 merupakan sesuatu yang kemungkinan sangat bisa dipelajari oleh bukan ahli. Jadi, jika Anda tertarik membuat denah rumah untuk diri pribadi tidak masalah saat ingin mencoba terlebih dahulu.