Inspirasi Desain Ruko 2 Lantai 5×12

Artikel ini terakhir di perbaharui April 5, 2024 by David Ashari
Inspirasi Desain Ruko 2 Lantai 5×12

Ada beberapa inspirasi desain ruko 2 lantai 5×12 yang dapat Anda jadikan referensi berikut ini! Ruko dari beragam jenis tipe desain yang menyesuaikan dengan kebutuhan. Diantaranya ruko 2 lantai bergaya minimalis yang termasuk tipe paling banyak diminati oleh orang-orang. Hal ini karena, dianggap lebih fungsional dalam menyediakan cukup ruang untuk dijadikan tempat usaha.

Pada umumnya ruko hampir sama seperti rumah tapak atau apartemen. Selain itu, ruko lebih baik disewa jika dibandingkan dengan membeli apabila dikhususkan sebagai tempat usaha saja. Namun, sebelum memutuskan membeli maupun menyewa ruko kamu perlu melihat beberapa desainnya terlebih dahulu untuk memastikan cocok atau tidak.

Inspirasi Desain Ruko 2 Lantai

Desain ruko 2 lantai memang banyak digunakan untuk ruang usaha maupun tempat tinggal bahkan keduanya. Selain memaksimalkan fungsi lahan, bangunan ruko 2 lantai cukup strategi dijadikan salah-satu properti komersial. Adapun inspirasi desain untuk ruko bertipe 2 lantai ini antara lain :

Desain Menggunakan Space Kanopi dan Balkon

Inspirasi desain ruko 2 lantai yang dapat Anda pertimbangkan adalah gaya bangunan dengan space kanopi dan balkon. Termasuk desain ruko 2 lantai sederhana bergaya minimalis modern yang sedang trend saat ini. Desain yang menggabungkan perpaduan gaya antara industrial atau Skandinavia dengan kolaborasi bangunan terdahulu. Tampilan depan ruko sangat menampakkan kesan minimalis yang tercermin dari material bangunan ditambah kanopi pada bagian depan. Tanpa terkecuali, tambahan batu alam pada fasad bangunan yang mempertegas kesan modern industrial ruko.

Desain dengan Ciri Khas Kaca Lebar

Salah-satu desain ruko 2 lantai terbaik sekarang menggunakan kaca berukuran lebar sebagai pengganti area dinding di depan bangunan. Menjadi referensi desain yang dianggap cukup cerdas jika ruko akan dijadikan tempat usaha. Sebab, penggunaan kaca akan sangat bermanfaat bagi display barang-barang yang dijual. Kelebihan lain dari desain dengan ciri khas kaca lebar ini dapat memaksimalkan sinar matahari ke dalam ruangan. Sehingga, menghemat penggunaan lampu di siang hari yang akan terlihat semakin berkesan ketika pemandangan di luar ikut terekspose. Apalagi jika ada tambahan balkon yang memanjang untuk bisa dijadikan sebagai area bersantai bagi penghuni ruko.

Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern

Desain ruko minimalis 2 lantai merupakan tipe yang paling sering terlihat di kota-kota besar Indonesia. Keunikan dari desain minimalis modern terletak pada bagian fasadnya dengan kombinasi warna yang apik. Membuat tampilan eksterior ruko tampak elegan dan penggunaan warna-warna yang sesuai memberi kesan teduh pada ruko. Desain ruko 2 lantai minimalis juga ada yang menggunakan kaca di setengah bagian dan balkon. Tambahan penggunaan rolling door di lantai bawah yang semakin memperkuat kekhasan desain. Apalagi ada tempat khusus parkir kendaraan bagi pengunjung maupun penghuni.

Desain Lantai 2 dengan Basement

Inspirasi desain yang beberapa tahun mendatang diprediksi akan menjadi tren adalah tipe hunian dengan adanya basement di lantai bawah. Termasuk desain ruko berbasement yang bisa digunakan untuk tempat menyimpan kendaraan. Tipe ini cocok diaplikasikan pada desain ruko 2 lantai 8×16 yang akan memberi kelebihan tersendiri sebagai bangunan komersial. Desain lantai 2 berbasement biasanya lebih dekat dengan anak muda dan tongkrongan. Usaha yang cocok memilih ruko desain ini berarti harus friendly dengan anak muda. Suatu usaha yang dapat menghibur seperti “Live Cafe Music”.

Desain Ruko 2 Lantai yang Tertutup

Ruko secara umum memang kerap dijadikan sebagai toko, tapi tidak jarang juga digunakan sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu, ada tampilan ruko yang lebih tertutup dan private seperti pada tipe desain ruko 2 lantai 4×7. Dinding ruko full dengan bata di sekeliling bangunannya, tapi agar dapat menghilangkan stigma “kaku” pada desain bangunan. Tambahkan balkon kecil di area lantai 2 yang bisa dimanfaatkan sebagai pemanis sekaligus ruang untuk bersantai. Sekaligus kanopi permanen pada area samping depan ruko untuk dapat dijadikan sebagai carport atau area menaruh kendaraan pribadi.

Desain Ruko 2 Lantai Minimalis dengan Atap Pelana

Desain ruko 2 lantai 8×12 bergaya minimalis dengan atap pelana memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari biaya pembangunan atap bisa jadi lebih terjangkau hingga struktur pelana jarang yang mengalami bocor akibat air hujan. Sehingga akan melindungi bangunan dari segala perubahan cuaca. Termasuk ruang kosong yang di bagian plafon dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan barang. Desain ruko 2 lantai bergaya minimalis dengan atap pelana sangat opsional sekali jika dijadikan semacam coffee shop dan lainnya. Jadi, jika Anda memiliki niatan membuka usaha seperti itu sangat disarankan untuk mempertimbangkan desain ini.

Desain Ruko 2 Lantai dengan Rooftop

Desain ruko 2 lantai 7×12 dengan rooftop memiliki beragam fungsi yang bisa dimaksimalkan. Seperti rooftop untuk bersantai, dijadikan taman kecil sistem hidroponik. sampai tempat menyimpan barang yang tetap aman jika terkena sinar matahari atau hujan. Apalagi ruko yang dikhususkan toko, maka rooftop bisa jadi ruang tambahan.

Ketujuh inspirasi desain ruko 2 lantai ini merupakan sebagiany dari yang paling mudah Anda temui di kota-kota besar. Terutama desain ruko 2 lantai 5×12 yang tidak terlalu beda jauh dengan tipe-tipe ulasan di atas. Mulai dari tipe bergaya modern minimalis, ciri khas kaca lebar, kanopi, atap pelana hingga ruko menggunakan rooftop. Nah, desain manakah yang menjadi favorit Anda?