Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Kredit Rumah Tanpa DP

Artikel ini terakhir di perbaharui January 19, 2023 by madindo
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Kredit Rumah Tanpa DP

Dari segi pembeli sendiri, tentunya rumah dengan model kredit tanpa DP pastilah menarik dan menggiurkan, terlebih untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Lalu, sebetulnya apa saja kelebihan dan kekurangan kredit rumah dengan DP 0? Lalu bagaimana tips-tips terbaik untuk menjalankan kredit rumah tanpa DP? Baca selengkapnya di bawah ini!

Kenali kelebihan dan kekurangan rumah tanpa dp

Merujuk pada aturan Bank Indonesia sejak 2018, kredit rumah tanpa DP (down payment) adalah kredit tanpa uang muka alias DP 0 persen yang berlaku untuk membeli rumah pertama. Keunggulannya, aturan rumah bebas PPN dan rumah DP 0 persen telah memberi angin segar bagi sektor properti yang sempat tumbang di awal pandemi Covid 19. 

Namun, rumah tanpa DP juga memiliki kekurangan seperti kenaikan tingkat bunga KPR. Umumnya, untuk program kredit rumah, bank menetapkan fixed rate atau bunga tetap hanya ada di tahun pertama. Kemudian, kreditur dikenakan floating rate (bunga mengambang) pada tahun kedua dan seterusnya.

Kelebihan Kredit Rumah Tanpa DP

Penawaran kredit rumah tanpa DP diklaim dapat membuat kita memiliki rumah tanpa mengeluarkan uang muka. Namun, apakah benar penawaran ini memberikan manfaat serta keuntungan bagi pembelinya? Jadi, jika Anda tertarik dengan program kredit rumah tanpa DP, sangat penting mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Lebih Menghemat Waktu

Program kredit rumah tanpa DP memberi akses bagi mereka yang ingin memiliki rumah dengan cara Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan adanya program ini, pembeli rumah tidak perlu memikirkan biaya DP dan dapat fokus untuk mengumpulkan biaya cicilan tenor. Penawaran ini juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki rumah dengan cara KPR.

Biasanya, keuntungan ini dirasakan bagi masyarakat yang merupakan pasangan muda atau baru menikah. Bisa juga bagi mereka yang baru mendapatkan pekerjaan pertama dengan catatan, sudah memiliki gaji yang memadai untuk membayar cicilan per bulan. Karena biasanya akan sulit dan membutuhkan waktu cukup lama untuk mengumpulkan biaya DP, maka rumah dengan tipe kredit ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap dan cukup untuk menyetor cicilan rumah per bulannya. Selain itu, keunggulan lainnya dari kredit tanpa DP adalah Anda bisa lebih menghemat waktu dan tak perlu lelah-lelah menabung lama supaya bisa mendapatkan rumah impian.

2. Ada Penawaran Diskon

Biasanya, karena ketatnya persaingan antara developer properti yang kian kini kian ramai, Anda dapat menemukan developer rumah yang menyediakan diskon dan berbagai penawaran marketing  yang menarik untuk semua jenis kalangan yang menjadi audiens target penjualan mereka.

Namun, Anda harus waspada karena saat ini marak juga kasus penipuan dari oknum penipu yang menawarkan diskon besar dan cicilan kecil. Pastikan Anda melakukan survey dulu untuk memeriksa keabsahan diskon yang diberikan dan harap diwaspadai apabila sekiranya ada penawaran diskon yang dinilai tak masuk akal. 

3. Bisa Kredit Semuah rumah

Tidak hanya rumah tapak, program beli rumah tanpa DP ternyata juga berlaku pada properti jenis lain seperti ruko, rumah susun hingga rumah kantor. Namun, program rumah tanpa DP ini hanya berlaku untuk pembelian properti pertama saja. Sedangkan, untuk kredit properti kedua dan seterusnya yang tidak lebih dari 21 meter persegi akan diberlakukan skema pembiayaan uang di muka karena sudah dianggap sebagai bentuk investasi.

Meskipun demikian, Anda akan mendapat banyak pilihan jenis rumah yang ideal untuk kebutuhan Anda beserta keluarga. Dengan adanya program kredit ini, Anda juga lebih mudah membuka usaha di rumah karena Anda berkesempatan untuk membeli ruko atau rukan dengan program kredit tanpa DP.

4. Banyak Waktu untuk Mempersiapkan Cicilan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, keuntungan program kredit DP 0 memang membuat Anda tidak perlu pusing memikirkan asal usul uang DP rumah. namun, selain itu, Anda juga bisa lebih banyak waktu untuk mengumpulkan uang cicilan. Karena tidak ditekan oleh uang DP berjumlah besar yang harus keluar di awal perjanjian jual beli.

Anda dapat lebih fokus untuk memikirkan uang cicilan bulanan agar bisa membayar secara teratur. Selain itu, tidak memakan waktu lama, apabila properti sudah tersedia, Anda juga dapat segera menghuninya. Apabila Anda sudah mengumpulkan dana besar untuk DP, Anda juga bisa gunakan dana tersebut untuk membayar cicilan rumah pada bulan-bulan berikutnya.

5. Ada Penawaran Diskon

Biasanya, karena ketatnya persaingan antara developer properti yang kian kini kian ramai, Anda dapat menemukan developer rumah yang menyediakan diskon dan berbagai penawaran marketing  yang menarik untuk semua jenis kalangan yang menjadi audiens target penjualan mereka.

Namun, Anda harus waspada karena saat ini marak juga kasus penipuan dari oknum penipu yang menawarkan diskon besar dan cicilan kecil. Pastikan Anda melakukan survey dulu untuk memeriksa keabsahan diskon yang diberikan dan harap diwaspadai apabila sekiranya ada penawaran diskon yang dinilai tak masuk akal.

6. Bisa kredit semua tipe rumah

Rumah bisa juga menjadi ladang investasi bagi mereka yang ingin memiliki passive income di masa tua. Dengan membeli rumah tanpa DP, tentu ini akan sangat menguntungkan terutama bagi para investor karena tidak memerlukan modal yang besar di awal.             

Selain Anda bisa menyewakan rumah tipe ini, Anda juga bisa menyiapkan tabungan masa depan bagi keturunan Anda. Aset yang Anda investasikan ini tentunya akan sangat berguna di kemudian hari.

Kekurangan Kredit Rumah Tanpa DP

Ada keuntungan maka biasanya ada kekurangan yang melengkapinya. Anda bisa mempertimbangkan solusi-solusinya apabila Anda sudah pahami deretan kekurangan dari program kredit rumah tanpa DP berikut ini:

1. Cicilan Lebih Tinggi

Program rumah tanpa uang muka memang terasa ringan di awal, tetapi ini memiliki arti akan menjadi utang yang harus dibayar. Jika utang tinggi, secara otomatis, tempo cicilan pun akan semakin panjang dan berat.  Oleh sebab itu, diperlukan pertimbangan  kesiapan dana Anda ke depannya agar pembayaran cicilan dapat berjalan lancar.

Apabila Anda ingin mencoba penawaran kredit rumah tanpa DP, perhitungkan terlebih dahulu mengenai jumlah cicilan yang tinggi setiap bulannya dan buatlah skema persiapan dana yang matang agar tidak terjadi pembayaran macet atau tunggakan cicilan.

2. Hanya Berlaku untuk Pembelian Pertama 

Perlu diingat bahwa penawaran program kredit rumah tanpa DP ini hanya untuk kredit properti pertama saja. Sementara untuk kredit properti kedua dan selanjutnya tetap diberlakukan aturan pembayaran uang muka. Sehingga peluang ini bisa jadi hanya sekali untuk satu nama yang melakukan pengajuan.

Anda sebaiknya maksimalkan peluang ini dengan mencari developer terpercaya dan memiliki kredibilitas serta legalitas yang valid dan aman sehingga terhindar dari adanya penipuan program kredit rumah.

3. Ada Kenaikan Bunga KPR

Kekurangan dari kredit rumah tanpa DP adalah adanya kenaikan tingkat bunga KPR. Biasanya untuk program kredit rumah, bank menetapkan fixed rate (bunga tetap) hanya di tahun pertama. Kemudian kreditur dikenakan floating rate (bunga mengambang) di tahun kedua dan seterusnya. 

Melansir laman Lokalist, dikatakan bahwa dengan bunga cicilan yang semakin berat, kita mulai perlu mengantisipasinya dengan perencanaan keuangan yang cermat agar tetap dapat membayar cicilan dengan tenang. 

Tips Menghadapi Kredit Rumah Tanpa DP

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit rumah DP 0 ini, Anda sebaiknya mengetahui beberapa tips menghadapi kredit rumah tanpa DP berikut inia1

1. Buat Perhitungan yang Matang

Sebelum memutuskan kredit rumah tanpa DP, kita harus membuat perhitungan yang matang karena program ini menuntut tanggung jawab selama bertahun-tahun. Dilansir dari sistus web Credit Sesame, sebaiknya Anda tidak terburu-buru memutuskan ikut program kredit semacam ini melalui KPR hanya karena iming-iming DP nol persen. Sebenarnya, kredit akan lebih mudah untuk dikelola, jadi tidak ada alasan untuk tidak memahami gambaran kredit Anda secara keseluruhan sebelum memulai pencarian rumah.

Buat perhitungan yang matang dengan cara mengkalkulasikan rasio cicilan dan penghasilan per bulan. Jumlah seluruh cicilan yang harus dibayar sebaiknya jangan lebih dari 30 persen total penghasilan atau total penghasilan harus lebih besar 3 kali lipat dari jumlah cicilan.

2. Ajukan KPR ke berbagai Bank

Akibat rumitnya syarat administrasi dan dokumen-dokumen yang diperlukan, banyak orang yang mengajukan kredit rumah melalui KPR hanya ke satu bank saja. Padahal, hal ini sangat tidak disarankan karena kemungkinan diterima semakin kecil. 

Ada banyak sekali biaya, syarat, dan pertimbangan lain yang unik untuk kepemilikan rumah. Anda perlu mengetahui biaya-biaya dan persyaratan ini dan pertimbangan apakah sesuai dengan anggaran masa depan Anda, karena hal terakhir yang Anda inginkan adalah membeli rumah impian Anda.

Sebaiknya lawan rasa malas Anda dalam menyiapkan syarat KPR dan dokumen-dokumen yang diperlukan. Lalu ajukan KPR ke beberapa bank agar saat ditolak dari bank pertama, masih ada kesempatan diterima oleh bank lainnya.

3. Lengkapi Syarat Administrasi

Sebelum mengajukan permohonan kredit rumah tanpa DP melalui KPR, Anda harus meneliti dulu syarat-syarat administrasinya dengan saksama. Berkaitan dengan syarat administrasi, biasanya banyak dokumen yang harus disiapkan. Jangan sampai ada persyaratan KPR atau dokumen yang tertinggal saat Anda submit pengajuan kredit ke bank, karena apabila satu syarat tak terpenuhi otomatis pengajuan akan langsung ditolak.

Adapun daftar dokumen yang biasanya harus disiapkan, yaitu catatan rekening tabungan, rekening tabungan rutin, serta slip gaji bulanan dan surat keterangan dari tempat kerja bagi karyawan. Sedangkan bagi pengusaha, siapkan dokumen laporan keuangan selama minimal 2 tahun. Selain itu, jangan lupa siapkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau SPT PPH 21, serta kartu identitas pribadi seperti KTP dan kartu keluarga.

4. Pilih Waktu yang Tepat untuk Pengajuan

Dalam mengajukan kredit rumah tanpa DP atau fasilitas kredit lainnya, Anda harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk pengajuannya. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu soal hal ini.  Lalu kapan waktu yang tepat tersebut? Sebaiknya, ajukan kredit pada minggu ketiga dan keempat dalam bulan tertentu. Alasannya karena lembaga perbankan pada periode ini biasanya sedang mengejar target penyaluran kredit kepada nasabah.

5. Pilih Pengembang/Developer yang Menawarkan Diskon

Sebelum mengajukan kredit rumah tanpa DP melalui KPR, sebaiknya Anda melakukan survei untuk mencari pengembang yang menawarkan diskon dan harga rumah terjangkau. Pilih rumah dijual yang harganya paling sesuai dengan kondisi budget Anda. Semakin terjangkau harga rumah, maka akan semakin ringan pula beban cicilan. Namun, Anda harus memastikan bahwa pengembang tersebut memiliki kredibilitas yang terpercaya.

Itulah tips, kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda dapatkan jika membeli rumah melalui program KPR tanpa DP ini. Saat ini banyak program kredit rumah tipe DP 0 yang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Beberapa hunian kini tersedia dengan menggunakan program KPR. Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan pengembang yang Anda percaya, untuk mewujudkan hunian impian Anda di masa depan!