Apakah Bisa Beli Rumah KPR Tanpa DP?

Artikel ini terakhir di perbaharui October 18, 2023 by David Ashari
Apakah Bisa Beli Rumah KPR Tanpa DP?

Apakah mungkin bisa membeli rumah KPR tanpa DP? Pertanyaan ini kerap muncul ketika seseorang hendak membeli rumah namun belum mempersiapkan uang muka. Ya, uang muka atau DP memang menjadi salah satu syarat untuk membeli rumah dengan metode kredit. Umumnya uang muka yang dibebankan kepada pembeli adalah sebesar 10 hingga 20% dari harga rumah, tergantung dari kebijakan bank.

Tentunya mengumpulkan uang muka bukanlah perkara mudah. Banyak orang yang kesulitan menyisihkan sebagian uang untuk DP rumah karena uangnya sudah digunakan untuk membayar kontrakan rumah. Itulah sebabnya, rumah tanpa DP menjadi salah satu impian kebanyakan orang.

Nah kabar baiknya, saat ini perbankan dan pemerintah telah sepakat untuk mempermudah masyarakat berpenghasilan rendah dalam memperoleh rumah, salah satunya dengan program KPR tanpa DP. Lantas bagaimana cara membeli rumah tanpa DP? Simak ulasan berikut ini!

Pengertian KPR Rumah Tanpa DP

KPR tanpa DP merupakan kredit pemilikan rumah yang memungkinkan pembeli untuk bisa mulai mencicil rumah tanpa harus membayar uang muka. Awalnya kredit rumah tanpa DP tidak diperbolehkan karena ini bertentangan dengan Peraturan Bank Indonesia yang menyatakan bahwa minimal uang muka untuk pembiayaan rumah adalah sebesar 15%. Namun sejak diterbitkannya Peraturan Bank Indonesia nomor 23/2/PBI/2021 di awal 2021 lalu, kredit tanpa uang muka diperbolehkan. 

Meskipun demikian, tidak semua bank bisa menyalurkan kredit tanpa DP tersebut. Hanya bank-bank tertentu dengan rasio kredit bermasalah tidak lebih dari 5% yang diperbolehkan untuk menggunakan skema ini. Untuk itulah perbankan juga berhati-hati dalam memberikan KPR tanpa DP.

Syarat Mengajukan KPR Rumah Tanpa Uang Muka

Sama seperti bank yang menyalurkan, tidak semua orang bisa mengajukan KPR tanpa DP. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membeli rumah tanpa DP tersebut, antara lain:

  • WNI minimal 21 tahun atau telah menikah
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Memiliki ranking kredit yang sehat

Selain persyaratan diatas, orang yang hendak mengajukan KPR tanpa DP perlu mempersiapkan dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP pribadi dan KTP suami/istri (jika sudah menikah)
  2. Fotokopi NPWP Pribadi
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan
  5. Surat Keterangan Kerja (khusus pegawai)
  6. Surat Izin Praktik (khusus profesional)
  7. Fotokopi Rekening Koran
  8. Fotokopi Surat Nikah/Cerai
  9. Akta pisah harta dari notaris (jika ada)

Cara Membeli Rumah Tanpa DP

Jika Anda memenuhi persyaratan yang telah disebutkan diatas, maka Anda bisa membeli rumah tanpa DP. Lantas bagaimana langkahnya? Yuk, simak!

1. Memilih Rumah yang Ingin Dibeli

Tentunya sebelum Anda mengajukan KPR tanpa DP ke bank, Anda harus memilih rumah impian terlebih dahulu. Sebelumnya Anda juga perlu memastikan bahwa rumah tersebut bisa dibeli dengan cara KPR. Untuk bisa dilakukan pembiayaan KPR, rumah tersebut harus memiliki surat-surat yang lengkap dan tanpa sengketa.

2. Kunjungi Bank Penyedia KPR

Setelah mendapatkan rumah impian, selanjutnya Anda perlu mengunjungi bank yang menyediakan fasilitas KPR. Ingat, tidak semua bank menyediakan fasilitas KPR tanpa DP. Beberapa bank yang memberikan layanan rumah tanpa DP antara lain Bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, dan CIMB Niaga. Anda sebaiknya memilih bank yang menawarkan KPR dengan bunga yang rendah agar angsuran lebih murah.

3. Survey Kelayakan dari Bank

Setelah dokumen persyaratan rumah tanpa DP diserahkan ke bank, selanjutnya bank akan melakukan survey kelayakan. Tujuannya adalah untuk melihat apakah nasabah mampu melunasi cicilan hingga selesai atau tidak. Bank juga akan mengecek riwayat kredit nasabah melalui BI checking.

4. Persetujuan Kredit

Setelah dinyatakan layak untuk mendapatkan pembiayaan kredit, selanjutnya Anda akan mengurus dan menandatangani SPK atau Surat Perjanjian Kredit dengan bank. Jika sudah selesai, Anda perlu menunggu beberapa waktu hingga kredit bisa dicairkan dan pembayaran cicilan kredit bisa mulai dilakukan.

Rekomendasi Rumah Tanpa Uang Muka di Jakarta

Kota berpenduduk sekitar 10,5 juta jiwa (data 2019), Jakarta merupakan salah satu dari tujuh kota terpadat di Indonesia. Meski menyandang nama kota metropolis dengan biaya hidup yang terbilang mahal, nyatanya banyak orang di Jakarta yang ingin memiliki rumah. Berikut adalah kawasan hunian paling yang diminati di Jakarta

Modern French House

modern french house linktown

 Modern French House adalah salah satu rumah yang menawarkan program KPR tanpa DP. Terletak di Cakung Timur, Jakarta Timur dengan tema desain rumah modern dari Perancis  dirasa sangat cocok untuk pasangan eksekutif muda maupun kaum milenial yang mencari hunian modern dari negara Perancis.

Dengan luas tanah 84m² dan luas bangunan 103m², rumah tanpa DP ini menawarkan kenyamanan suasana di perumahan Perancis dengan suasana sejuk hijaunya dedaunan yang asri. Berada di wilayah strategis di Jakarta Timur dengan harga rumah mulai dari Rp 1,600,000,000 ini, tentunya bisa jadi daftar incaran Anda!

Linktown La Seine

Linktown La Seine

Rumah selanjutnya adalah Linktown La Seine. Rumah yang memiliki desain estetik dan mewah di Jakarta Timur ini bisa Anda miliki tanpa membayar DP. Selain tanpa DP, rumah ini bisa dimiliki dengan harga mulai dari 1,7 milyar dan cicilan mulai dari Rp 8 juta per bulan, rumah dengan konsep Eropa ini begitu mengagumkan untuk diincar.  Dengan luas tanah sekitar 75 m2 dan luas bangunan 74 + 21 m2, Linktown La Seine berada di wilayah strategis di Cakung, Jakarta Timur.

Selain itu, keunggulannya adalah wilayah rumah terletak di lokasi strategis yang dekat dengan sekolah, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. Rumah dalam cluster ini juga dijaga dengan cluster gate yang mewah dan aman, serta memiliki taman dan clubhouse yang nyaman dan indah untuk aktivitas keluarga. Rumah ini sangat ideal untuk pasangan baru atau keluarga kecil.

Linktown Mahakam

Linktown Mahakam

 Linktown Mahakam ini menarik siapapun yang ingin hidup di lingkungan modern di Jakarta. Keunggulan paling utama adalah lokasi yang strategis dekat pusat perbelanjaan IKEA, AEON serta dekat pintu tol. Meliputi area seluas 370 hektar, klaster berbagai ruang komersial dan gaya hidup ini terus berkembang pesat. 

Anda tidak perlu keluar dari kawasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rumah yang nampak mewah ini menyuguhkan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu antara lain 5 menit dari Mandiri Global School, 5 menit dari Klinik Siloam dan 15 menit dari Kelapa Gading (Mall Of Indonesia).  

Rumah Tanpa DP di BSD

BSD adalah daerah yang tertata rapi dilengkapi dengan hamparan lahan terbuka hijau juga menjadi alasan mengapa banyak orang  ingin memiliki rumah di sana. Tak hanya di Jakarta, program KPR tanpa DP juga hadir di wilayah BSD. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli rumah BSD dengan DP 0%, Simak ulasannya di bawah ini.  

Linktown Yume BSD

linktown yume

Linktown Yume BSD memiliki luas tanah sekitar 74 m2, komplek perumahan ini dilengkapi dengan jogging track, clubhouse, children playground, dan kolam renang, rumah ini memiliki fasilitas lingkungan super lengkap yang bisa dinikmati untuk menghabiskan waktu beristirahat di hunian idaman. 

Lokasinya strategis dan cukup dekat dari berbagai fasilitas seperti rumah sakit Omni, Universitas Prasetiya Mulya, Aeon Mall, dan pintu tol. Dengan harga mulai dari RP 600 juta dan cicilan hanya Rp 3 juta per bulan, rumah estetik di BSD city ini layak jadi top list incaran Anda para pemburu rumah murah dengan desain mewah!

Flat House BSD

Flat House BSD

Rumah dengan luas tanah yang tidak begitu lebar serta memiliki konsep apartment ini dibangun dengan posisi yang sempurna di BSD. Flat House BSD menawarkan investasi yang menguntungkan dan hanya satu langkah menuju Future Development West Center Business District. Myza adalah sebuah karya dari salah satu developer terbaik di BSD, dengan desain Premium Minimalist menjadikan rumah ini sangat nyaman untuk keluarga Anda. 

Rumah mewah yang ada di kawasan strategis dan dengan harga yang cukup murah, mulai dari Rp 900 juta dan cicilan mulai dari Rp 4 juta per bulan. Dengan luas tanah 30 m2 dan terletak di lokasi yang serba dekat dengan mall, universitas, pintu tol, dan juga beberapa amusement park di BSD. Strategis bukan?

Linktown Giantara BSD

Linktown Giantara BSD

 Linktown Giantara BSD adalah kawasan hunian nyaman yang berada dekat kawasan BSD ini menawarkan program KPR tanpa DP yang cukup terjangkau mulai dari Rp 1,2 milyar dan cicilan mulai dari Rp 5 juta per bulannya. Luas tanahnya mencapai 60 m2. Areanya berada dekat dengan stasiun kereta dan exit tol, sehingga sangat cocok untuk Anda yang punya hobi jalan-jalan.

Pilihan tipe unitnya beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Lingkungan di cluster ini juga didesain sangat nyaman dengan tata ruang yang memudahkan Anda sekeluarga untuk lebih aktif berjalan kaki. Kawasannya yang rindang juga membuat clusternya cocok untuk aktivitas luar ruangan seperti jogging, bersepeda, atau kegiatan olahraga lainnya.

Rumah Tanpa DP di Bekasi

Selain di Jakarta dan BSD, rumah tanpa DP hadir juga di Bekasi. Pergerakan harga perumahan di Bekasi semakin menantang. Selain Ibukota Jakarta, daerah Bekasi juga dinilai lebih menjanjikan dari segi real estate.Ingin tahu seperti apa rumah tanpa DP dan berapa biayanya? Simak informasi berikut ini:    

Linktown Maja Residence

Linktown Maja Residence

Buat Anda yang ingin memiliki hunian atau berinvestasi rumah di Bekasi, Linktown Maja Residence adalah pilihan cerdas! Rumah dengan Open Space Concept membuat hunian minimalis ini cukup untuk memberi kenyamanan pada keluarga Anda. Lalu, rumah ini  telah dilengkapi dengan Smart Home System yang akan memanjakan aktivitas Anda dengan keluarga di rumah.

Perumahan ini juga mempunyai daerah yang sangat strategis, sebut saja The Plaza Culinary yang areanya akan memanjakan Anda yang suka sekali kulineran. Hebatnya lagi, perumahan ini juga sudah ada Water Park juga lho. Tentu, Anda tak perlu jauh- jauh keluar perumahan untuk menikmati berbagai fasilitasnya. Rumah dengan luas tanah 72m2 ini mulai dibandrol dengan harga Rp 500 juta dan cicilan mulai dari Rp 3 juta per bulan. Cocok bukan bagi Anda yang mencari rumah murah dengan desain mewah!

Munich Freesia

linktown Munich Freesia

Dengan konsep modern minimalis, rumah tanpa DP di Bekasi ini boleh masuk ke daftar incaran Anda. Walaupun rumahnya mungil, namun Munich Freesia  terdapat 3 kamar yang cukup untuk sekeluarga. Cukup ruang untuk keluarga baru yang memiliki anak-anak dan juga perabotan yang banyak. 

Dengan luas tanah 60 m2, rumah ini terletak di lokasi yang cukup strategis karena dekat dengan sekolah dan wilayah hijau yang asri. Dengan harga rumah mulai dari Rp 600 juta, Anda juga ditawarkan untuk mencicil dengan nominal yang cukup ringan, yaitu Rp 3 juta per bulan. Dapat rumah estetik, harganya juga lumayan menggelitik!

Linktown Pasadena

Linktown Pasadena

Terakhir, rumah program KPR tanpa DP yang ada di Bekasi ialah Linktown Pasadena. Perumahan ini adalah salah satu district yang terinspirasi dari daerah terkenal di Los Angeles, Amerika Serikat. Daerah Pasadena terkenal memiliki perpaduan nuansa tropis latin dengan perpaduan alam yang berkelas dan eksotis. Itulah yang coba dikembangkan di perumahan Pasadena ini.

Dengan luas tanah sekitar 72 m2, Pasadena menawarkan konsep rumah futuristik dengan desain modern minimalis yang modelnya masih jarang Anda temui di tempat lain, lho. Harga rumah ini juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 800 juta dan cicilan mulai dari Rp 4 juta per bulan, Anda sudah bisa menggenggam kunci hunian idaman keren ini! Sebagai nilai plus lain, perumahan ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti Clubhouse, Children Playground, Waterpark, dan lain-lain.

Membeli rumah tanpa DP bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil namun kesulitan mengumpulkan uang muka. Meskipun demikian, ada konsekuensi yang harus diambil dari kredit tanpa DP, yaitu biaya angsuran yang lebih besar atau tenor yang lebih panjang karena jumlah pembiayaan menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, sebelum membeli rumah, pastikan Anda telah memikirkannya dengan matang dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.