Ingin Membeli Rumah Tanpa DP, Benarkah Bisa?

Artikel ini terakhir di perbaharui January 6, 2023 by madindo
Ingin Membeli Rumah Tanpa DP, Benarkah Bisa?

Apakah mungkin bisa membeli rumah tanpa DP? Pertanyaan ini kerap muncul ketika seseorang hendak membeli rumah namun belum mempersiapkan uang muka. Ya, uang muka atau DP memang menjadi salah satu syarat untuk membeli rumah dengan metode kredit. Umumnya uang muka yang dibebankan kepada pembeli adalah sebesar 10 hingga 20% dari harga rumah, tergantung dari kebijakan bank.

Tentunya mengumpulkan uang muka bukanlah perkara mudah. Banyak orang yang kesulitan menyisihkan sebagian uang untuk DP rumah karena uangnya sudah digunakan untuk membayar kontrakan rumah. Itulah sebabnya, rumah tanpa DP menjadi salah satu impian kebanyakan orang.

Nah kabar baiknya, saat ini perbankan dan pemerintah telah sepakat untuk mempermudah masyarakat berpenghasilan rendah dalam memperoleh rumah, salah satunya dengan program KPR tanpa DP. Lantas bagaimana cara membeli rumah tanpa DP? Simak ulasan berikut ini!

Pengertian KPR Tanpa DP

KPR tanpa DP merupakan kredit pemilikan rumah yang memungkinkan pembeli untuk bisa mulai mencicil rumah tanpa harus membayar uang muka. Awalnya kredit rumah tanpa DP tidak diperbolehkan karena ini bertentangan dengan Peraturan Bank Indonesia yang menyatakan bahwa minimal uang muka untuk pembiayaan rumah adalah sebesar 15%. Namun sejak diterbitkannya Peraturan Bank Indonesia nomor 23/2/PBI/2021 di awal 2021 lalu, kredit tanpa uang muka diperbolehkan. 

Meskipun demikian, tidak semua bank bisa menyalurkan kredit tanpa DP tersebut. Hanya bank-bank tertentu dengan rasio kredit bermasalah tidak lebih dari 5% yang diperbolehkan untuk menggunakan skema ini. Untuk itulah perbankan juga berhati-hati dalam memberikan KPR tanpa DP.

Syarat Mengajukan KPR Tanpa DP

Sama seperti bank yang menyalurkan, tidak semua orang bisa mengajukan KPR tanpa DP. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membeli rumah tanpa DP tersebut, antara lain:

  • WNI minimal 21 tahun atau telah menikah
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Memiliki ranking kredit yang sehat

Selain persyaratan diatas, orang yang hendak mengajukan KPR tanpa DP perlu mempersiapkan dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP pribadi dan KTP suami/istri (jika sudah menikah)
  2. Fotokopi NPWP Pribadi
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan
  5. Surat Keterangan Kerja (khusus pegawai)
  6. Surat Izin Praktik (khusus profesional)
  7. Fotokopi Rekening Koran
  8. Fotokopi Surat Nikah/Cerai
  9. Akta pisah harta dari notaris (jika ada)

Cara Membeli Rumah Tanpa DP

Jika Anda memenuhi persyaratan yang telah disebutkan diatas, maka Anda bisa membeli rumah tanpa DP. Lantas bagaimana langkahnya? Yuk, simak!

1. Memilih Rumah yang Ingin Dibeli

Tentunya sebelum Anda mengajukan KPR tanpa DP ke bank, Anda harus memilih rumah impian terlebih dahulu. Sebelumnya Anda juga perlu memastikan bahwa rumah tersebut bisa dibeli dengan cara KPR. Untuk bisa dilakukan pembiayaan KPR, rumah tersebut harus memiliki surat-surat yang lengkap dan tanpa sengketa.

2. Kunjungi Bank Penyedia KPR

Setelah mendapatkan rumah impian, selanjutnya Anda perlu mengunjungi bank yang menyediakan fasilitas KPR. Ingat, tidak semua bank menyediakan fasilitas KPR tanpa DP. Beberapa bank yang memberikan layanan rumah tanpa DP antara lain Bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, dan CIMB Niaga. Anda sebaiknya memilih bank yang menawarkan KPR dengan bunga yang rendah agar angsuran lebih murah.

3. Survey Kelayakan dari Bank

Setelah dokumen persyaratan rumah tanpa DP diserahkan ke bank, selanjutnya bank akan melakukan survey kelayakan. Tujuannya adalah untuk melihat apakah nasabah mampu melunasi cicilan hingga selesai atau tidak. Bank juga akan mengecek riwayat kredit nasabah melalui BI checking.

4. Persetujuan Kredit

Setelah dinyatakan layak untuk mendapatkan pembiayaan kredit, selanjutnya Anda akan mengurus dan menandatangani SPK atau Surat Perjanjian Kredit dengan bank. Jika sudah selesai, Anda perlu menunggu beberapa waktu hingga kredit bisa dicairkan dan pembayaran cicilan kredit bisa mulai dilakukan.

Membeli rumah tanpa DP bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil namun kesulitan mengumpulkan uang muka. Meskipun demikian, ada konsekuensi yang harus diambil dari kredit tanpa DP, yaitu biaya angsuran yang lebih besar atau tenor yang lebih panjang karena jumlah pembiayaan menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, sebelum membeli rumah, pastikan Anda telah memikirkannya dengan matang dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.