Perhatikan Hal Ini Sebelum Membangun Rumah Lantai Mezzanine

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
Perhatikan Hal Ini Sebelum Membangun Rumah Lantai Mezzanine

Rumah yang unik merupakan idaman setiap orang. Salah satunya adalah dengan memiliki rumah dengan lantai mezzanine. Dengan ruangan yang minimalis, Anda bisa membuat lantai mezzanine, yang tentunya akan menambah estetika rumah dan dapat membuat rumah terasa luas. Nah, sebelum memutuskan untuk membuat lantai mezzanine, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Yuk, simak ulasannya!

1. Tinggi Ideal Lantai Mezzanine

rumah mezzanine

Untuk membuat rumah lantai mezzanine yang minimalis, tentunya Anda harus memperhatikan tinggi ideal dari langit-langit rumah mezzanine. Dilansir dari Impressive Interior Design, tinggi minimal ruangan lantai mezzanine yang tepat adalah 440 cm. 

Baca Juga : Ini Dia Cara KPR Rumah, Lengkap dengan Simulasi KPR Bank!

Lantai mezzanine yang ideal adalah 1/3 dari ukuran lantai bawah. Nah, jika Anda memutuskan untuk menggunakan lantai mezzanine kaca, Anda harus perhatikan bahwa sebagian besar ruang yang harus Anda kerjakan adalah 1/8 dari lantai bawah. 

2. Tentukan Tujuan 

rumah mezzanine

Sebelum membangun model rumah mezzanine Anda yang minimalis, tentunya Anda perlu untuk menentukan tujuan membuat lantai mezzanine tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai ruang baca, tempat santai, ataupun tempat bekerja. Anda tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda.  

Jika hunian Anda berbentuk apartemen, tidak ada salahnya untuk menjadikan lantai mezzanine Anda sebagai ruang tidur. Namun, jika berbentuk rumah, hindari untuk membuatnya sebagai kamar tidur karena bentuk mezzanine yang terbuka dan kurang adanya privasi. 

3. Pencahayaan yang Smart

rumah mezzanine

Jika Anda ingin membuat lantai mezzanine di rumah Anda, pastikan ruangan Anda memiliki sistem pencahayaan yang smart. Pastikan Anda bisa mengontrol lampu dengan mudah, baik atas maupun bawah. Hal ini memudahkan Anda untuk mematikan lampu lantai mezzanine, walaupun Anda tidak berada di atas. 

4. Pilih Tangga yang Sesuai 

rumah mezzanine

Tujuan membuat rumah dengan lantai mezzanine salah satunya adalah untuk memaksimalkan ruangan yang ada. Nah, oleh karena itu pastikan Anda memilih tangga yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti pada konsep gambar rumah lantai mezzanine di atas. Tidak hanya menambah estetik ruang, namun juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan. Sangat praktis bukan?

5. Perhatikan Furniture 

perhatikan funiture

Pemilihan furniture juga merupakan salah satu yang perlu dipertimbangkan saat memiliki rumah mezzanine yang minimalis. Karena luas lantai mezzanine yang tidak terlalu luas, pastikan Anda tidak memilih furniture yang terlalu besar. Hal ini justru akan membuat lantai mezzanine Anda terlihat sempit. 

Baca Juga: Kenali Cara Menghitung KPR Rumah dan Cicilannya, Penting!

6. Jadilah Kreatif

Ten mezzanines that provide homes with additional floorspace

Sebelum membangun lantai mezzanine, Anda perlu mendesain rancangan yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan jasa, ataupun membuat design sendiri. Sangat perlu untuk mendesain lantai mezzanine secara kreatif dan unik, agar nantinya Anda dan keluarga dapat menikmatinya. 

Nah, itulah tips sebelum membangun lantai mezzanine untuk Anda. Bagi Anda yang sedang mencari hunian nyaman, klik di sini untuk menemukan rumah idaman untuk Anda dan keluarga tercinta. Semoga tips kali ini bermanfaat ya!