Apa Saja Jenis Ikan Koi? Simak Ini!

Artikel ini terakhir di perbaharui April 25, 2024 by David Ashari
Apa Saja Jenis Ikan Koi? Simak Ini!

Ada banyak jenis ikan koi yang memiliki kekhasan tersendiri sebagai ikan pelambang cinta dan keburuntungan. Melalui pengembangan selektif yang dilakukan oleh petani ikan Jepang, negara asal koi mulai diperkenalkan pada abad ke 17. Sehingga menjadi ikon budaya dan simbol keindahan dalam dunia akuakultur yang dikenal oleh seluruh negara di dunia sekarang. Ikan koi pada awalnya dibawa ke Jepang dari dataran Tiongkok untuk dijadikan bahan makanan. Namun, saat ini ikan koi lebih dikenal sebagai ikan hias air tawar yang memperindah tata letak ruangan sebagai keestetikan di dalam rumah. Termasuk di Indonesia, koi menjadi primadona ikan yang ditawarkan kolektor dengan harga relatif mahal.

Jenis Jenis Ikan Koi 

Adapun jenis jenis ikan koi yang sering dan langka Anda temukan di antaranya ke 12 varietes berikut. Jenis koi yang mempunyai beragam corak sisik dengan masing-masing keunikan.

Ikan Koi Shanke

Salah-satu ikan koi yang terkenal yaitu jenis taisho sanke. Ikan koi yang memiliki corak dasar putih dan pola overlay merah. Jenis ikan koi dan harganya yang satu ini sering dicari oleh para kolektor dunia dengan banderol sekitar Rp 500 ribuan. Kombinasi keunikan corak dan harga taisho sanke yang relatif terjangkau tentu menjadikan opsi menarik bagi para pecinta ikan hias air tawar.

Ikan Koi Tancho

Jenis ikan koi dan harganya untuk varietes kohaku seperti tancho berada di antara range Rp 125-550 ribu. Ikan koi yang mempunyai ciri khas satu titik merah di kepala seperti red-crowned crane dan sangat dihormati di Jepang. Jenis ini termasuk koi pilihan yang tentu memiliki banyak peminat karena keindahan dari dasar keunikan tersebut.

Ikan Koi Hi Utsuri

Variasi ikan koi hi utsuri menonjol di bagian warna gelap dan corak yang terdiri dari hitam, orange, dan merah tua. Mempunyai dua varietes yakni gin rin hi utsuri dan doitsu hi utsuri. Jenis-jenis koi dan gambarnya varietes hi utsuri ini dapat Anda lihat di internet dengan harga antara Rp125.000 hingga Rp300.000. Tergantung pada intensitas warna merah gelap hingga oranye yang dimilikinya.

Ikan Koi Kumonryu

Kumonryou termasuk jenis ikan koi yang bagus dengan keunikan corak abu-abu dan putih susu abstrak tidak berpola. Bahkan jenis koi kumonryu dapat mengubah polanya berkali-kali selama hidup dari warna hitam pekat dengan kombinasi lain. Harga dari ikan koi jenis ini sekitar Rp 600.000 per ekor yang relatif terjangkau untuk kisaran ikan hias lohan.

Ikan Koi Goromo

Jenis ikan koi lokal kohaku terdiri dari tiga varietes goromo yaitu. Pertama budo goromo dengan tepi biru di luar skala. Kemudian ada ai goromo dengan tepi biru di dalam sisik merah. Ketiga baru sumi goromo dengan tepi hitam yang menciptakan pola hampir sepenuhnya hitam. Harga ikan koi jenis goromo mulai dari Rp 1,8 jutaan sesuai kualitas yang mencerminkan keindahan coraknya. 

Ikan Koi Gomon

Selain varietes goromo, jenis ikan koi termahal selanjutnya ada gomon dengan banderol harga sekitar Rp 1,5 juta. Jenis koi yang memiliki warna khusus kuning keemasan sebagai daya tarik di kalangan para kolektor. Gomon merupakan jenis koi hasil persilangan antara varietes berpunggung kuning dan Shiro-Fuji.

Ikan Koi Hikarimono

Harga ikan koi jumbo untuk jenis hikarimono kurang lebih sekitar Rp 700 ribu per ekor. Hikarimoyomono adalah ikan koi yang mempunyai warna dasar putih pucat dan pola hitam blur mirip tulang di punggungnya. Warna dan pola dari hikarimono menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta hias ikan koi yang mencerminkan eksklusivitas dari varietas ini.

Ikan Koi Nagashima

Harga ikan koi ukuran 40 cm jenis nagashima dibanderol dengan mahar sekitar Rp800.000 per ekornya. Termasuk varietas koi yang unik dengan memiliki tubuh mirip karper atau ikan mas. Hanya saja koi nagashima penuh corak dan memiliki warna sisik yang cerah.

Ikan Koi Shiro Bekko

Shiro bekko merupakan jenis ikan koi yang bagus dan sering menjadi favorit banyak orang. Menawarkan keindahan fisik yang manis dan cantik dari warna dasar kulit putih susu. Shiro Bekko memiliki ciri khas corak tutul hitam yang agak jarang dibanding koi pada umumnya. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 500.000 per ekor.

Ikan Koi Kikokuryu

Harga ikan koi kecil jenis kikokuryo berkisar Rp150.000 untuk satu ekornya. Jenis koi ini termasuk varietes doitsu tanpa kepala yang memiliki dasar putih dengan area hitam di sepanjang barisan sisik, punggung, dan kepala sekitar mata hidung. Kikokuryo cukup langka karena jenis koi versi logam dari kumonryu yang jarang.

Ikan Koi Slayer

Jenis ikan koi slayer yang bersirip panjang menawarkan banyak variasi. Mulai dari koi slayer kumpay dan platinum dengan harga yang lebih tinggi karena memang langka ditemukan di pasaran. Ikan koi slayer platinum super bahkan bisa mencapai Rp 5.000.000 per ekor.

Ikan Koi Asagi

Harga jenis ikan koi lokal asagi mulai dari Rp1.100.000-1.500.000 dengan keunikan corak warna biru matalik dan oranye. Ikan koi asagi cukup banyak digemari, sebab daya tarik keunikan warna biru kelabu di punggungnya yang tampak indah. Sementara warna merah dan putih di kepala memberikan kontras yang lebih menawan.

Ke 12 jenis ikan koin ini hanya sebagian besar dari varietes lain yang dapat Anda ketahui. Meliputi ikan koi jenis shanke sampai varietes asagi dengan masing-masing keindahannya.