Bagaimana Cara Mencari Frekuensi TV Digital?

Artikel ini terakhir di perbaharui March 27, 2024 by David Ashari
Bagaimana Cara Mencari Frekuensi TV Digital?

Frekuensi TV Digital mengalami pembaharuan (Khz) seiring bertambahnya saluran yang bermigrasi dari tipe analog menuju digital. Perpindahan ini mulai dilakukan secara bertahap pada tanggal 2 November 2022 dari wilayah Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Barat, dan beberapa daerah lainnya. Sampai tepat di tahun 2023 pemerintah resmi menghentikan siaran TV analog di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui badan pengawasan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dengan TV digital memungkinkan Anda menonton film pada perangkat yang sama. Seperti satu kanal frekuensi untuk beberapa channel secara bersamaan. Selain itu, kualitas tayangan gambar jauh lebih jernih dan tajam karena sudah terkoneksi pada perangkat STB atau DVB-T2. 

Cara Mengetahui Frekuensi TV Digital

TV digital adalah jenis siaran yang memang telah terkoneksi pada sistem kompresi dan modulasi digital. Oleh karena itu, Anda bisa menonton tayangan dengan kualitas frekuensi terbaik yang terhubung karena perangkat multiplexing. Namun, tahukah Anda bagaimana cara mengetahui frekuensi TV digital? Simak pembahasannya berikut di bawah ini!

1. Mengetahui Nama Channel TV

Hal pertama kali yang dapat Anda lakukan untuk mencari frekuensi TV digital yaitu dengan mengecek nama channelnya. Anda perlu mengetahui nama channel TV menggunakan remote untuk memudahkan pengecekan frekuensi. Adapun cara mudah menggunakan remote TV tersebut antara lain.

Pilih menu pengaturan atau setting untuk pencarian sinyal yang dapat Anda temukan di bagian tombol remote. Dimana terdapat pilihan DTV untuk siaran digital dan ATV bagi tayangan analog. Anda dapat pilih menu auto scan untuk memindai program-program siaran TV digital lalu tunggu sampai proses selesai.

Jangan lupa lakukan langkah-langkah ini untuk dapat menerima saluran digital yang baru beroperasi. Frekuensi TV digital Khz secara otomatis dapat Anda lihat telah menemukan channel yang dimaksud. Termasuk bagi Anda yang masih menggunakan TV analog, pastikan telah menggunakan perangkat  seperti set top box (STB) dan antena TV digital terlebih dahulu.

2. Mengklik Menu

Penyiaran Televisi Terestrial Digital atau DVB-T2 memang menggunakan frekuensi radio VHF/UHF yang sama dengan penyiaran analog. Hanya saja tayangan disiarkan sebagai konten digital. Jadi cara mencari frekuensi TV digital harus dipastikan bahwa perangkat sudah terkoneksi dulu dengan sinyal digital. 

Sebelum mengklik menu yang dapat Anda gunakan sebagai langkah selanjutnya untuk melihat nama channel TV. Opsi ini termasuk cara mencari frekuensi TV digital secara manual yang dapat Anda lihat langsung dari menu remote.

3. Pilih Nama Channel

Setelah mengklik menu untuk mengetahui daftaran nama channel, Anda bisa melihat frekuensi siaran tersebut. Sebagaimana daftar frekuensi TV digital channel berikut :

  • Frekuensi 498.000 KHz

Channel pertama untuk frekuensi 498.000 Khz ada di kanal 24 UHF (Ultra High Frequency). Saluran TV yang bisa ditangkap sesuai besaran frekuensi diantaranya; SCTV, Indosiar, Moji, Mentari TV dan Kompas TV. Jadi, frekuensi TV digital Indosiar terbaru berada di kanal yang sama dengan SCTV.

  • Frekuensi 514.000 KHz

Nama-nama channel TV yang berada di frekuensi 514.000 Khz kanal 25 UHF berada di saluran RTV, BTV, CTV, KTV, dan RIM TV. Kode frekuensi TV digital untuk saluran ini ditandai dengan penomoran yang saling berdekatan.

  • Frekuensi 530.000 KHz

Sementara pada frekuensi 530.000 KHz di kanal 28 UHF dapat menangkap saluran TV seperti RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews. Nama channel yang berada dalam naungan satu perusahaan media MNC Group. Perusahaan Harry Tanoesoedibjo yang sudah lama berkecimpung di industri media dan telekomunikasi.

  • Frekuensi 578.000 KHz

Pada frekuensi 578.000 KHz yang berada di kanal 34 UHF ada beberapa nama saluran. Mulai dari tvOne, ANTV, VTV, NET, Jak TV, Betawi TV, JPTV, dan E-Channel yang tertangkap signal untuk frekuensi ini.

  •  Frekuensi 626.000 KHz

Berbeda dengan frekuensi 578.000 KHz di kanal 40 UHF saluran TV yang bisa ditangkap meliputi Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, dan NET. Frekuensi TV digital Trans 7 yang memiliki ciri khas tayangan lebih pada show reality sebagai salah-satu media informasi. Perusahan media Chairul Tanjung dengan beragam potret yang unik.

  • Frekuensi 650.000 KHz

Saluran TV pada frekuensi 650.000 KHz yang ada di kanal 43 UHF antara lain mencakup channel spesifikasi. Seperti TVRI Nasional, TVRI Jakarta, TVRI World, TVRI Sport, DAAI TV, tvMu, Nusantara TV, Inspira TV, ELshinta TV, dan BRTV.

Siaran TV digital dari berbagai channel tersebut tentu menawarkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan tayangan sebelumnya. Akan tetapi, tidak sedikit para pengguna mengalami kehilangan sinyal saat sedang asyik menonton. Sehingga menjadi keluhan masalah yang sering dialami mereka.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui besaran frekuensi TV digital untuk mengantisipasi masalah kehilangan sinyal. Caranya dengan melihat nama channel yang sesuai. Mulai dari pengaturan awal, mengklik menu, hingga pemilihan nama channel yang memungkinkan Anda melihat tayangannya secara baik!