6 Ide Desain Atap Rumah Miring ke Arah Satu Sisi, Lagi Hits!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2023 by David Ashari
6 Ide Desain Atap Rumah Miring ke Arah Satu Sisi, Lagi Hits!

Desain atap rumah miring kini menjadi trend dan ramai digunakan oleh orang untuk melengkapi bagian atap rumahnya masing-masing. Karena itu banyak orang yang menggunakan atap dalam bentuk yang beragam bahkan unik untuk memperindah bangunan rumah.

Model atap miring kini menjadi tren dan semakin banyak digunakan. Hal ini karena atap miring mampu menambah nilai properti karena memiliki fasad yang unik dan juga mampu mengalirkan air hujan yang turun dengan baik.

Inspirasi Desain Atap Rumah Miring

Model desain atap rumah miring sering digunakan pada rumah-rumah modern baik di pemukiman maupun di kompleks perumahan. Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan atap miring ini, berikut adalah beberapa model atau desain yang bisa Anda gunakan.

1. Atap Miring Beton

Atap Miring Beton

Beton adalah bahan bangunan yang banyak disukai karena memiliki daya tahan tinggi dari berbagai gangguan baik hujan, panas matahari hingga angin. Karena itulah, banyak orang yang menggunakannya. Desain rumah atap miring 2 lantai ini menggunakan panel yang terbuat dari beton dengan bentuk simetris dan menyatu dengan sisi belakang bangunan. Sisi belakang akan lebih tinggi daripada sisi belakang sehingga nantinya air hujan akan mengalir dengan mudah ke depan.

2. Atap Miring Standar

Atap Miring Standar

Atap ini biasanya diterapkan pada gudang, bagasi atau kabin, namun kini banyak yang menggunakan atap ini untuk bangunan utama. Posisi atap ini bersandar di dinding bagian atas dan tumpang oleh tembok yang memiliki kemiringan antara 20 hingga 40 derajat. Arah miringnya ke bagian samping sehingga air hujan akan turun ke samping rumah. Namun model atap ini tidak cocok untuk rumah besar dan membutuhkan talang yang lebih besar pula.

3. Atap Miring ke Belakang

Atap Miring ke Belakang

Bangunan dengan model atap ini akan terlihat unik dan lebih luas. Bagian atap depan rumah posisinya akan lebih tinggi dari pada bagian belakang sehingga atap akan miring kebelakang. Desain rumah atap miring ke belakang minimalis ini akan membuat air hujan jatuh ke belakang rumah, namun tentunya bagian depan rumah akan lebih rentan basah terkena air hujan apalagi jika disertai angin. Perabotan yang diletakkan di depan rumah seperti meja dan kursi pun bisa menjadi basah.

4. Atap Miring Berpadu Datar

Atap Miring Berpadu Datar

Memadukan dua jenis atap yaitu miring dan datar menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang menginginkan area rooftop. Desain ini bisa mengurangi kesan kaku dan mampu meningkatkan aspek eksterior rumah. Sebagian atap dibuat area rooftop sedangkan sisi lainnya diberi atap miring ke yang mengarah ke sisi berlawanan rooftop sehingga nantinya jika hujan, air dari atap tidak akan jatuh ke rooftop.

5. Atap Miring ke Depan

Atap Miring ke Depan

Rumah dengan model atap ini cenderung tidak monoton dan terkesan unik. Bagian atap belakang rumah akan lebih tinggi daripada bagian depan rumah. Model atap ini banyak digunakan untuk hunian yang memiliki lahan terbatas. Dengan atap ini maka air hujan akan mengalir ke depan rumah seluruhnya.

6. Atap Memanjang ke Samping

Atap Memanjang ke Samping

Desain rumah atap miring ke samping ini akan membuat rumah menjadi terlihat lebih tinggi dan mengusung gaya modern minimalis. Model ini akan memberikan kesan kemewahan tersendiri pada rumah. Keuntungan dari menggunakan atap ini yaitu aliran air hujan dari atap tidak akan jatuh ke bagian depan rumah karena akan mengalir mengikuti atap yaitu ke arah samping.

Nah, demikianlah ide desain atap rumah miring yang bisa Anda coba untuk terapkan pada hunian Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi yang positif ya, dan jangan lupa kunjungi Linktown, situs jual rumah murah tanpa DP. Yuk cek sekarang!