Inilah Fengshui Tangga Rumah yang Bikin Hoki!

Artikel ini terakhir di perbaharui October 4, 2023 by masipan
Inilah Fengshui Tangga Rumah yang Bikin Hoki!

Fengshui (风水) yang secara harfiah berarti angin dan air, merupakan filosofi dari Tiongkok yang bertujuan untuk memastikan rumah memiliki keseimbangan atau Chi yang tepat. Dalam budaya Tiongkok sendiri, feng (angin) dan shui (air) berkaitan dengan kesehatan yang baik. Singkatnya praktik fengshui merupakan filosofi mengenai keberuntungan. 

Lalu bagaimana aturan dalam fengshui tangga rumah? Berikut adalah ulasan selengkapnya. Yuk simak!

Posisi Tangga Menurut Fengshui 

Berikut adalah beberapa aturan dalam fengshui tangga rumah, yaitu sebagai berikut:

1. Tidak boleh terlalu dekat dengan pintu

Hindari membuat tangga rumah yang berhadapan langsung dengan pintu utama. Sebab, tangga yang terlalu dekat dengan pintu bisa menyebabkan Chi keluar dari rumah, yang mengakibatkan kepala rumah tangga kekurangan harta, dan muncul permasalahan pada kepala dan leher. 

Untuk menyiasati hal ini, letakkan pembatas pada tangga dan pintu masuk untuk mencegah Chi keluar. Selain itu, Anda bisa meletakkan kaca di belakang pintu untuk mengembalikan Chi ke tangga rumah. 

2. Tidak boleh berhadapan dengan kamar mandi

Tangga rumah yang berhadapan dengan kamar mandi dianggap buruk. Selain itu, juga diyakini bahwa memiliki kamar mandi di bawah tangga adalah tanda fengshui buruk. Sebab, bisa menghilangkan kekayaan pada sang pemilik rumah. 

Namun, jika Anda tidak dapat merenovasinya secara besar-besaran, Anda bisa mencegah fengshui buruk dengan cara menutup pintu kamar mandi setiap saat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menempatkan beberapa pot tanaman di depannya. 

3. Hitung jumlah anak tangga yang tepat

Agar memiliki rumah yang dipenuhi dengan keberuntungan, Anda juga perlu memperhatikan jumlah anak tangga yang tepat. Anak tangga yang direkomendasikan antara lain 1, 2, 5, 10, 13, 14, 17 serta 22. Hal ini perlu diperhatikan sebab tangga merupakan salah satu bagian rumah yang sering dilalui anggota keluarga, dan berpengaruh pada pertukaran energi. 

4. Pastikan lebar tangga cukup untuk 2 orang

Selanjutnya, Anda juga perlu untuk memastikan bahwa tangga di rumah cukup lebar dan memiliki ruang untuk dua orang saling berpapasan dengan mudah. Tangga yang terlalu sempit tentunya akan membuat salah satu anggota keluarga terjepit di sudut sehingga membuat rasa tidak nyaman. 

5. Hindari membuat tangga di bagian tengah rumah

Menurut fengshui, memiliki tangga di bagian tengah rumah dapat mengurangi keberuntungan. Tengah rumah merupakan bagian jantung rumah yang bisa kehilangan Chi karena energi naik turun. Ini pada akhirnya akan mencerminkan energi orang yang tinggal di rumah tersebut. Untuk menyiasati hal ini, hindari meletakkan terlalu banyak furnitur dekat tangga yang bisa menghalangi aliran energi alami. 

6. Hindari memiliki tangga di depan rumah 

Tahukah Anda bahwa fengshui tangga depan rumah memiliki keberuntungan yang buruk? Menurut filosofi fengshui, hal ini bisa menjadi penghalang rezeki dan karir bagi penghuni rumah. Jika Anda ingin memiliki tangga di depan rumah, Anda bisa menutupnya dengan tembok yang bisa sekaligus dijadikan pegangan tangga. Dengan cara ini, Anda bisa mencegah anak tangga yang terlihat dari luar. 

Demikian ulasan mengenai fengshui tangga rumah yang bikin hoki. Perhatikan fengshui sebelum membeli atau membuat rumah agar keberuntungan selalu menyertai keluarga Anda. Semoga bermanfaat ya!