Mau Turunkan Berat Badan? Konsumsi Makanan Untuk Diet Ini Yuk!

Artikel ini terakhir di perbaharui December 31, 2023 by David Ashari
Mau Turunkan Berat Badan? Konsumsi Makanan Untuk Diet Ini Yuk!
Ketogenic low carbs diet - food selection on white wooden background. Balanced healthy organic ingredients of high content of fats. Nutrition for the heart and blood vessels. Meat, fish and vegetables.

Makanan untuk diet  dapat membantu proses penurunan berat Anda dapat berjalan dengan baik. Pasalnya, salah satu yang membuat orang memiliki tubuh obesitas adalah makanan yang dikonsumsinya. Sehingga penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan.

Rekomendasi Makanan Yang Cocok Untuk Diet

Olahraga menjadi salh satu cara untuk dapat menunjang keberhasilan diet yang Anda lakukan. Namun, akan lebih maksimal lagi jika Anda mengatur makanan yang dikonsumsi dalam setiap harinya. Adapun makanan yang direkomendasikan saat Anda menjalankan proses diet adalah sebagai berikut!

1.      Kentang

 Makanan satu ini menjadi pilihan opsi yang baik untuk dapat menurunkan berat badan. Selain itu, jenis umbi satu ini dapat menjadi pengganti nasi dan dapat dinikmati dengan cara direbus maupun dipanggang.

Apabila kentang dipanggang dan tidak dikupas kulitnya, diketahui memiliki 161 kalori. Tidak hanya itu, kentang pun memiliki kandungan serat dan protein yang dapat membuat seseorang merasa kenyang. Kentang sangat baik untuk dikonsumsi saat jam makan untuk diet, terutama ketika pagi hari.

2.      Telur

Makan  satu ini mengandung 72 kalori dan 6 gram protein. Tidak hanya itu saja, didalamnya pun mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sehingga  Anda dapat mengkonsumsi makanan ini untuk diet pagi, siang malam.  Diketahui bahwa telur memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga mampu untuk mengurangi rasa laparmu.

Akan tetapi, jika kamu sedang berdiet, sebaiknya hanya mengkonsumsi telur rebus saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari kandungan lemak yang tidak sehat dari minyak goreng.  Anda dapat menambahkan lada maupun garam dengan jumlah sedikit pada merebus telur tersebut. Sehingga terasa sangat hambar dan belum terbiasa untuk mengkonsumsinya.

3.      Buah Beri

Buah ini masuk ke dalam  10 makanan untuk diet yang enak dan memiliki kadar kalori yang rendah. sehingga dapat dijadikan salah satu opsi untuk menu diet harian Anda karena dapat menunjang penurunan berat badan. Adapun jenis buah ini yaitu Blackberry, blueberry, dan raspberry.

 Contohnya, terdapat 84 kalori dalam setiap 148 gram blueberry. Selain itu, buah ini pun memiliki kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang sangat baik untuk dapat menjaga kesehatan. Tidak hanya itu saja,  kandungan seratnya pun terbilang cukup tinggi sehingga mampu mengurangi rasa lapar.

4.      Dada Ayam

Saat melakukan proses diet, sebaiknya Anda mengkonsumsi dada ayam tanpa lemak karena daging seperti ini  memiliki protein yang tinggi dan rendah lemak. Pasalnya, dalam 85 gram daging  yang belum dimasak memiliki kandungan sekitar 100 kalori. 

Selain itu, daging yang tanpa kulit memiliki kandungan selenium, vitamin B12, dan niasin yang baik untuk tubuh. Makanan yang baik untuk diet ini dapat Anda konsumsi dengan cara direbus dan dapat dikonsumsi dengan sayuran lainnya. Seperti halnya wortel maupun  buncis.   Namun, jika Anda ingin ada rasanya, maka silahkan untuk memasaknya menjadi sop. Makanan diet pemula ini cocok untuk dikonsumsi oleh siapapun.

5.      Semangka

Makanan cocok untuk diet selanjutnya yaitu semangka dengan kandungan kalori yang rendah. Selain itu, buah ini pun ternyata memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga dapat menjaga tubuh untuk tetap data terhidrasi dan merasa kenyang jauh lebih lama. Kamu pun dapat memasukan buah ini ke dalam menu diet sehat 30 hari.

 Dalam 125 gram semangka potong itu mengandung sekitar 46 kalori, vitamin c dan A. Dengan begitu, daripada mengkonsumsi makanan atau cemilan yang kurang sehat, sebaiknya Anda menggantinya dengan buah semangka. Tidak hanya dijadikan cemilan, buah ini dapat Anda sajikan dalam bentuk jus yang segar.  

6.      Udang

 Makanan satu ini dikenal dengan rasanya yang lezat dan ternyata memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga tidak heran apabila makanan satu ini dapat menjadi makanan untuk diet cepat. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi yang cukup melimpah, yaitu selenium, vitamin B12, niasin, dan protein. Empat udang dengan ukuran besar memiliki kadar 26 kalori.

Bahan makanan ini dapat diolah menjadi berbagai macam sajian, termasuk makanan tinggi serat untuk diet. Untuk lebih optimal, sebaiknya udang ini dikonsumsi dengan cara direbus. Anda pun dapat menambahkan sayuran ketika mengkonsumsinya.

Namun, Anda perlu hati-hati, pasalnya ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap udang. Maka jika Anda memang memiliki riwayat seperti itu, sebaiknya untuk melewati menu satu ini.

7.      Ikan Kod

Ikan ini merupakan ikan yang memiliki kadar kalori yang rendah sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, ikan ini memiliki kalori yang lebih rendah daripada ikan sarden, salmon, tuna, dan ikan lainnya.  Dimana ikan ini memiliki 15 gram protein dan 70 kalori setiap 85 gram.

Akan tetapi, untuk dapat memaksimalkan proses penurunan berat badan, cobalah untuk mematuhi aturan makan untuk diet yang telah ditentukan. Bahkan ikan ini pun termasuk ke dalam makanan protein untuk diet dengan kandungan yang tinggi. Sehingga dapat menahan rasa lapar dengan lebih alam.

8.      Bayam

Makanan sehat untuk diet selanjutnya yaitu bayam yang memiliki kalori yang rendah. dimana hanya memiliki 16 kalori saja per 100 gram bayam rebus. Selain itu, saya purna ini pun memiliki beta karoten yang memiliki peran sangat penting dalam menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu saja, bayam pun memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia. Bahkan tekstur dari baya mini terbilang cukup lembut sehingga mudah untuk dikonsumsi.

9.      Kacang Hijau

 Makan satu ini memiliki 44 kalori setiap satu cangkir, maka wajar apabila makanan satu ini dikatakan memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, kacang hijau pun memiliki kandungan mineral, serat yang tinggi, dan berbagai macam vitamin. Seperti halnya  Vit C, B, dan A. Anda dapat mengubahnya menjadi bubur atau bahkan menjadi minuman yang segar.

Makanan untuk diet ternyata cukup banyak, bukan? Salah satunya yaitu telur, dada ayam. Udang, bayam, dan lain sebagainya. Lalu adakah menu diet seminggu turun 10 kg? Untuk hal tersebut silahkan konsultasikan kepada dokter yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut.