Jangan Bingung, Begini Cara Memasang Gas yang Aman!

Artikel ini terakhir di perbaharui April 29, 2024 by David Ashari
Jangan Bingung, Begini Cara Memasang Gas yang Aman!

Cara memasang gas dengan mudah dan aman mungkin bisa berguna untuk Anda; terutama jika Anda baru pertama kali melakukannya. Perasaan khawatir dan takut sudah pasti menyelimuti, bukan? Namun, hal tersebut memang wajar karena memasang gas dengan salah bisa berakibat fatal. Tapi kini Anda tak perlu lagi khawatir, cukup simak ulasan di bawah perihal cara memasang tabung gas dengan aman.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memasang Gas

Sebelum memasang gas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sehingga saat menggunakan cara memasang tabung gas, Anda dalam keadaan aman. Lalu apa saja yang wajib Anda perhatikan? Simak ulasannya berikut ini!

  • Cobalah untuk periksa kebocoran pada gas dengan menggunakan sabun.
  • Menyimpan tabung gas di tempat atau area yang memiliki ventilasi yang bagus.
  • Pastikan bahwa selang gas maupun regulatornya dalam kondisi yang baik.
  • Pastikan untuk menyimpan tabung gas pada posisi yang tegak.
  • Pada saat memasang gas, usahakan untuk tidak dalam keadaan merokok karena itu berbahaya.
  • Gunakan selang gas yang memiliki daya tahan lama dan telah mendapatkan sertifikasi.
  • Jangan melakukan aktivitas yang menimbulkan hawa panas di sekitar selang kompor gas, seperti halnya las dan lain sebagainya.
  • Pastikan untuk membaca buku petunjuk penggunaan secara menyeluruh sehingga akan lebih aman,
  • Pastikan juga untuk membaca petunjuk bagaimana menjaga keamanan perangkat gas

Cara Memasang Gas

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda ikuti saat cara memasang regulator gas putar, sehingga prosesnya memang dalam rules yang tepat. Untuk tata caranya sendiri yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut ini!

1. Membuka Segel Tabung Gas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara memasang gas elpiji 5 kg yaitu dengan membuka segel plastic yang ada pada tabung gas. Biasanya, segel ini berada di paling atas di bagian tengah tabung gas. Namun, sebelum membuka segel tersebut, pastikan Anda telah mengecek bahwa segel dalam keadaan tertutup dengan sempurna.

Pasalnya, jika segel tidak tertutup dengan sempurna, maka gas tersebut telah dibuka oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, apabila segel sudah terbuka, maka kualitas gas juga tidak sebaik tabung elpiji yang disegel dengan sempurna. Dengan begitu, Anda dapat

2. Rubber Seal

Cara pasang regulator gas Miyako yang perlu Anda lakukan untuk memasang gas yaitu dengan memasangkan karet pelindung pada bagian tengah gas. Dimana karet pelindung atau lebih dikenal dengan rubber seal ini memiliki warna merah. Selain itu, bentuknya sendiri seperti halnya cincin dan terbilang cukup kecil.

Lalu kenapa, hal ini perlu diperhatikan? Pasalnya, jika rubber seal tidak pas, maka gas tidak dapat terpasang dengan baik bahkan kompor tidak akan menyala. Adapun fungsi dari perlengkapan satu ini yaitu mencegah kebocoran cairan pada gas.  Sehingga peran dari rubber seal ini cukup urgen dan pasanglah secara hati-hati.

3. Mencocokan Ukuran Regulator dan Selang

Selang gas menjadi salah satu alat pelengkap dalam cara melepas regulator gas maupun pemasangan gas, sehingga Anda perlu mencocokan antara regulator dan selangnya. Hal ini karena jika tidak cocok, maka Anda akan kesulitan dalam memasang selang tersebut pada regulator.

Tentu hal ini dapat menyebabkan gas tidak dapat mengalir ke kompor. Selain itu, jika memang nantinya Anda memaksa untuk memasukan selang pada regulator yang tidak tepat, dapat menyebabkan kebocoran.

4. Mengencangkan Selang dengan Regulator

Ketika Anda menggunakan cara memasang gas regulator destec, pastikan untuk memasangnya dengan kencang. Dengan begitu, regulator tidak akan mudah berubah posisi. Selain itu, gunakan pula membuka kunci dengan cara memutar pada arah kanan hingga 180 derajat dan setelah itu kunci kembali.

Setelah itu, kencang pula selang dengan regulator supaya tidak mudah lepas. Biasaya selalu ada ring yang berwarna putih pada ujung selang. Nah, itulah yang digunakan untuk mengunci kedua alat tersebut supaya kencang.

5. Tidak Ada Aroma Gas atau Suara Desis

Pastikan untuk semua proses dalam cara memasang gas elpiji  yang dilakukan mengikuti rules atau tahapan yang diinstruksi diatas. Dari mulai memasang regulator ada tabung, memeriksa kebocoran dengan memastikan tidak ada suara desis atau tercium aroma gas yang menyengat.

Apabila, terdengar suara desis pada gas, sebaiknya Anda tidak langsung menyalakan kompor gas, tetapi cabut kembali regulator dan benahi posisi karet pelindung. Setelah itu, baru coba kembali dan dengarkan. Apakah masih ada suara desis atau tidak. Apabila tidak terdengar desis  gas, maka tabung gas aman untuk digunakan.

Tips Gunakan Gas Elpiji secara Aman

Untuk memastikan cara memasang regulator gas  aman digunakan, pastikan untuk secara rutin memeriksa kebocoran potensi kebocoran gas. Apabila Anda sulit untuk mengidentifikasi, maka cobalah dengan menggunakan campuran air dan sabun. Apabila nanti muncul gelembung, maka bisa dipastikan bahwa gas bocor.

Selain itu, hindari pula menggunakan gas dalam ruangan yang tertutup tanpa ventilasi karena hal ini dapat meningkatkan kebocoran gas. Tidak hanya itu, pastikan untuk mematikan semua perlengkapan, jika memang kompor tidak digunakan.