7 Ide Desain Keramik Tangga Untuk Rumah Anda, Makin Cantik!

Artikel ini terakhir di perbaharui August 31, 2023 by David Ashari
7 Ide Desain Keramik Tangga Untuk Rumah Anda, Makin Cantik!

Untuk rumah yang bertingkat, tangga tentunya menjadi bagian yang tidak boleh terlewatkan. Oleh sebab itu, Anda perlu mempercantik tangga rumah Anda dengan keramik-keramik yang cantik. Saat ini, sudah banyak model keramik tangga yang bisa Anda pilih di pasaran. Sebaiknya, Anda memilih model keramik tangga yang kasar, agar penghuni rumah tidak terpeleset saat menaiki atau menuruni tangga.  Nah, di bawah ini adalah 5 ide desain keramik tangga yang bisa menjadi rekomendasi bagi hunian cantik Anda. Yuk lihat apa saja!

Model Keramik Tangga

Berikut adalah model keramik tangga yang bisa Anda contek untuk renovasi rumah tahun ini. Yuk simak!

1. Model Keramik Kasar Minimalis

Model keramik tangga yang pertama ada keramik kasar minimalis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa lebih baik Anda memilih bahan keramik tangga yang kasar, untuk keselamatan penghuni rumah. Seperti pada gambar di atas, Anda bisa menggunakan keramik yang sederhana seperti ini. Dengan warna tangga yang putih, akan cocok dengan warna dinding rumah apa saja. Apakah Anda tertarik dengan model keramik tangga seperti ini?

2. Keramik Tangga Kasar Motif Marmer

Nah, model keramik tangga yang selanjutnya ada keramik tangga kasar motif marmer. Untuk Anda yang menginginkan sentuhan mewah di hunian Anda, bisa banget untuk menggunakan motif ini. Pada gambar di atas, tangga memiliki marmer dengan warna-warna yang berbeda. Ini mungkin akan terlihat terlalu ‘ramai’, namun tidak ada salahnya untuk mencoba keramik tangga dengan motif marmer warna-warni. Siapa tahu akan membuat rumah Anda menjadi meriah, bukan?

3. Keramik Tangga Kasar Motif Batu Alam

Untuk sentuhan mewah selanjutnya di rumah, ada rekomendasi keramik tangga kasar dengan motif batu alam. Jadi, Anda bisa mendapatkan kesan alam, sekaligus mewahnya. Pada contoh gambar, Anda bisa melihat bahwa keramik dengan motif batu alam ini dipadukan dengan dinding dengan warna putih. Sangat cocok bukan? Apabila Anda menggunakan motif keramik tangga seperti ini, hindari untuk menggunakan wallpaper dinding, karena nantinya akan bertabrakan warnanya. 

4. Keramik Tangga Kasar Motif Kayu

Banyak orang saat ini menggunakan motif kayu untuk mempercantik rumah mereka. Anda juga bisa menggunakan motif ini untuk keramik tangga kasar Anda di rumah. Dengan nuansa kayu, rumah Anda bisa terlihat natural. Padukan dengan cat dinding berwarna putih, agar semakin cocok. Untuk menambah estetika, Anda bisa menggantungkan beberapa pajangan lukisan atau foto di dinding kanan kiri tangga Anda. 

5. Keramik Tangga Motif Industrial Style

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, keramik tangga kasar dengan motif industrial style ini bisa Anda coba. Dengan warna yang hitam polos, akan cocok dengan dinding ruangan di sekelilingnya. Seperti pada gambar di atas, sebagian besar ruangan didominasi oleh warna putih, dan dilengkapi dengan keramik tangga industrial style warna hitam yang mencolok di tengah-tengah ruangan. 

Baca juga: 6 Ide Desain Rumah Industrial Minimalis yang Favorit!

6. Kemewahan dalam Marmer Hitam yang Mempesona

Jarang digunakan di rumah karena kesannya yang terkesan kusam, warna hitam sebenarnya dapat memberikan kemewahan jika digunakan dengan tepat. Salah satu cara untuk menciptakan sentuhan elegan adalah dengan memanfaatkan marmer hitam pada tangga. Perhatikan bagaimana dinding dan lantai yang didominasi oleh warna hitam memberikan kesan yang begitu menawan pada ruangan di atas.

7. Keramik Bernuansa Meksiko yang Berkarakter

Tangga Meksiko adalah istilah yang digunakan untuk menyebut desain tangga yang terinspirasi oleh gaya arsitektur dan seni dekoratif yang khas dari Meksiko. Tangga-tangga dengan gaya ini biasanya memiliki ciri khas tertentu, seperti penggunaan bahan-bahan alami, sentuhan warna-warna cerah, ornamen-ornamen tradisional, dan bentuk-bentuk yang menarik. Tangga Meksiko seringkali menampilkan desain yang mencerminkan warisan budaya dan seni Meksiko, seperti motif-motif Aztec, keramik dengan corak yang menarik, serta penggunaan batu alam atau marmer dalam bentuknya yang asli.

Tips Memilih Keramik Tangga

Bagi Anda yang mungkin sekarang sedang membangun rumah, atau merenovasi rumah, kami memiliki beberapa tips memilih keramik tangga untuk Anda. Apa saja? Yuk simak!

1. Pilih Keramik Tangga Anti Licin

Tangga merupakan bagian rumah yang paling sering dinaiki dan dituruni, oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih keramik tangga yang anti licin. Pilih keramik tangga yang kasar, dan aman untuk penghuni rumah Anda. Apabila Anda salah memilih keramik, maka akan berakibat kecelakaan, apalagi jika di rumah Anda terdapat anak kecil, atau lansia yang rawan untuk jatuh. 

2. Eksplor Pilihan Warna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa jenis keramik saat ini sudah beragam. Mulai dari motif, warna dan materialnya. Oleh karena itu, hindari hanya terpaku pada satu motif atau satu warna saja. Jelajahi warna-warna keramik tangga yang ada, dan padukan dengan cat dinding rumah Anda. Jangan sampai Anda salah pilih warna keramik tangga, karena nantinya akan berakibat pada estetika hunian Anda. 

3. Cari yang Mudah Pemeliharaanya

Keramik tangga tentunya juga harus mudah dirawat seperti keramik lantai dan dinding. Biasanya, tangga cukup sulit dibersihkan dibandingkan dengan bagian rumah yang lainnya. Sebab bagian tangga banyak digunakan oleh penghuni rumah, dan rentan terhadap kotoran dan juga debu. Pemeliharaan dan pembersihan yang rutin akan membuat keramik tangga tetap bersinar setiap saat. Oleh sebab itu, pilih keramik tangga yang mudah dibersihkan, ya!

Berikut adalah beberapa ide desain keramik tangga untuk memperindah rumah Anda. Pastikan Anda memilih keramik yang sesuai dengan selera dan gaya hunian Anda. Ingat untuk memilih keramik tangga yang tepat. Hubungi kami untuk rekomendasi rumah idaman Anda. Semoga artikel kali ini bisa menginspirasi bagi Anda.